10 Manfaat Tumbuhan Tanaman Untuk Bahan Baku Industri Sehari-hari

1.746

Serambi Pertanian, Tanaman untuk bahan baku industri dan manfaatnya – pada perkembangan jaman modern ini pasti sudah tidak ketinggalan lagi yang namanya keperluan bahan baku industri sebab kebanyakan dalam hal itu juga sering memerlukan yang namanya tumbuhan tanaman dalam proses pembuatannya, memang dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sering menemukan yang namanya kebutuhan pokok dan hasil dari kebutuhan tersebut adalah berasal dari tanaman sebagai bahan baku industri, pastinya ada banyak sekali manfaat yang anda dapatkan dari hasil yang sudah jadi tersebut.

Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai pengolahan bahan baku industri, tentunya hasil alam yang didapatkan lebih berguna jika diolah dengan baik, namun alangkah baiknya jangan dilakukan yang namanya eksploitasi agar asri alam tidak rusak oleh tangan manusia, jadi manfaatkanlah dengan baik atau semestinya, bila perlu lakukan reboisasi. Nah bila anda penasaran langsung saja simak dibawah ini tentang jenis tanaman yang bermanfaat untuk bahan baku industri adalah berikut ini.

manfaat tumbuhan tanaman dalam untuk bahan baku industri sehari-hari

Jenis Tanaman Yang Bermanfaat Dalam Dunia Industri

Konten

1. Tembakau dan cengkeh

Contoh pemanfaatan tumbuhan tanaman industri​ pertama yaitu tembakau dan cengkeh. Tanaman tembakau dan cengkeh biasa dimanfaatkan oleh para pemilik usaha industri rokok.

2. Lidah buaya

Pemanfaatan tanaman tumbuhan lidah buaya antara lain industri makanan (nata de coco) dan juga kesehatan dan kecantikan. Contoh pemanfaatan tanam lidah buaya dalam industri makanan antara lain minuman seperti nata de coco. Sedangkan pemanfaatan tanaman tumbuhan lidah buaya misalnya dimanfaatkan untuk industri pembuatan sampo.

3. Alang-alang

Alang-alang dimanfaatkan untuk industri obat herbal seperti larutan penyegar atau obat panas dalam yang berbentuk minuman.

4. Jeruk Nipis, Tomat, dan Timun

Tanaman tumbuhan seperti Jeruk Nipis, Tomat dan Timun sering danfaatkan oleh industri kosmetika (kosmetik) untuk membuat aneka macam kosmetik kecantikan untuk perawatan wajah dan tubuh.

5. Tanaman Karet

Bila anda sedang mencari informasi tentang sebutkan jenis tanaman di Indonesia yang bermanfaat untuk industri ? Untuk jawaban yang paling tepat pada bagian poin pertama tersebut adalah tanaman karet, memang kegunaan dari tanaman ini sangat banyak sekali dalam dunia industri dan sering anda temukan dalam kehidupan sehari-hari contohnya adalah ban. Getah karet (lateks) yang keluar dan disayat pada pohon karet akan dikumpulkan menjadi satu bak, setelah itu akan dikirim dan diolah kembali oleh pabrik untuk dijadikan sebagai bahan baku industri. Untuk harga mentahan getah bisa dikatakan sangat murah sekali, namun bila sudah dijual dalam bahan jadi memiliki tawaran harga yang bisa dibilang sangat mahal sekali.

Baca juga:  3 Alat Pertanian Pemanen Padi Tradisional dan Modern

6. Getah Pinus

Ternyata tidak hanya tumbuhan tanaman karet saja yang bisa dijadikan sebagai bahan baku industri, akan tetapi ada tanaman lain yang bermanfaat sebagai bahan bakunya adalah getah pinus. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pohon pinus, sebab tumbuhan yang satu ini memiliki panjang ukuran yang sangat tinggi sekali dan sering tumbuh dalam jenis yang berkelompok dan sering ditemukan pada daerah tropis dan subtropis. Getah pinus dimanfaatkan manusia sebagai bahan baku industri. Untuk manfaat tanaman pohon pinus lain yang ada pada pohon ini adalah getahnya yang bisa dijadikan sebagai bahan baku industri contohnya adalah seperti plester, perban, cat, dan pewarna lainnya.

7. Kelapa Sawit

Sudah tidak heran lagi apabila kebutuhan minyak goreng adalah salah satu kebutuhan yang sering banyak dimanfaatkan oleh kalangan masyarakat luas, sebab bila ingin memasak sesuatu pasti kita membutuhkan yang namanya minyak goreng, sedangkan minyak sering berasal dari kelapa sawit untuk membuat minyak kelapa sawit. Jadi tanaman tumbuhan yang satu ini sudah dikategorikan sebagai tanaman industri yang memberikan banyak sekali manfaat bagi kalangan masyarakat luas.

Baca juga:  Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar Budidaya Jamur Merang

8. Kapas

Untuk nomor 4 ini adalah kapas, biasanya kapas sering dimanfaatkan dalam industri tekstil, jadi jangan heran lagi apabila pohon kapas saat ini adalah salah satu kebutuhan bahan baku dalam industri tekstil.

9. Kayu

Dalam ke 9 untuk manfaat tumbuhan dalam bahan baku industri adalah kayu, memang pada dasarnya kayu sering digunakan dalam pembuatan industri bangunan, tanpa kayu pondasi bangunan rumah terlihat kurang kokoh, namun perlu diperhatikan juga bahwa pembuatan kayu harus tidak melebihi batas wajar untuk mengambil hasil alam yang terlalu berlebihan. Pemanfaatan kayu dalam dunia industri yang paling banyak ditemui adalah kayu jati yang digunakan sebagai bahan furnitur seperti lemari, meja, kursi dan lain-lain.

10. kulit pohon

Tanaman tumbuhan pohon memiliki banyak manfaat mulai dari getah, bahkan kulit pohon juga dapat dimanfaatkan dalam dunia industri yaitu industri kertas untuk membuat berbagai macam kertas tulis.

Demikianlah artikel tentang manfaat tumbuhan tanaman dalam bahan baku industri, semoga dengan adanya artikel seperti ini dapat menambah wawasan anda di dunia internet, bila dirasa bermanfaat jangan lupa juga untuk membagikannya ke media sosial lainnya. Jangan lupa baca juga artikel jenis tanaman sayuran dan manfaatnya, tanaman umbi dan manfaatnya. Terima kasih

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.