Cara Ternak Ayam Petelur

0
52
ternak ayam petelur
ternak ayam petelur via pelatihanayamkampung.blogspot.co.id

Serambi Tani – Dalam mengetahui mengenai cara ternak ayam petelur memang harus diketahui dengan benar mulai dari modal yang dibutuhkan dan juga resiko kerugian. Sehingga akan membantu mengenali bagaimana beternak ayam ini untuk menghasilkan keuntungan yang banyak. Khusus bagi ayam petelur khusus diambil telurnya. Untuk satu ayamnya akan menghasilkan telur sebanyak dua ratus butir selama satu tahun. Jika Anda ingin mengetahui mengenai cara ternak ayam petelur akan dapat diketahui beberapa informasi di bawah ini.

Adapun cara ternak ayam petelur yaitu:

1. Jenis telur ayam

Ada baiknya apabila Anda mulai mengenai jenis telur ayam yang ingin diternakkan.Sedikit informasi bagi Anda bahwa ada tiga jenis ayam petelur yaitu untuk warna yang putih dan coklat.Dengan demikian pastikan untuk memilih salah satu dan menempatkannya di dalam satu kandang. Apabila hal ini dilakukan untuk memaksimalkan proses pemeliharaan. Hindari untuk mencampurnya menjadi satu agar lebih optimal hasilnya.

Baca juga:  Cara Ternak Kambing yang Menguntungkan

2. Pemilihan bibit ayam petelur

Dalam proses pemilihan bibit ayam petelur memang harus dilakukan dengan memperhatikan beberapa kriteria. Beberapa kriteria yang sebaiknya Anda ketahui Anda lain yaitu mulailah memilih bibit dari induk yang sehat, berkualitas, bulunya memiliki tekstur yang halus, memiliki nafsu yang tinggi, berat badan ideal dan tidak memiliki kecacatan.

3. Kandang

Perlu Anda ketahui bahwa kandang ini memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini karena berhubungan dengan kondisi yang menimbulkan bau tidak sedap. Sehingga untuk mendukung kesehatan Anda, keluarga dan lingkungan sekitarnya. Maka pastikan harus memahami beberapa syarat berikut ini saat membuat kandang yaitu menjauhi area pemukiman sehingga akan menjadi lebih sehat dan menghindari suara bising. Anda juga mengetahui bahwa suara yang bising akan menyebabkan ayam tersebut menjadi mudah stress. Selain itu mudah untuk menjangkaunya dan juga permanen sehingga sebaiknya tidak sering berpindah-pindah.

Baca juga:  Inilah 4 Hewan Ternak yang Sangat Berpotensi Sukses Jika Dibudidaya

4. Pakan

Untuk pakan dari ayam petelur tersebut memang memiliki beberapa jenisnya. Misalnya saja tepung ikan, sentrat dan juga jagung. Sehingga akan menjadikan tubuh ayam menjadi bernutrisi. Hendaknya saat memberikan pakan Anda juga melakukannya dengan bervariasi.Seperti halnya Kita bahwa harus bervariasi agar ayam mau mengkonsumsinya.Dalam pemberian pakan juga harus dilakukan dengan teratur.

5. Minum

Saat minggu yang pertama hendaknya diberikan minum dengan menambahkan air gula dan obat yang menghindarkan stress. Anda juga harus memberikan air biasa untuk ayam dalam jumlah yang cukup. Perlu Anda ketahui bahwa jika pemberian minum atau pun pakan ini terlambat akan menyebabkan ayam menjadi stress. Ayam petelur yang stress akan menyebabkan terjadinya masalah seperti penurunan produksi dari telur yang dihasilkan.

6. Proses Perawatan

Ada dua hal yang hendaknya dilakukan sebagai proses perawatan setiap harinya. Tujuannya tentu saja untuk mendukung produksi telur tersebut, dua hal tersebut yaitu pembersihan kandang dengan rutin dan juga pemberian vaksinasi. Sehingga akan membantu untuk mendapatkan hasil terbaik yang sesuai dengan keinginan berupa keuntungan melimpah dari telur yang dihasilkan.

Baca juga:  Cara Ternak Budidaya Sapi Perah Penghasil Susu

7. Proses Pemindahan

Jika Anda membuat kandang pastikan untuk menyisakan satu tempat kosong. Dengan demikian akan membantu untuk dijadikan tempat terpisah bagi ayam yang sakit. Apabila Anda tidak memisahkan ayam yang sakit dan tidak maka akan menyebabkan terjadinya masalah kesehatan tersebut.

Dengan memperhatikan mengenai beberapa hal di atas akan membantu untuk meningkatkan keuntungan. Tak hanya bagi pemula saja namun juga Anda yang telah berpengalaman dalam hal ini. Sehingga akan mendapatkan hasil terbaik untuk kedepannya. Tentunya Anda tidak ingin bahwa ayam yang dirawat mengalami penurunan produksi telur bukan? Maka menggunakan dan memperhatikan mengenai berbagai cara diatas dirasakan penting untuk dijalani agar bisnis ayam petelur bisa sukses seperti yang diharapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.