Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Bagi Pemula

2
93
cara budidaya ikan lele dengan kolam terpal bagi pemula
cara budidaya ikan lele kolam terpal bagi pemula via petanitop.blogspot.com

Serambi Tani, Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal bagi Pemula – 
Budidaya ikan lele adalah pengetahuan yang kini banyak dicari para pelaku bisnis lele karena lele menjadi makanan anak kost yang murah meriah dan ramah di kantong. Sehingga tak hanya anak kost namun semua lapisan masyarakat menyukai jenis ikan yang satu ini. Namun tahukah Anda bahwa ikan lele sangat mudah dibudidayakan. Dengan demikian setiap keluarga bisa memeliharanya. Jika Anda tidak memiliki kolam maka bisa menggunakan kolam terpal sebagai sarana budidayanya. Untuk lebih lengkap informasi mengenai cara budidaya ikan lele di kolam terpal untuk pemula yang sebaiknya diketahui melalui informasi berikut ini.

Cara Budidaya Ikan Lele

7 Cara budidaya ikan lele di kolam terpal untuk pemula yaitu:

Konten

1. Tahap persiapan

Ada banyak jenis lele yang ada namun hendaknya mulai dengan memilih jenis yang paling berkualitas. Salah satu jenis lele yang direkomendasikan adalah lele sangkuriang. Jenis lele ini memiliki banyak sekali kelebihan. Beberapa kelebihan yang akan didapatkan dari lele ini yaitu daging yang dimiliki empuk, jumlah panen yang lebih melimpah, lebih tahan dari penyakit dan juga lebih mudah dikembang biakkan.

Baca juga:  Membuat Pakan Lele dari Ampas Tahu

2. Membuat kolam

Usahakan pembuatan kolam dengan cara profesional. Dengan demikian akan lebih tahan lama dan juga tidak kalah dengan jenis kolam biasa. Jenis kolam terpal memiliki banyak kelebihan misalnya saja mudah dipindahkan, lebih fleksibel, murah dan masih banyak lainnya. Direkomendasikan dalam memilih jenis terpal hendaknya yang tebal dan juga berkualitas. Tujuannya untuk membantu agar membuat jenis kolam ini menjadi lebih tahan lama.

3. Memilih benih yang berkualitas

Mulailah memilih jenis benih yang berkualitas untuk membantu mendapatkan hasil panen terbaik. Dalam proses pemilihan benih memang harus menggunakan ilmu. Beberapa ciri dari benih yang berkualitas yaitu ukuran yang hampir sama, warna kulit cerah, tidak pucat, lincah dan aktif.

Baca juga:  Tips Sukses Membesarkan Lele

4. Mempersiapkan benih lele

Dalam proses penyemaian benih memang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Hal ini karena akan menentukan mengenai kualitas hidup lele tersebut. Anda bisa mulai mengisi kolam terpal dengan air bersih. Mulai menyiapkan kotoran kambing atau sapi yang dimasukkan ke dalam karung dengan jumlah dua. Masukkan karung tersebut ke bagian tengah dan pinggir kolam. Diamkan selama satu minggu dan celupkan karung beberapa kali sebelum diangkat. Hal ini dimaksudkan agar kotoran tersebut seluruhnya larut ke dalam air.

5. Menebar benih lele

Untuk proses penebaran benih lele bisa dilakukan dengan beberapa tahapan. Tahapan awal dimulai dengan menebarkan benih lele ke dalam kolam pada pagi atau sore hari. Usahakan untuk menghindari kontak langsung dengan matahari. Sehingga diharapkan agar lele lebih bertahan hidup di dalam kolam tersebut. Jika pada siang hari dan terkena kontak langsung dengan cahaya matahari menyebabkan lele menjadi sress dan cepat mati. Dalam proses penebaran benih hendaknya dipindahkan ke dalam wadah plastik dan di campurkan ke dalam kolam sedikit demi sedikit.

Baca juga:  5 Langkah Awal Budidaya Ikan Gabus

6. Proses pemeliharaan

Hendaknya tidak mengganti air sebelum dilakukan masa panen. Sehingga diharapkan lele tetap dalam kondisi tenang dan tidak stress. Apabila air surut dan Anda harus menambahkannnya maka hendaknya dilakukan pada saat setelah pemberian makan. Baca juga: Tips Sukses Membesarkan Ikan Lele

7. Panen

Jika Anda ingin memanen lele yang telah dipelihara usahakan pada waktu dua hingga tiga bulan. Umumnya dalam satu kilogram berisi mulai dari tujuh hingga delapan ekor. Dalam proses memanennya usahakan memilih jenis bahan yang licin. Misalnya saja jaring agar tidak menyakiti tubuh lele tersebut. Pastikan wadah untuk memanennya dengan jenis yang besar agar dapat menampung banyak ikan tersebut.

Demikian artikel cara dan tahap tahap budidaya ikan lele bagi pemula yang semoga bisa bermanfaat.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.