Begini Cara Menggemukkan Sapi Secara Alami

73

Serambi Tani, Cara Penggemukkan Sapi – Bertenak sapi memang harus mengetahui mengenai seluruh hal yang berhubungan dengannya. Salah satu pengetahuannya mengenai makanan sapi. Dengan demikian akan menjadikan makanan yang diberikan akan mudah dicerna dengan baik. Tentu saja apabila hal ini dilakukan akan menjadikan sapi lebih mudah menambah berat badannya dan memberikan banyak keuntungan karena harga yang dibandrol lebih tinggi. Untuk itu berikut ini beberapa informasi mengenai cara menggemukkan sapi yang sebaiknya Anda ketahui.cara menggemukkan sapi

Cara Menggemukkan Sapi Secara Alami

Adapun cara menggemukkan sapi yaitu;

  • Anda bisa mulai mengetahui mengenai makanan yang hendaknya diberikan untuk menambah berat sapi. Ada dua jenis makanan yang dibisa dipilih yaitu daun tebu yang diberikan begitu saja dan merebus sentrat, katul dan garam yang direbus. Biarkan dingin baru diberikan kepada sapi tersebut. Dengan cara demikian akan membantu menjadikan sapi lebih berat dan siap dijual.
  • Pastikan untuk menjadikan kandang dalam kondisi bersih. Dengan demikian akan menjadikan kemudahan untuk menjaga kesehatan sapi. Tentu saja hal ini akan membantu uuntuk menjadikan sapi lebih sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuh sapi.
  • Mulailah untuk memilih makanan untuk sapi dengan kandungan alami. Dengan demikian akan menjadikan sapi lebih mudah mencerna makanan dan menambah berat badan sapi. Selain itu makanan organik akan lebih terjangkau dan juga mudah didapatkan. Anda bisa mulai dengan menanam rumput sebelum berternak sapi. Sehingga makanan tersebut yang akan diberikan sapi.
  • Pastikan untuk memilih jenis indukan sapi dengan bibit unggul. Dengan demikian akan mendapatkan sapi yang cukup mudah dikembang biakkan. Ada baiknya jika proses pemilihan bibit sapi yang tidak cacat dan juga sehat. Jika Anda tidak mengetahui mengenai informasi ini maka bisa meminta rekomendasi dari orang yang telah berpengalaman mengenai hal ini agar menghindari kesalahan yang ada.
  • Untuk menghindari kemungkinan sapi menjadi lebih mudah sakit dan mengalami kesehatan yang buruk saat Anda kembang biakkan. Maka mulailah untuk menggunakan vaksinasi saat pertama kali sapi datang ke kandang Anda. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter hewan agar proses pengembang biakkan menjadi lebih maksimal.
Baca juga:  Cara Ternak Sapi Potong Yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui mengenai cara menggemukkan sapi harus diketahui mengenai kunci suksesnya. Sehingga akan membantu untuk mendapatkan keuntungan yang sesuai keinginan Anda. Beberapa kunci sukses dari mengembang biakkan sapi yaitu:

  • Usahakan dimulai dengan memilih lahan yang tepat. Dengan demikian akan menjadikan sapi lebih nyaman tinggal dikandangnya. Beberapa syarat dari pemilihan lahan yang terbaik misalnya saja cukup sinar matahari pagi, luas, tidak lembab, sejuk dan dekat dengan makanan sapi tersebut.
  • Dalam pembuatan kandang harus sesuai dan juga tidak perlu terlalu rapat. Hal ini karena apabila terlalu rapat akan mengganggu sirkulasi udara yang dirasakan menjadi semakin rapat. Tentu saja hal ini menimbulkan sirkulasi udara tidak dalam kondisi baik dan lancar.
  • Ada baiknya apabila Anda memiliki komunitas berternak sapi. Sehingga akan menjadikan sapi menjadi lebih mudah untuk konsultasi dan juga bertanya mengenai berbagai pertanyaan yang sedang dihadapi.
Baca juga:  7 Jenis Pakan Ayam Alternatif Makanan Bergizi Ternak Ayam

Setelah segala informasi telah Anda ketahui maka diharapkan menggunakan cara menggemukkan sapi tersebut. Dengan demikian akan menjadikan Anda lebih mudah untuk menjadikan nilai jual kembali sapi yang telah dikembangbiakkan menjadi lebih tinggi. Hal ini karena bibit yang berkualitas dan memiliki berat yang sesuai. Tentu saja hal inilah yang memang diharapkan saat menjalani budidaya sapi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.