5 Langkah Awal Memulai Bisnis Ternak Bebek

86

Serambi Tani – Bagi sebagian orang, selain ayam dan burung bebek merupakan hewan yang paling mudah untuk diternak. Selain cara merawatnya yang sangat mudah, peminat bebek di pasaran juga masih sangat banyak. Hal ini dikarenakan karena bebek memiliki rasa daging yang sangat enak dan juga lezat yang sangat jah berbeda dengan rasa daging ayam. Apalagi bebek-bebek dengan kualitas yang sangat tinggi, harganya di pasaran akan sangat mahal. Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 5 langkah awal memulai bisnis ternak bebek khusus bagi anda yang mau menjadi peternak bebek. Langsung saja inilah ulasan selengkapnya.

Pemberian pakan bebek
Pemberian-pakan-bebek via infoagribisnis

1. Mencari Bebek Berkualitas

Mengapa anda harus mencari bebek yang berkualitas? Karena bebek yang berkualitas akan menghasilkan keturunan yang berkualitas juga. Anda dapat membeli bebek berkualitas dari peternak besar yang ada di daerah anda. Atau jika di daerah anda tidak memiliki peternak besar, anda dapat mencarinya di tempat lain. Ini merupakan hal terpenting yang harus anda lakukan jika anda ingin beternak bebek. Carilah bebek dengan kualitas yang cukup tinggi. Jangan ragu untuk mengeluarkan banyak uang untuk mencari bebek berkualitas di awal. Nantinya anda juga akan merasakan hasil yang sangat memuaskan jika bebek yang telah anda pelihara tumbuh besar dan berkembang biak.

2. Kandang

Untuk kandangnya saya sarankan untuk membuat sendiri dengan ukuran yang sedang saja. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Initinya menyesuaikan dengan jumlah bebek yang ingin anda pelihara. Untuk di awal buat seadanya saja. Jika bebek-bebek yang anda pelihara sudah tumbuh besardan berkembang biak menjadi banyak, anda dapat melakukan perbesaran kandang atau membuat beberapa kandang untuk dapat menampung bebek dalam jumlah yang banyak.

3. Lokasi Kandang

Untuk lokasi kandangnya saya kira anda tidak usah terlalu pusing untuk mecarinya. Cukup letakkan di halaman rumah anda saja. Intinya jangan bingung ingin meletakkan kandang bebek dimana. Jika anda tidak mau meletakkannya di halaman rumah karena malu jika ada tamu yang datang. Saya sarankan untuk membuat area kandang khusus yang tidak jauh dari pandangan mata anda. Intinya untuk meletakkan kandang di awal-awal anda tidak usah bingung dan pusing. Jika sudah banyak menghasilkan baru anda pikirkan lokasi kandang yang sebenarnya.

4. Memberikan Pakan

Jangan hanya memikirkan enaknya saja, bebek-bebek yang anda pelihara juga membutuhkan makanan. Makanannya juga tergolong sangat mudah, tinggal anda buatkan dedak ataupun makanan bekas, para bebek akan makan dengan lahapnya. Berikanlah makanan kepada bebek secara rutin agarbebek sehat dan tidak mudah sakit. Perhatikan juga makanan yang anda berikan juga harus bebas dari bakteri apapun agar bebek-bebk yang anda pelihara tidak mudah terserang penyakit dan virus berbahaya.

5. Berkembang Biak

Perkembangbiakan bebek akan terjadi secara alami. Maa dari itu biarkanlah bebek-bebek yang anda pelihara bertelur dengan sendirinya. Jika sudah bertelur, anda bebas ingin menunggu bebek tersebut menetas atau langsung mengambilnya untuk langsung dijual di pasaran. Pada saat inilah anda harus senantiasa mengawasi dan teliti terhadap telur-telur yang ada. Jangan sampai ada telur yang busuk karena dapat membuat anda menjadi rugi nantinya. Anda dapat meminta bantuan dari rekan, orangtua, atau bahkan karyawan anda jika anda sudah memiliki karyawan untuk dapat senantiasa mengawasi bebek-bebek dan telur yang sudah ada. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya yang ingin memulai bisnis ternak bebek.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.