3 Hal Utama yang Harus Diperhatikan Sebelum Beternak Kerbau

100

Serambi Tani – Bagi sebagian orang, beternak kerbau sangatlah menyenangkan. Disamping perawatannya yang sangat mudah-mudah sulit, hasil yang akan didapatkan dari beternak kerbau sangatlah memuaskan. Maka dari itu banyak orang-orang di luaran sana yang lebih memilih untuk beternak kerbau ketimbang yang lainnya karena memberikan hasil yang sangat memuasakan. Sangat jarang sekali ada peternak kerbau yang gagal. Rata-rata peternak kerbau yang ada di Indonesia selalu berhasil dan sukses menjadi peternak kerbau.kawanan ternak kerbau

Meskipun memberikan hasil yang sangat jelas dan memuaskan, namun ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan sebelum beternak kerbau. Hal ini dilakukan agar ternak kerbau yang anda jalankan nantinya dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala sedikitpun. Hal-hal berikut ini juga harus anda penuhi sebelum akhirnya memutuskan untuk beternak kerbau. Berikut adalah 3 hal utama yang harus diperhatikan sebelum beternak kerbau.

1. Modal

Modal merupakan salah satu hal utama dan syarat yang paling utama sebelum akhirnya anda memutuskan untuk beternak kerbau. Tanpa adanya modal, anda tidak akan pernah bisa beternak kerbau. Modal yang harus dikeluarkan untuk beternak kerbau sangatlah besar. Dan jika anda tidak memiliki modalnya maka jangan pernah sekali-sekali untuk beternak kerbau karena nantinya akan mengancam keuangan anda. Namun jika anda tetap bersih keras ingin beternak kerbau dan tidak memiliki modal sama sekali, anda dapat meminjam modal ke kerabat terdekat atau mungkin ke bank dengan beberapa persyaratan yang harus anda penuhi. Jika modal anda sudah tercukupi seluruhnya maka anda sudah dapat beternak kerbau.

2. Kandang

Selain modal, kandang merupakan hal utama yang harus anda perhatikan. Mengingat kandang kerbau sangat berbeda sekali dengan kandang-kandang hewan yang lainnya. Kerbau memiliki bentuk tubuh yang cukup besar. Maka dari itu kandang yang harus dibuat juga harus besar dan sesuai dengan tubuh kerbau. Untuk membuat kandang kerbau anda harus membutuhkan beberapa kayu besar atau juga dapat menggunakan besi agar kandang yang anda buat kokoh, tahan lama dan tidak mudah rusak seperti layaknya kompor “Hock” yang telah teruji ampuh untuk memasak karena apinya berwarna biru. Kandang juga harus menyesuaikan dengan banyaknya kerbau. Jika kerbaunya sedikit maka buatlah kandang dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu. Namun jika kerbaunya banyak, maka buatlah kandang yang besar agar seluruh kerbau dapat masuk ke dalam kandang dan tidak tidur di luar karena dapat membuat si kerbau masuk angin. Emang kerbau bisa masuk angin? Tanya aja sama mbah Google.

3. Bibit Unggul

Bibit sangatlah berpengaruh terhadap kehidupan ternak kerbau anda nantinya. Maka dari itu carilah bibit kerbau yang berkualitas dan berat serta memiliki daging yang berkualitas juga. Daerah di Indonesia yang memiliki bibit unggul kerbau yang berkualitas berada di Bali. Jika anda benar-benar ingin beternak kerbau, anda bisa jalan-jalan ke Bali untuk liburan sambil mencari para turis yang cantik-cantik. Maaf, maksud saya bibit unggul kerbau yang berkualitas. Sebenarnya tak hanya di Bali saja ada bibit unggul kerbau yang berkualitas. Di daerah lain juga ada. Namun bibit unggul yang ada di Bali jauh lebih berkualitas ketimbang bibit unggul yang ada di daerah lain. Tak hanya itu saja, jika anda membeli bibit unggul kerbau di Bali, anda bisa langsung liburan bersama dengan keluarga anda untuk menghilangkan suntuk. Bagaimana? Apakah anda tetap ingin beternak kerbau? Jika ingin, segera penuhi 3 hal penting di atas. Sekian, semoga bermanfaat untuk anda semuanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.