5 Tips Memulai Ternak Burung Perkutut yang Sangat Menjanjikan

0
43

Serambi Tani – Burung perkutut merupakan salah satu burung yang palig disukai oleh para pecinta burung yang ada di seluruh Indonesia. Hal ini disebabkan karena burung perkutut memiliki suara yang indah dan juga merdu. Jangan salah dulu harganya juga sangat mahal di pasaran. Maka dari itu, peluang ini dapat anda jadikan sebagai kesempatan emas yang sangat menjanjikan. Mengingat harga burung perkutut yang kian mahal. Bagi para pecinta burung harga bukan menjadi masalah bagi mereka. Asalkan burung yang dibelinya bagus dan memiliki kualitas suara yang sempurna, maka mereka tidak akan segan-segan untuk mengeluarkan sejumlah uang demi mendapatkan burung yang mereka inginkan. Nah, pada kesempatan kali ini saya kembali akan membahas tentang tips-tips beternak. Berikut adalah 5 tips memulai ternak burung perkutut yang sangat menjanjikan.tips beternak burung perkutut

1. Induk

Induk perkutut yang berkualitas biasanya dijual dengan harga yang sangat mahal. Namun induk seperti inilah yang nantinya akan menghasilkan keturunan yang berkualitas juga. Di awal-awal, aanda memang diwajibkan untuk mengeluarkan banyak uang untuk membeli indukan perkutut dengan harga yang sangat mahal. Namun dengan catatan harus berkualitas dan memiliki suara yang merdu. Jika anda ingin beternak burung perkutut dalam jumlah yang banyak, maka tidak ada salahnya untuk membeli indukan yang banyak. Ini dilakukan jika anda ingin membuka jalan binis melalui burung perkutut.

Baca juga:  5 Langkah Awal Memulai Bisnis Ternak Bebek

2. Kandang

Kandang merupakan salah satu komponen yang paling penting jika anda ingin beternak perkutut. Boleh membuat sendiri ataupun membelinya langsung di took burung. Namun ingat jika anda membeli kandangnya di took burung anda juga harus memperhatikan kualitas kandangnya. Harus kuat, kokoh, dan tahan lama. Kandang tersebut tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil pula. Yang penting bisa ditempati oleh sepasang burung perkutut.

3. Lokasi Kandang

Setelah memiliki kandang, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menentukan lokasi kandang. Letakkanlah kandang tidak jauh dari jangkauan mata anda agar anda dapat mengawasinya setiap saat. Hal ini juga sangat bermanfaat bagi perlindungan burung-burung yang anda pelihara dari serangan para pencuri. Burung perkutut yang aktif biasanya memiliki suara yang indah dan juga merdu. Namun banyak juga orang-orang yang tidak suka dengan suara burung. Oleh karena itu anda juga harus memperhatikan kenyamanan orang-orang yang ada di sekitar anda.

Baca juga:  3 Hal yang Sering Membuat Peternak Kerbau Gagal

4. Kawin

Setelah semuanya beres, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengawinkan burung perkutut tersebut untuk dapat menghasilkan keturunan. Biarkanlah burung betina dan burung jantan perkutut kawin secara alami tanpa anda paksa. Sebab, burung tersebut sebelumnya telah anda masukkan dalam satu kandang yang sama. Oleh karena itu biarkanlah burung betina dan burung jantan perkutut kawin secara alami dan menghasilkan keturunan.

5. Bertelur dan Menghasilkan Keturunan

Setelah bertelur, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membiarkan telur-telur tersebut dierami oleh induknya hingga menetas sendiri. Jangan pernah mencoba untuk menetaskan telur-telur tersebut jika belum waktunya. Biarkanlah telur-telur tersebut dierami oleh induknya dan menetas secara alami. Hal ini dilakukan agar kualitas burung perkutut yang anda hasilkan nanti tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk memberikan pakan burung secara rutin. Karena burung juga sama seperti manusia, membutuhkan makanan untuk tetap hidup di dunia ini. Sekian, semoga bermnfaat untuk anda semuanya yang ingin beternak burung perkutut.

Baca juga:  7 Jenis Pakan Ayam Alternatif Makanan Bergizi Ternak Ayam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.