11 Alat Pertanian Modern Canggih Dalam Bidang Pertanian

0
96

Alat Pertanian Modern – Menanam padi atau yang lainnya di jaman pertanian modern yang semakin didukung adanya alat pertanian yang semakin modern pula membuat bercocok tanam sudah tidak serumit saat kita masih kecil dulu, di mana masih menggunakan tenaga hewan, seperti kerbau dan sapi untuk membajak sawah sebagai alatnya.

Sekarang sudah canggih menggunakan mesin atau alat dengan kualitas terbaik, mulai dari alat pengolah tanah atau lahan, mesin tanam, alat panen dan pasca panen kini sudah lebih modern sehingga hasil yang didapatkan lebih baik lagi. Harga alat-alat modern penunjang pertanian pun bervariasi mulai dari yang murah sampai yang mahal ada.

Bukan hanya alat memanen padi saja mesin canggih yang kini banyak beredar, namun banyak juga alat pertanian modern dan canggih lainnya saat ini yang dapat digunakan dalam bidang pertanian. Jadi selain menghemat waktu dan tenaga yang pada umumnya berasal dari manusia, juga cepat panen, dan berikut alat-alat canggih tersebut.

Alat pertanian modern canggih dalam bidang pertanian

Konten

1. Traktor

traktor alat pengolah tanah atau lahan pertanianTraktor merupakan alat pertanian modern yang paling diperlukan oleh para petani guna mengolah tanah pertanian di sawah. Alat ini berfungsi menggantikan waluku yang dijalankan oleh sapi. Memiliki dua bentuk yang kecil dan besar, mempunyai dua jenis, yaitu traktor dengan roda rantai, biasa digunakan pada kondisi tanah yang berlumpur, dan dengan roda dua untuk tanah kondisi kering.

2. Rotavator

alat pertanian modern ROTAVATORRotavator ialah alat canggih pertanian yang digunakan untuk mengolah tanah pertama dan kedua. Pada bagian pertama berfungsi sebagai pemotong, pencacah dan pembolak-balik tanah, sedang bagian kedua merapikan tanah, menghilangkan tanaman penganggu atau gulma serta memperbaiki sistem tata air.

3. Kultivator

alat penunjuang pertanian penyiangan tanaman cultivatorKultivator merupakan alat canggih bidang pertanian yang digunakan untuk penyiangan tanaman. Memelihara tanah pengolahan, alat tersebut masuk dalam golongan traktor.

4. Bajak Singkal

mesin pertanian Bajak singkalBajak Singkal juga sama seperti yang lain, berguna dalam mengolah tanah pertanian, untuk membolak-balikkan tanah. Terdapat dua jenis, yang pertama bajak singkal satu arah dan bajak singkal dua arah.

Baca juga:  Tanaman atau Sayuran yang Paling Mudah Dibudidayakan

5. Garu Sisir

garu sisir alat pertanianGaru Sisir alat pertanian yang berfungsi mengolah tanah. Penggunaanya setelah memakai bajak singkal. Pada umumnya digunakan pada sawah dalam keadaan basah, dengan tujuan supaya tanah yang dalam bentuk bongkahan basah dapat gembur kembali sehingga mudah ditanami.

6. Garu Piring

alat pertanian garu piringGaru Piring adalah alat canggih pertanian, fungsinya juga sama mengolah tanah sebelum ditanami. Pertama membersihkan rumput-rumput liar yang bercokol di area persawahan sehingga terlihat sempurna dan siap disebari benih padi, sedang yang kedua menutupi benih yang telah disebar tadi dengan tanah.

7. Bajak Subsoil

Bajak Subsoil pada umumnya digunakan untuk memecah bongkahan tanah yang terasa keras, dengan kedalaman 20 inchi dan 36 inchi di parit-parit pada lahan pertanian.

7. Transplanter

Rice transplanterTransplanter yaitu alat menanam bibit padi dengan perhitungan jumlah, kedalaman, jarak dan kondisi penanaman yang seragam. Menghemat waktu dan efisien untuk berjaga-jaga bila tenaga manusia sudah tidak menjangkau lagi melakukan ini.

Baca juga:  Tips Merawat Bunga Kalanchoe

8. Mesin Penyiang Bermotor Untuk Padi Sawah

Mesin Penyiang Bermotor Untuk Padi SawahMesin ini berguna untuk menyiangi tanaman padi dari gulma yang menganggu. Dirancang khusus agar mempermudah pekerjaan petani di sawah. Berkerja mengatur jarak tanam padi yang berbeda sekitar 20-25 cm. Selain itu untuk menyiangi padi yang lebih tinggi dan rapat jaraknya agar lebih teratur lagi.

9. Alat Penebar Pupuk Organik ( Manure Spreader )

Manure spreaderKegunaan alat tersebut untuk meyebarkan pupuk organik di lahan sawah atau lahan kering, sehingga dapat merata sempurna di tanah.

10. Mesin Pengupas Gabah Menjadi Beras Putih

Mesin Pengupas Gabah dan Pemutih berasMesin ini berfungsi sebagai pengupas kulit gabah dan penggiling, memisahkan sekam dengan kotoran lain, menjamin kebersihan beras sehingga menjadi putih bersih.

11. Mesin Pengering / Dryer

mesin dryer pengering padi kubotaFungsinya untuk mengeringkan gabah, jagung, kedelai dan tanaman lain. Mesin ini dimaksudkan untuk menggantikan cara tradisional yang mengandalkan panas matahari untuk mengeringkan hasil panen.

Demikian daftar alat pertanian modern canggih dalam bidang pertanian yang dapat digunakan oleh para petani di Indonesia untuk menunjang kinerja yang lebih efisien dan menghasilkan hasil panen yang melimpah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.