Cara Budidaya Menanam Bayam

0
71
spiniciae habes
Cara budidaya sayur Bayam

Siapa yang tidak mengenal bayam, sayur yang tidak sedikit mengandung berisi zat besi ini juga ada di mana-mana. Tumbuhnya pun paling mudah, bahkan dapat tumbuh di pekarangan rumah. Di Indonesia kebanyakan orang mengenal bayam dalam bahasa inggris sebagai “spinach” namun nama latin bayam sebenarnya adalah “spiniciae habes”. Nah, kalau Anda ingin hasil yang lebih baik, pastinya Anda mesti menanamnya sendiri dan merawatnya dengan baik.

Nah, apakah anda tahu ? tumbuhan yang berwarna hijau berbentuk oval ini adalah tumbuhan yang biasanya ditanam guna dikonsumsi daunnya sebagai sayuran yang hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik tetapi sekarang tersebar ke semua dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting.

Di tingkat konsumen, dikenal dua macam bayam sayur: bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik ini juga biasanya memiliki daun yang lebar berbentuk oval dan tumbuh tegak besar (hingga lebih dari dua meter) dan juga daun mudanya dimakan khususnya sebagai lalapan (misalnya pada pecel, gado-gado), urap, serta digoreng sesudah dibalur tepung

Baca juga:  Permasalahan di Bidang Pertanian dan Solusinya

Untuk menempatkan bayam tersebut sangat mudah.  Bahkan cara menanam bayam di pot  kini juga telah banyak diterapkan oleh sebagian orang. Namun ada sejumlah cara, yang tentunya teknik satu dengan yang lainnya terdapat perbedaan, tergantung dari jenis bayam tersebut sendiri. Nah, kali ini saya bakal berbagi mengenai bagaimana menempatkan bayam raja, yakni bayam super berdaun lebar.

Akan saya beritahu bahwa bayam raja ini berdaun lebar, dan daunnya tidak memanjang atau runcing. Daunnya berbentuk lebih ingin bulat, dan berwarna hijau. Sedangkan pohonnya berwarna hijau muda. Yang jelas jenis bayam ini bertolak belakang dari yang seringkali tumbuh di kebun-kebun.

Sebenarnya namanya juga saya tidak tau persis. Hanya saja petani di sini menyebutnya bayam raja, ada pun yang menyinggung bayam pecel atau bayam peyek. Nah, guna penanamannya sendiri, silahkan dibaca lebih lanjut di bawah ini;

Baca juga:  Cara Budidaya Jamur Merang dengan Media Kardus untuk Pemula

Cara Budidaya Sayur Bayam

1. Yang kesatu siapkan tanah guna menyebar benihnya. Usahakan tanah yang subur dan lembab.

2. Kemudian bersihkan tanah itu dari rumput-rumput liar. Jika Anda hendak mencangkulnya, tersebut lebih bagus. Tapi andai tidak pun tidak masalah asalkan situasi tanahnya telah gembur.

3. Selanjutnya sebar embrio bayam di tanah bedengan tersebut. Usahakan siramilah andai Anda memberi atap pada lokasi menyebar embrio itu supaya tanahnya tidak boleh sampai mengering. Jika tidak kita berikan penutup atap, Anda pun harus menyiraminya andai jarang terjadi hujan. Proses mengguyur ini dilaksanakan pada pagi atau senja hari, sampai ia tumbuh dan siap dipindahkan.

4. Siapkan tanah yang lebih luas lagi untuk menempatkan bibit bayam yang sudah disemaikan. Bersihkanlah lahan tersebut, lantas cangkuli andai terlalu keras. Namun andai tanah itu tidak terlampau keras, lumayan beri lubang-lubang guna menancapkan bibit bayam dengan jarak tanam tidak cukup lebih 30 cm.

Baca juga:  Durian, Buah Musiman yang Sangat Cocok untuk Ditanam

5. Cabut bibit dengan tanahnya, andai ia sudah berumur tidak cukup lebih 40 hari semenjak kesatu penyebaran benihnya. Jika kita tidak mau terlampau rumit, cabut saja bibit bayam itu dengan tangan Anda, tanpa butuh mengikutkan tanahnya.

6. Tanam bayam yang sudah Anda cabut itu ke dalam lubang-lubang yang sudah Anda bikin tadi. Usahakan penanaman dilaksanakan di senja hari, supaya ketika ia beradaptasi dengan tanah baru dalam masa-masa malam tanpa terik matahari agar tidak gampang layu.

7. Siramilah bayam yang ditanam tersebut secukupnya, supaya ia menjadi segar. Kemudian tidak boleh lupa andai ladang lokasi penanaman bayam itu kering, sirami saja pada pagi atau senja hari. Yang jelas usahakan supaya tanahnya tidak jarang kali lembab.

Nah, gampang bukan? kini Anda bermukim lanjut pada etape perawatan dan tinggal menantikan bayam kita siap dipanen. Baiklah, lumayan sekian artikel saya tentang teknik menanam bayam peyek, semoga bermanfaat. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.