Cara Mudah Membudidayakan Terong Ungu dengan Media Polybag

0
53
Cara Budidaya Terong
Cara Budidaya Terong

Cara budidaya terong ungu dengan polibag – Siapa sih yang tidak mengenal terong ungu? Sayuran berwarna ungu ini mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern. Sudah banyak menu masakan yang di buat menggunakan bahan dasar terong ungu ini. Rasanya yang lezat dan manfaat yang terkandung didalamnya, menjadi alasan kenapa sayuran ini banyak digemari.

Perlu diketahui, cara budidaya terong ungu ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan polybag. Nah, ingin tahu bagaimana caranya?

Cara Mudah Budidaya Terong Ungu Dengan Polibag

 

  • Pemilihan Suhu.

Pemilihan suhu adalah satu syarat penting untuk membudidayakan terong ungu didalam polybag. Bila anda ingin membudidayakan terong ungu sendiri di rumah, Perhatikanlah tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari sekitar 22 sampai 30 derajat celcius, pilihlah ph keasaman tanah sekitar 6,3 hingga 7,3. Salah satu tipsnya yaitu lakukan saat awal musim kemarau.

  • Bibit unggul.

Anda dapat menggunakan bibit terong yang sudah tua untuk hasil terong ungu yang baik. Untuk mendapatkannya, anda bisa memanfaatkan biji dari terong yang telah tua dan membusuk di pohon. Jemur biji terong tersebut sekitar 4-5 hari lamanya. Jika anda tidak memiliki pohon terong, anda bisa membeli bibit terong di toko pertanian terdekat lalu pilih bibit terong apa yang anda inginkan, jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsanya ya, dan pilih bibit dalam kondisi yang baik.

  • Penyemaian.
Baca juga:  Panduan Sukses Budidaya Jeruk Purut Bagi Pemula

Bibit yang telah disiapkan bisa anda rendam dalam air hangat selama 10 menit. Siapkan tempat untuk penyemaian dengan luas tanah 50×50  lalu taburkan secukupnya dengan pupuk kandang atau anda bisa menggunakan pupuk kompos dengan perbandingan 3:1 dilanjutkan dengan memberikan bibit  yang telah direndam tersebut. Jika bibit masih tersisa, anda bisa menyimpannya jika sewaktu-waktu akan digunakan kembali atau menggantikan hasil penanaman yang gagal.

Buatlah penutup di tempat penyemaian agar terhindar dari hujan dan apapun yang dapat menggagalkan penyemaian, kurang lebih dengan tinggi 30-40 cm. Gulma pasti akan hadir, jangan lupa untuk mencabutnya juga menyiram tanaman terong ungu saat pagi dan sore hari hingga muncul 4-5 lembar sampai dapat dipindahkan kedalam polybag.

  • Media polybag.
Baca juga:  Cara Budidaya Padi Organik Di Lahan Dan Dengan Media Tanam Polybag

Siapkan polybag dengan benar karena akan menjadi inti penanaman. Anda bisa menyiapkan polybag dengan ukuran 40-50 cm lalu taburkan dengan tanah gembur dan sisakan 10 cm dari keseluruhan pada bagian atasnya. Berikan satu bibit untuk satu polybag ya. Letakan polybag ditempat yang teduh, dan biarkan terkena matahari setelah 2 hari.

  • Penanaman bibit terong ungu.

Buanglah daun-daun yang mati dan terserang penyakit, juga gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Buat lubang sekitar 5-10 cm pada tanah untuk memindahkan polybag. Bibit dapat dipindahkan kedalam polybag setelah tumbuh daun sekitar 4-5 lembar. Anda bisa mencabut bibit terong ungu secara perlahan tanpa merusak akarnya, namun jangan lupa untuk menyiramnya terlebih dahulu ya. Tipsnya yaitu lakukan pada sore hari agar suhu terong tidak terlalu panas dan lakukan penyiraman yang rutin.

  • Perawatan dan Panen.
Baca juga:  Tips Merawat Bunga Kalanchoe

Ingat untuk selalu menjaga kandungan air pada tanaman. Siram setiap pagi juga sore hari dan jangan lakukan penyiraman saat hujan. Berikanlah pupuk secara rutin agar pertumbuhan terong yang baik. Disarankan untuk menggunakan pupuk organik untuk hasil terong yang lebih sehat dan aman. Jangan lupa untuk selalu menyingkirkan daun yang terserang penyakit, gulma atau hal lainnya yang dapat menganggu pertumbuhan terong.

Setelah berumur 3-4 bulan, anda sudah bisa memanen terong yang dirasa telah siap. Terong akan memproduksi buahnya sendiri setelah 5 hingga 6 bulan. Anda bisa melakukan pemetikan kembali sekitar 3-7 hari. Lakukan pemetikan menggunakan tangan atau sesuatu yang tajam.

Nah bagaimana? tak sulit kan cara membudidayakan terong ungu dengan media poplibag? Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.