Cara Menanam Padi yang Baik dan Menguntungkan, 8 Langkah Mudah

338

Serambi Pertanian, Cara menanam padi yang baik dan menguntungkan sangat penting diterapkan petani padi untuk menghasilkan padi yang bagus dan produksi panen berlimpah. Saat panen tiba, semua petani pasti menginginkan hasil menanam yang menguntungkan.

Mengingat permintaan pasar yang semakin hari semakin meningkat bidang pangan tersebut, serta adanya berbagai kendala dalam bercocok tanam membuat mereka mencari jalan keluar agar bisa memenuhi standar bagaimana cara menanam padi yang baik dan menguntungkan.

Berbagai cara pun ditempuh untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah. Namun menanam padi yang kurang tepat dapat menjadi salah satu penyebab gagal panen. Untuk itulah diperlukan pengetahuan cara menanam padi yang baik.

Berikut adalah tehnik yang bisa Anda terapkan pada sawah, bila bermimpi mendapatkan semua itu berikut ini kami sajikan artikel pertanian padi untuk jelaskan cara menanam padi yang baik dan menguntungkan.

Pilih benih padi yang bagus dan menyiapkan lahan

Cara Menanam Padi yang Baik dan Menguntungkan
Cara Menanam Padi yang Baik dan Menguntungkan

1. Pilih benih padi yang bagus

Cara menanam padi yang baik dan menguntungkan tergantung pada pemilihan benih padi yang bagus dan berkualitas untuk masa pembibitan. Untuk mendapatkan hasil yang baik, pilih benih padi yang bagus berkualitas dan menebar benih di lahan yang bagus.

Jenis padi varietas unggulan biasanya tidak mengapung jika direndam dalam larutan ZA 20 gr dan lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit yang nantinya akan lebih menghasilkan panen yang berlimpah.

2. Menyiapkan Lahan

Cara menanam padi yang baik dan menguntungkan selanjutnya penyiapan lahan yang subur. Menyiapkan lahan kosong yang subur, kemudian dibersihkan dari rumput liar dan gulma yang mengganggu, kumpulkan jadi satu bakar atau jadikan kompos, nantinya hal tersebut akan berguna sebagai pupuk tanaman padi.

Setelah itu aliri air hingga gembur dan lunak kemudian dibajak memakai traktor, lalu genangi dengan air kembali setinggi 5-10 cm, dan biarkan selama 2 minggu hingga tanah berlumpur, agar racun-racun dapat dinetralisasi oleh air itu. Ini juga dapat meningkatkan kesuburan tanah ketika ditanami.

Proses Pembibitan dan Penanaman Padi

Cara Menanam Padi yang Baik dan Menguntungkan
Cara Menanam Padi yang Baik dan Menguntungkan

3. Proses pembibitan

Cara menanam padi yang baik dan menguntungkan sangat terpengaruh pada proses pembibitan padi yang baik. Untuk menerapkannya, setelah menyiapkan lahan dalam keadaan becek berlumpur, lalu sebar benih padi yang bagus yang sebelumnya telah dilakukan tahap pengujian untuk menentukan kualitasnya, direndam selama 2 hari hingga berkecambah. Beri pupuk area persemaian tadi dengan pupuk urea dan tsp, masing-masing 10 gram untuk setiap semeter lahan.

4. Penanaman Padi

Cara menanam padi yang baik dan menguntungkan berikutnya adalah masa penanaman. Setelah bibit berusia 12 hari atau 2 minggu, pindahkan pada lahan yang sudah tidak tergenangi air, lalu lubangi lalu masukkan bibit padi yang telah disiapkan, di mana jaraknya tergantung pada jenis padi serta musim yang sedang berlangsung saat itu, tapi idealnya sekitar 26×26 cm.

Perawatan dan pemupukan padi

Cara Menanam Padi yang Baik dan Menguntungkan
Cara Menanam Padi yang Baik dan Menguntungkan

5. Perawatan

Cara menanam padi yang baik dan menguntungkan seperti merawat bayi, banyak tenaga, waktu juga biaya yang dikeluarkan. Oleh sebab itu lakukan anggaran khusus mengenai dana perawatan tersebut agar hasil panen melimpah. Karena sedikit saja lalai, hasil panen menjadi tidak memuaskan.

Termasuk dalam hal ini tentang masalah penyiangan gulma yang menganggu tanaman padi. Itu dikerjakan setelah padi berumur 3 minggu setelah ditanam, selanjutnya setiap 3 minggu sekali.

6. Pemupukan padi

Cara menanam padi yang baik dan menguntungkan tidak boleh melupakan betapa pentingnya pemupukan padi yang ditanam. Pemupukan yang baik akan menghasilkan tanaman padi yang subur sehingga akan menghasilkan padi yang bagus. Pemberian pupuk dilakukan setelah tanaman berumur sekitar 7-15 hari setelah masa tanam. Biasanya pupuk yang dipakai jenis Urea dan TSP dengan dosis 100:50 kg untuk satu hektar sawah.

Selajutnya diulang lagi ketika berusia 25-30 hari, dengan pupuk Urea 50 kg/Ha dan Phoska 100 kg/ Ha. Pemupukan terakhir saat tanaman telah melewati proses pembuahan yakni sekitar usia 40-45 hari, dengan tetap memakai pupuk Urea yang dikombinasikan Za sebanyak 50:50 kg/Ha.

Pengendalian Hama dan Penyakit Padi dan prose panen padi

7. Pengendalian hama dan penyakit padi

Cara menanam padi yang baik dan menguntungkan juga tergantung pada perawatan serta pengendalian hama penyakit padi. Dalam menanam padi pastinya akan menemui berbagai masalah, seperti kegagalan panen yang disebabkan oleh hama atau penyakit pada tanaman. Bila memakai metode organik sebaiknya tidak menggunakan jenis pestisida berbahaya.

Adapun hama yang biasanya menyerang adalah : walang sangit, belalang, wereng, hingga tikus. Secara alami dapat dihalau dengan memelihara binatang penghalau hama tersebut agar takut dan menjauhi tanaman. Seperti membunuh ular di tengah sawah sebenarnya sebuah dilema, sebab binatang liar itu sendiri merupakan musuh para hama yang dapat hilang jika dimangsa.

Kecuali keberadaanya sudah amat menganggu sekali, maka Anda boleh memusnahkannya dan mengganti menyemprot tanaman padi dengan pestisida organik.

8. Proses Panen padi

Ketika padi sudah berumur 110-115 dari masa tanam dengan ditandai padi yang menunduk dan semakin berisi bijinya serta menguning sempurna, pertanda sudah bisa dipanen.

Jadi, cara menanam padi yang baik dan menguntungkan selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan harus segera dipanen dan jangan sampai telat, karena jika hal tersebut terjadi padi akan menjadi rapuh dan pada akhirnya roboh sia-sia. Ada tehnik pemanenan cara dan alat panen padi tradisional maupun modern.

Demikianlah beberapa cara menanam padi yang baik dan menguntungkan yang perlu dilakukan untuk menghasilkan padi yang bagus serta hasil yang berlimpah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.