3 Alasan Mengapa Teknologi Pertanian Sangat Berperan Aktif Terhadap Kemajuan Pertanian

136
mesin teknologi pertanian Bajak singkal

Serambi Tani – Kemajuan teknologi yang sangat pesat pada saat ini tampaknya banyak memberikan dampak positif bagi banyak orang. Dengan adanya teknologi orang-orang sudah banyak yang terbantu untuk melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Contohnya dalam hal berkomunikasi. Pada zaman dahulu, untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain, seseorang harus mengirimnya melalui surat. Cara tersebut tentunya akan sangat lama dan tidak efektif jika terus menerus dilakukan. Untuk mengatasi masalah tersebut diciptakanlah handphone. Handphone tersebut diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus mengirim surat. Tak hanya dalam berkomunikasi dengan orang lain saja, teknologi juga sangat dibutuhkan dalam sektor pertanian. Teknologi dalam sektor pertanian tentunya juga sangat memberikan manfaat yang begitu luar biasa. Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 3 alasan mengapa teknologi sangat berperan aktif terhadap kemajuan pertanian. Berikut adalah ketiga alasannya.

Alasan Mengapa Teknologi Sangat Berperan Aktif Terhadap Kemajuan Pertanian

1. Teknologi Dapat Membuat Para Petani Semakin Berinovasi

Inovasi dalam menghasilkan penemuan baru pada sektor pertanian sangatlah dibutuhkan. Dan inovasi tersebut dapat tercipta dengan adanya teknologi pertanian. Teknologi pertanian dapat membuat para petani semakin berinovasi. Menemukan cara baru untuk membuat pupuk, membuat strategi baru dalam bertani, dan yang lain sebagainya. Teknologi dapat membuat para petani meninggalkan cara lama yang dinilai belum terlalu efektif untuk diterapkan dalam bertani. Inovasi harus terus dilakukan untuk menemukan berbagai penemuan baru selagi teknologi itu masih ada. Manfaatkanlah teknologi yang ada pada saat ini untuk kemajuan pertanian.

2. Teknologi Dapat Dijadikan Sebagai Media Pembelajaran

Ada banyak sekali informasi di internet yang dapat ditemukan dan dijadikan sebagai media pembelajaran. Terutama bagi para petani baru yang belum tahu betul dengan dunia pertanian. Dengan adanya teknologi, para petani diharapkan dapat memanfaatkannya sebagai media pembelajaran. Hal tersebut tentunya membuat teknologi dapat berperan aktif terhadap kemajuan pertanian karena melibatkan langsung para petani untuk ikut di dalamnya. Di internet sendiri, ada banyak sekali tips-tips bertani yang tersebar. Jadi, bagi anda yang tidak terlalu tahu dalam dunia pertanian, anda dapat menjadikan internet sebagai media pembelajaran. Mengingat zaman sekarang merupakan zaman yang serba canggih dan cepat. Informasi apapun dapat diperoleh melalui internet. Bahkan, buku sudah tidak lagi menjadi hal yang dibutuhkan oleh orang-orang. Mereka lebih banyak menggunakan internet sebagai media pembelajaran dan juga mencari informasi.

3. Teknologi Dapat Berfungsi untuk Pembasmian Hama Wereng

Mungkin sebagian dari anda para petani sangat jengkel sekali dengan hama wereng yang sering menyerang tanaman para petani. Bahkan, banyak para petani yang harus gagal panen setiap musimnya karena tanaman mereka selalu diserang oleh para hama. Berbagai cara telah mereka lakukan untuk membasmi secara tuntas hama-hama yang menyerang tanaman para petani namun hasilnya selalu saja gagal. Tidak semua hama dapat dibasmi begitu saja. Dengan hadirnya teknologi, diharapkan ada penemuan baru yang nantinya dapat digunakan untuk pembasmian hama wereng yang membandel. Karena jika terus menerus gagal panen akibat serangan para hama yang sulit dibasmi akan memberikan kerugian yang sangat berarti terhadap petani itu sendiri. Maka dari itu, teknologi harus dapat berperan aktif terhadap kemajuan pertanian. Terutama dalam hal pembasmian hama wereng. Itulah 3 alasan mengapa teknologi sangat berperan aktif terhadap kemajuan pertanian. Gunakanlah teknologi dengan bijak untuk kemajuan pertanian. Semoga dengan hadirnya teknologi dapat menjadi angin segar bagi para petani. Sekian, semoga bermanfaat untuk anda semuanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.