5 Manfaat Bunga Pepaya Untuk Kesehatan

0
31

Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan – Pepaya memiliki nama ilmiah Carica Papaya adalah tanaman serbaguna yang buanya manis rasanya dan sudah cukup dikenal oleh masrayakat indonesia dan untuk mendapatkan buah yang satu ini pun cukup mudah karena banyak yang menjajakan buah yang satu ini. Selain buahnya yang manis, bagian lain dari pepaya juga dapat dinikmati seperti daun dan bunganya. Daun dan bunga pepaya dapat dimasak dan dikonsumsi. Selain enak di masak manfaat bunga pepaya untuk kesehatan juga baik.

manfaat bunga pepaya

Nah, sahabat Pertanian Kita kali ini akan membahas mengenai manfaat bunga pepaya yang yang belum banyak diketahui orang. Lalu, apa saja manfaat bunga pepaya bagi tubuh dan kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat bunga pepaya diantaranya;

Setidaknya ada 12 manfaat bunga pepaya bagi kesehatan tubuh kita, yaitu:
  • Mencegah kanker.
  • Menyembuhkan bisul lambung.
  • Membantu sistem pencernaan.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Sumber antioksidan.
  • Baik untuk penderita diabetes.
  • Menurunkan berat badan.
  • Obat penurun demam.
Baca juga:  Saat Hujan Petani Menghentikan Aktifitasnya

Untuk keterangan lebih rinci tentamg manfaat bunga pepaya silahkan anda bisa simak ulasan dibawah ini, namun disini kami baru memberikan ulasan 5 manfaat bunga pepaya;

5 manfaat mengkonsumsi bunga pepaya yang perlu kamu ketahui

1. Mencegah kanker

Manfaat mengkonsumsi bunga pepaya yang pertama adalah bisa mencegah sakit kanker. Beberapa riset menunjukkan makan bunga pepaya bisa turunkan tingkat peradangan tubuh. Peradangan ini seringkali jadi awal dari timbulnya sel tumor mengganas sebagai kanker. Ini karena bunga pepaya mengandung antioksidan yang tinggi.

2. Menyembuhkan sakit maag

Masih karena kandungan anti-oksidannya yang tinggi yang bersifat antiinflamasi manfaat mengkonsumsi bunga pepaya lainnya yaitu dapat mengurangi peradangan pada lambung. Selain itu, lemak “jahat” pemicu kolesterol dapat dihindarkan.

Baca juga:  5 Masalah yang Kerap Membuat Petani Gagal Panen

3. Menyehatkan pencernaan

Kandungan enzim papain dalam bunga pepaya juga tinggi, enzim ini juga terdapat pada buahnya. Enzim itu membantu kerja pencernaan lebih baik serta menjauhkan sembelit.

4. Menambah nafsu makan

Meskipun rasanya yang pahit, mengkonsumsi bunga pepaya sangat efektif untuk meningkatkan nafsu makan. Masaklah bunga pepaya sebagai tumisan yang dapat disantap bersama nasi.

5. Kaya anti-oksidan

Berbagai zat anti-oksidan dalam bunga pepaya bermanfaat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Yaitu dengan cara mencegah kerusakan oksidatif terhadap sel yang bila tidak dicegah dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Sahabat Pertanian Kita, demikian ulasan singkat tentang manfaat bunga pepaya bagi kesehatan, semoga bermanfaat. Tunggu artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga:  Tips Merawat Bunga Kalanchoe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.