5 Strategi Jitu Sukses Menjadi Peternak Ikan

349

Serambi Tani – Selain menjadi peternak kerbau dan ayam, ikan juga merupakan salah satu hewan yang paling banyak diternak oleh orang-orang. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor perawatannya yang sangat mudah dan juga potensi penghasilan yang begitu besar. Namun menurut penelitian yang telah saya lakukan sama saja. Hewan-hewan lain juga perawatannya sangat mudah dan juga memberikan potensi penghasilan yang begitu besar. Namun pada tulisan kali ini saya ingin membahas secara tuntas tentang 5 strategi jitu sukses menjadi peternak ikan. Langsung saja kita bahas rangkuman ulasan selengkapnya.strategi jitu sukses menjadi peternak ikan

1. Pikirkan Jenis Ikan yang Paling Banyak Dicari di Pasaran

Strategi pertama yang harus anda lakukan yaitu anda harus mencari terlebih dahulu jenis ikan yang paling banyak dicari di pasaran. Sesuaikan juga dengan daerah anda. Misal di daerah anda ikan yang paling banyak dicari adalah ikan mujair. Jika anda ingin menjadi peternak ikan yang sukses ya anda mau tidak mau harus menuruti permintaan pasar. Karena jika sampai anda menernak ikan sedangkan ikan yang anda ternak tidak banyak dicari di daerah anda , nantinya anda akan rugi besar. Oleh karena itu, strategi pertama yang harus anda lakukan jika ingin sukses menjadi peternak ikan adalah dengan mencari ikan yang paling banyak dicari di pasaran.

2. Siapkan Modal Banyak

Untuk menjadi seorang peternak ikan yang sukses, anda harus memiliki banyak modal. Hal ini dikarenakan agar anda dapat membuat banyak kolam ikan untuk menernak ikan dalam jumlah yang banyak. Semakin banyak ikan yang anda ternak, maka semakin banyak pula ikan yang anda hasilkan. Jika ikan yang anda hasilkan banyak, sudah pasti jika dijual di pasaran akan laku keras. Penjualan juga akan senantiasa meningkat jika anda membuat banyak kolam. Oleh karena itu siapkanlah modal yang banyak jika anda ingin menjadi peternak ikan yang sukses.

3. Perbanyak Relasi Pertemanan dan Anggota

Untuk mengelola kolam ikan dalam jumlah yang banyak, anda harus memiliki banyak anggota untuk bekerja di ternak ikan anda dan juga relasi pertemanan sebagai tempat diskusi. Sering sekali hal tersebut dispelekan oleh banyak orang. Padahal di luaran sana sangat jarang sekali ada peternak ikan yang sukses hanya bekerja sendiri. Kebanyakan para peternak ikan di luaran sana sukses lantaran memiliki relasi pertemanan yang luas dan anggota yang banyak. Karena sangat mustahil rasanya anda dapat mengelola banyak kolam ikan seorang diri. Anda juga butuh orang lain untuk mengelola. Namun hal ini hanya berlaku bagi peternak ikan yang sukses. Jika anda masih berstatus pemula dan belum mau memiliki banyak anggota ya tidak masalah. Intinya jika anda sudah memiliki anggota, sudah secara otomatis anda akan menjadi bos.

4. Kejar Target

Buatlah target yang ingin anda capai jika anda ingin menjadi seorang peternak ikan yang sukses. Misal dalam waktu sebulan anda harus dapat menjual berapa ikan. Hal ini sangatlah penting dilakukan untuk melihat perkembangan ternak ikan yang telah anda jalankan. Dengan begitu anda dapat melihat apakah ternak ikan yang anda jalankan mengalami peningkatan atau justru mengalami penurunan.

5. Jangan Sombong

Tidak ada orang sukses yang sombong. Maka dari itu jika anda sudah menjadi peternak ikan yang sukses jangan sekali-sekali sombong. Tetaplah rendah diri dan terus berdoa kepada Tuhan agar tetap diberikan kelancaran dalam beternak ikan dan diberikan rezeki yang melimpah setiap harinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.