5 Teknik Berkebun di Lahan Sempit

0
16

Serambi Pertanian – Pernahkah anda bertanya dalam hati bagaimana cara bercocok tanam sayur dengan menggunakan lahan sempit. Tentu anda akan berpikir kalau tidak punya kebun yang luas maka tidak bisa berkebun, tapi itu anggapan yang salah. Bercocok tanam tidak harus membutuhkan lahan yang luas. Dan jika anda ingin mencoba cara mengoptimalkan lahan yang ada pasti bisa di tanami beberapa tanaman. Berikut ini benerapa tips cara berkebun di lahan yang sempit.

Karena lahannya sempit, maka yang harus di pilih untuk bercocok tanam adalah tanaman yang kerdil seperti cabai atau tanaman hias. Sebab apabila kita memilih tanaman dengan pohon besar maka lahan kita akan terlihat semakin sempit. Selain memilah tanaman untuk di tanam cara atau metode penanaman juga perlu di perhatikan. Berikut ini beberapa metode yang bisa di gunakan untuk bercocok tanam di lahan yang sempit.

Menanam Menggunakan Polibag

Alat yang satu ini sangat mudah di temukan dan mempunyai segala macam ukuran kelebihan menanam dengan polibag adalah mengatur atau mempermudah tata letak dan polibag ini bisa di temukan di toko toko pertanian.
  

Jikan anda berniat membuat kebun sayur sederhana, cara ini termasuk sangat mudah di karenakan hanya menyiapkan polibag, kompos, tanah tumbuhan yang cocok di tempat seperti ini adalah sayur mayur seperti sawi, daun bawang dan lain-lain. Adapun cara menanam dengan polybag yaitu:

  1. Siapkan tanah yang subur dan terlihat gembur, ayak tanah sampai halus
  2. Siapkan kompos yang telah matang, ayak sampai menjadi butiran yang lembut
  3. Siapkan Arang sekam
  4. Campur tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2 untuk tanah dan 1 untuk kompos dan arang
  5. Siapkan polybag, dan masukan campurannya kemudian tanam tanamannya.

Metode Vertikultur

Metode ini bisa di artikan sebuah metode bercocok tanam dengan menggunakan media yang sempit. Memanfaatkan tempat atau media yang vertikal untuk menanam. Maksudnya vertikal ialah dengan cara menggantung dan bahan bahan yang bisa di gunakanpun bisa dari bahan bekas  contoh vertikultur menggunakan botol bekas. Berikut ini caranya:

  1. Siapkan botol bekas.
  2. sayat bagian botol dari bagian bawah leher sampai dasar botol bentuk sayatan persegi panjang
  3. Isi botol dengan media tanam yang di kehendaki (arang sekam atau padir)
  4. Penanaman benih (pilih benih yang berkwalitas)
  5. Siapkan tempat yang di gunakan untuk menggantung botol biasanya di dinding atau pagar.

Metode Hidroponik

Selain metode vertikultur ada lagi metode bercocok tanam di lahat sempit yang sangat mudah yakni metode hydroponik, apa itu hydroponik ? Yaitu metode bercocok tanam yang media tanamnya menggunakan Air. Metode ini sangat hits di jaman sekarang karena sangat mudah. Metode ini sangat cocok di gunakan untuk menanam sayur mayur.

Cara berkebun sayur ini sangat cocok menjadi solusi bagi daerah perkotaan atau sering di sebut dengan Urban Farming. Dan metode ini sangat di anjurkan untuk masyarakat perkotaan yang memiliki lahan sempit.

Bercocok tanam dengan Tambulanpot

Metode tambulapot ini sudah tidak asing lagi di kalangan petani modern, kata tambulanpot di ambil dari singkatan Tanaman Buah Dalam Pot. Metode ini juga sudah banyak di kembangkan oleh masyarakat yang memiliki lahan sempit, mengingat banyak sekali penjual bibit tanaman berbuah yang siap di tanam dalam pot.

Sama halnya dengan tanaman lain, pada metode ini media tanam yang di gunakan yaitu tanah dengan di campur kompos atau sekam dengan perbandingan satu banding satu di setiap komponen. Selamat di coba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.