Cara Ternak Ayam Potong Bagi Pemula

0
48

Serambi Tani, Cara Ternak Ayam Potong Bagi Pemula – Ayam potong menjadi salah satu makanan wajib yang biasanya dihidangkan di rumah. Bahkan di rumah makan yang ada di sekitar tempat tinggal Kita diketahui bahwa sangat banyak peminatnya. Sehingga kebutuhan akan ayam yang satu ini memang mengalami peningkatan. Namun tahukah Anda bahwa jika Anda mampu menangkap peluang usaha maka beternak yang satu ini bisa menjadi hobi yang sanggup menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah. Untuk itu berikut ini ulasan singkat mengenai ternak ayam potong bagi pemula. cara ternak ayam potong bagi pemula

Cara Ternak Ayam Potong

Adapun cara ternak ayam potong bagi pemula yaitu:

  • Pemahaman mengenai kandang ayam potong
    Hampir sama dengan ternak hewan lainnya yang ditentukan dari kandangnya. Maka ayam potong atau yang sering dikenal dengan nama ayam boiler ini juga mengharuskan kandang yang bersih, kering dan juga tidak lembab. Sehingga akan mendukung ayam untuk memiliki kemampuan bertahan hidup lebih lama. Tak hanya sampai disini saja bahwa ada baiknya kandang juga dilengkapi dengan sarana air bersih yang tercukupi, listrik dan tempat memiliki fasilitan untuk makan, minum atau pun bertelur.
  • Menganalisa modal yang dibutuhkan
    Sebagai pengusaha tentu saja segalanya harus dihitung dengan teliti begitupun dengan modal ternak ayam potong. Misalnya saja dalam membeli beberapa ekor anak ayam, vitamin, pembuatan kandang, air, listrik dan masih banyak lainnya. Jangan sampai Anda salah dalam melakukan perhitungan. Hal ini karena sedikit saja Anda meleset dari perkiraan akan membuat Anda mengalami kerugian yang besar.
  • Perawatan intensif
    Usahakan dalam menjalani perawatan agar anak ayam tersebut dapat tumbuh dengan baik. Maka mulailah untuk memahami dan menjalani proses perawatan dengan intensif. Misalnya mulai dengan proses penyesuaian dengan kandang yang baru, jenis kandang yang tepat, ukuran dan bentuknya. Dengan demikian akan mendukung anak ayam dapat hidup lebih lama dan berkembang biak secara baik. Untuk pemula mungkin saja Anda kurang memahami mengenai jenis vaksin apa yang sebaiknya dipilih. Namun jangan khawatir karena Anda bisa bertanya kepada peternak yang sudah senior dari Anda.
  • Pemberian vaksinasi
    Apabila anak ayam selama masa dua minggu dari awal pemeliharaan dapat bertahan hidup. Maka akan membantu untuk pemeliharaan lebih mudah untuk selanjutnya. Untuk itu usahakan setelah dua minggu masa pemelihaaraan pemberian vaksinasi setelahnya sangat penting dilakukan. Dengan demikian diharapkan ayam akan dapat tumbuh dengan baik dan hidup dalam waktu yang lama.
  • Pemahaman pada harga pasar
    Mulailah untuk memahami harga pasar sebelum mulai menjual ayam boiler yang siap panen. Dengan demikian tentu saja harga yang akan diberikan berbeda jika hari libur atau pun hari biasa. Tentu saja hal ini sangat penting diketahui. Sehingga akan memberikan keuntungan lebih. Akan tetapi meskipun demikian dalam berdagang haruslah senantiasa mengetahui harga pasar. Apabila hal ini dilakukan tentunya membantu untuk menjadikan persaingan dalam kondisi yang sehat.
  • Jenis usaha yang dipilih
    Dalam usaha menjalani ternak ayam boiler memang ada dua jenis usaha yang bisa dipilih. Pertama modal usaha ayam potong yang seluruhnya menggunakan modal sendiri sehingga keuntungan akan dinikmati secara utuh. Sedangkan cara kedua dengan jenis usaha ternak ayam potong kemitraan dimana perusahaan kemitraan ayam broiler yang akan membantu memberikan modal usaha dan Anda hanya menyediakan tempat. Untuk keuntungan ternak ayam broiler kemitraan yang diperoleh tentu saja atas kesepatakan antara kedua belah pihak.
Baca juga:  Cara Ternak Ayam Potong yang Baik dan Benar Dengan Cara Organik

Dengan segala informasi mengenai cara ternak ayam potong bagi pemula. Maka diharapkan melalui hal ini akan dapat membuka wawasan Anda. Sehingga tidak perlu bingung dalam menjalaninya karena ada pilihan baik saat Anda memiliki modal dalam jumlah yang banyak atau tidak karena anda juga bisa ternak ayam potong rumahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.