Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag Secara Organik

0
61

Serambi Tani – Cara menanam cabe rawit di polybag pada dasarnya sama yang ditempatkan pada lahan luas lapang. Tergantung soal selera dan faktor yang melatar-belakanginya. Perbedaanya hanya terletak pada tehnik yang hendak dipakai, apakah menggunakan metode kimia ataukah organik. Baca juga: Tips cara menanam cabe rawit yang baik.

cara menanam cabe rawit di polybag
menanam cabe rawit di polybag via jitunews.com

Cabai rawit selalu sukses merebut hati semua orang khususnya penggemar makanan dengan citarasa pedas menyengat lidah. Prospeknya juga sangat bagus jika ingin dijadikan bisnis. Dan jika Anda salah satu orang yang tertarik ingin membudidayakannya, berikut uraian singkat cara menanam cabe rawit dalam pollybag.

Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Konten

1. Siapkan Media Persemaian

Langkah pertama cara menanam cabe rawit di polybag ialah menyiapkan wadah khusus yang terbuat dari baki, bak besar bekas penampungan air, atau apa saja boleh, lala carilah bagian tanah yang cukup gembur dan subur, campur kompos tak lupa kerikil dan batu apung, letakkan di tempat teduh serta terlindung dari cahaya, kemudian diamkan selama 2-5 hari, perhatikan juga kadar kelembapan tanahnya jangan terlalu basah juga tidak boleh kering. Taburkan biji cabe di atasnya berjarak kira-kira 1-2 cm untuk masing-masing biji, dan tunggu sampai batang tumbuh sekitar 3 -5 cm dan berdaun sekitar 4-5 lembar.

Baca juga:  Ciri-ciri Tanaman Pangan Di Indonesia

2. Penanaman

Sediakan wadah polybag ukuran besar sekitar 40-50 cm, sebab nantinya bibit akan ditanam di sana. Beri tanah yang subur dan campuran kompos. Untuk semua polybag yang dipakai baik pada masa persemaian dan penanaman usahakan steril sebelum dipakai. Lubangi tanahnya dan dengan hati-hati sekali, kemudian letakkan bibit-bibit itu di sana jangan sampai terluka, lalu tutup kembali dengan tanah. Namun supaya lebih maksimal letakkan satu atau dua pohon cabai dalam satu wadahnya. Ketika mengambil bibit jangan sampai akar terputus dan terpisah dari tanah persemaian.

3. Penyiraman Dan Penyiangan

Pada tahap penyiraman dilakukan setiap hari, yakni pagi dan sore. Letakkan di tempat yang cukup pencahayaannya dari sinar matahari. Selama penyiraman perhatikan jangan sampai becek sehingga menyebabkan tanaman busuk. Adapun penyiangan bisa dilakukan setiap saat, terutama bila sudah tampak ada gulma atau tanaman penganggu, maka segeralah dibersihkan, jangan tunggu lama sehingga menghalagi pertumbuhan tanaman.

Baca juga:  Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar Budidaya Jamur Merang

5. Pembasmian Hama

Meskipun Anda sudah merawat dengan teliti dan berhati-hati, bukan berarti cabai terhindar dari hama dan penyakit. Apalagi Anda memilih tehnik organik, jadi perawatan dan pemeliharaannya juga harus benar-benar alami, jangan sampai bersentuhan dengan bahan kimia. Penyakit atau hama yang muncul biasanya berupa : semut, ulat hijau yang bentuknya kecil dan kutu. Lakukan pengendalian sewajarnya, antara lain dengan memisahkan pohon dari yang lain, bila terindikasi terkena hama atau penyakit, jangan sampai dibiarkan tercampur sebab bisa menular. Dan jika memang sudah tidak dapat dikontrol lagi bisa disemprot dengan peptisida organik.

6. Pemupukan

Ini masalah kunci penyebab sebuah tanaman dapat berkembang dengan baik, berbunga hingga menghasilkan buah. Pemupukan cabai rawit dikerjakan untuk setiap bagian tanaman secara terpisah, misalnya bagian daun, bunga dan buah. Pada umumnya berbentuk cair dan disemprotkan ke tanaman. Tapi tetap memakai pupuk organik.

Baca juga:  Tips Cara Menanam Cabe Rawit Yang Baik Supaya Hasilnya Bagus Dan Melimpah

7. Beri Tiang Penyangga Batang

Sama seperti ketika menanam cabai di ladang, cara menanam cabe rawit di polybag juga tetap memakai tiang penyangga untuk menopang batang cabai. Tingginya disesuaikan dengan wadah, jangan sampai terlalu besar dan tinggi. Kemudian ikat cabai dengan rafia tapi jangan terlalu erat, supaya pohon tetap bisa bernapas dan berkembang dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.