7 Budidaya Ikan yang Menguntungkan

54

Hulu-hilir.com, Budidaya Ikan yang Menguntungkan – Bisnis ternak ikan air tawar sepertinya sangat digemari oleh para pelaku usaha. Bukan tanpa alasan, kegiatan ini memang terbilang menjanjikan. Apalagi, ada beberapa jenis ikan yang proses pembudidayaannya tidak membutuhkan modal besar. Jika Anda termasuk salah satu orang yang berminat beternak ikan, sebaiknya mengetahui apa saja budidaya ikan yang menguntungkan. Baca juga: 5 strategy jitu sukses menjadi peternak ikan.

7 Budidaya Ikan yang Menguntungkan

Budidaya Ikan Lele

Budidaya Ikan yang Menguntungkan
budidaya ikan lele

Beternak lele memang sangat populer beberapa tahun terakhir. Hal ini tidak terlepas dari peluang keuntungan yang menjanjikan dengan modal sedikit. Apalagi, lele merupakan salah satu ikan konsumsi favorit masyarakat di tanah air.

Untuk mengembangbiakkan lele, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan saja hingga siap panen. Cara budidaya ikan lele dikolam terpal dan tips sukses membesarkan lele adalah pengetahuan yang kini banyak dicari para pelaku bisnis ternak lele.

Baca juga: Membuat pakan lele dari ampas tahu.

Permintaan lele di pasaran memang sangat tinggi. Terlebih lagi, ikan yang identik dengan kumisnya ini sekarang bukan hanya dijual di warung pecel lele saja. Namun juga restoran ternama. Rasa dagingnya yang gurih, dan harganya yang ramah di kantong adalah salah satu alasan kenapa peminat lele ini begitu banyak.

Budidaya Ikan Nila

Budidaya Ikan yang Menguntungkan
budidaya ikan nila

Ikan nila terkenal karena proses pertumbuhannya yang terbilang sangat cepat. Hanya dalam waktu sekitar 4 sampai 6 bulan saja, nila sudah bisa dikonsumsi dan dijual di pasar. Selain itu, proses pembudidayaannya juga mudah karena nila memang memiliki kekebalan tubuh tinggi. Hal ini tentu saja jadi nilai plus untuk peternak ikan air tawar.

Menariknya, dari sepasang indukan nila bisa menghasilkan hingga ribuan telur. Bayangkan saja kalau semua telur tersebut menetas menjadi anak ikan, pasti akan untung besar peternaknya. Bukan hanya itu, harga jual nila juga lumayan mahal. Untuk terjuan dalam bisnis ternak ikan jenis ini, anda bisa baca panduan 6 langkah cara budidaya ikan nila.

Budidaya Ikan Gabus

Budidaya Ikan yang Menguntungkan
budidaya ikan gabus

Meskipun kurang populer, tapi peminat ikan ini cukup tinggi. Sayangnya, peternak gabus ini terbilang sedikit. Sehingga tidak mengherankan kalau harga jualnya jadi lumayan mahal. Namun di sisi lain hal ini dapat Anda manfaatkan sebagai peluang usaha yang menghasilkan. Terlebih lagi, masa panennya juga cukup singkat, yakni 4 bulan saja. Kebutuhan ikan gabus kian meningkat. Tak hanya itu, harganya juga kian hari semakin mahal. Tertarik untuk ternak ikan gabus? Baca artikel 5 langkah awal budidaya ikan gabus.

Budidaya Ikan Guppy

Budidaya Ikan yang Menguntungkan
budidaya ikan guppy

Mau tahu budidaya ikan yang menguntungkan selanjutnya? Ya, ikan hias bernama guppy adalah jawabannya. Para pencinta ikan hias di tanah air pasti sudah familiar dengan jenis satu ini, bukan? Selain memiliki bentuk pola dan warna yang indah, guppy juga punya sirip dan ekor lentik dengan aneka rupa, yang menjadi salah satu penentu harganya.

Salah satu rahasia beternak guppy supaya harga jualnya bisa tinggi adalah dengan melakukan kawin silang. Namun Anda harus cermat dalam memilih indukan berkualitas, sehingga dapat menghasilkan bibit unggulan. Dengan begitu, Anda bisa meraup untung sampai jutaan rupiah untuk per ekor guppy.

Budidaya Ikan Gurame

Budidaya Ikan yang Menguntungkan
budidaya ikan gurame

Gurame termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang potensial untuk dibudidayakan. Seperti diketahui, bahwa gurame ini terkenal karena rasa dagingnya yang khas, dan bergizi tinggi. Tidak mengherankan kalau harganya juga bisa dibilang di atas rata-rata. Di negara-negara kawasan Asia Tenggara sendiri, gurame merupakan favorit banyak orang.

Budidaya Ikan Patin

Budidaya Ikan yang Menguntungkan
budidaya ikan patin

Permintaan pasar akan ikan patin memang terus melonjak. Tapi sayangnya, pasokan patin dari pembudidaya lokal masih sangat kurang. Bahkan hingga saat ini Indonesia masih terus mengimpor patin dari Vietnam. Tentunya peluang ini dapat Anda manfaatkan untuk memulai bisnis di bidang budidaya ikan air tawar. Apalagi, harganya juga cukup menjanjikan.

Waktu yang dibutuhkan untuk ternak patin hingga siap konsumsi umumnya 5-6 bulan. Namun dapat berubah tergantung permintaan konsumen. Untuk memulai budidaya patin, anggaran yang diperlukan juga masih tergolong acceptable bagi semua kalangan.

Budidaya Ikan Mas

Budidaya Ikan yang Menguntungkan
budidaya ikan mas

Walaupun diberi nama ikan mas, namun jenis ini sebenarnya terdiri atas bermacam-macam warna yang variatif. Salah satunya adalah hitam kekuningan, yang kalau dilihat sekilas tampak seperti nila. Selain penampakan fisiknya yang nyaris serupa, harganya ternyata juga tidak jauh beda. Apalagi peminatnya, tidak perlu ditanyakan lagi.

Ikan mas sangat cocok untuk dikembangbiakkan di kawasan tropis, seperti Indonesia. Wajar saja kalau banyak peternak ikan yang berlomba untuk beternak ikan mas. Untuk waktu pembudidayaannya sendiri terbilang sebentar, yaitu mulai 4 sampai 5 bulan.

Jika Anda berencana terjun ke dunia bisnis tapi belum menemukan bidang yang tepat. Budidaya ikan yang menguntungkan di atas bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Selain dapat memetik keuntungan dalam bentuk materi, beternak ikan juga tidak membutuhkan keahlian khusus. Karena yang terpenting adalah ketelatenan dalam menjalani usaha tersebut.

Referensi : Akuatik.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.