Cara Ternak Sapi Potong Yang Baik dan Benar

0
62

Serambi Tani, Cara Ternak Sapi Potong – Saat ini banyak orang sedang belajar mengenai cara ternak sapi potong yang baik dan benar. Hal ini karena kebutuhan akan sapi jenis ini memang mengalami peningkatan, selain itu perkembangan jaman dan teknology ikut andil dalam menghadirkan inovasi dan metode cara ternak sapi potong terbaru pun terus bermunculan. Terlebih pada masa musim haji yang identik dengan penyembelihan daging sapi. Untuk itu banyak bermunculan pengusaha yang khusus berternak sapi untuk dijual pada waktu tersebut. Berternak sapi ini memang tidak mudah karena membutuhkan beberapa tahapan seperti berikut:cara ternak sapi potong terbaru

Cara Ternak Sapi Potong

Adapun cara ternak sapi potong antara lain yaitu:

  • Lokasi perternakan
    Ada baiknya apabila Anda ingin fokus mengembangkan bisnis ternak sapi potong.Maka hal yang harus dilakukan pertama kali dengan memilih lahan untuk perternakan. Jika ingin mendapatkan sapi dalam kualitas yang bagus mulailah memilih lahan yang luas dengan sebelumnya ditanami rumput dalam jumlah yang cukup untuk makanan sapi. Akan tetapi apabila lokasi yang dimiliki tidak besar Anda bisa menyesuaikan ukurannya dan lebih fokus pada makanan yang disediakan untuk hewan ternak yang satu ini.
  • Kondisi kandang
    Langkah awal cara ternak sapi potong yang baik dan benar mulailah untuk memilih jenis kandang yang bersih, kering dan juga dalam kondisi yang terkena sinar matahari pagi secara langsung. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena biasanya apabila kandang dalam kondisi kotor dan juga tergenang. Maka akan memicu tumbuhnya penyakit yang dapat menyerang sapi. Sehingga kondisi kandang yang dekat dan dapat disinari cahaya matahari menjadi pilihan untuk menghindarkan sapi terjangkiti penyakit serta menjadikan sapi lebih sehat.
  • Kondisi binatang ternak
    Dalam memilih indukan awal untuk berternak sapi tentu saja harus dilakukan dengan lebih selektif. Pastikan memilih ternak dalam kondisi sehat dan juga tidak berpenyakit. Untuk ciri dari ternak yang sehat antara lain yaitu tubuh dalam kondisi yang besar dan jika dilihat dari jauh maka akan membentuk persegi, kualitas daging yang baik, mudah dalam pemasarannya, mudah dalam pertumbuhannya serta masih banyak lainnya.
  • Trik pemeliharaan yang tepat
    Untuk memelihara sapi agar dapat tumbuh dengan baik maka harus menggunakan beberapa trik yang tepat. Trik ini bisa dimulai dengan menyediakan sumber nutrisi dari makanan, minuman dan vitamin. Selain itu kandang yang jauh dari langsung terpapar sinar matahari, hujan dan juga senantiaisa dilakukan pengobatan saat mengalami penyakit.
  • Teknik pemberian pakan
    Dalam memberikan pakan memang harus dilakukan dengan benar. Hal ini karena sangat menentukan tubuh sapi menjadi lebih gemuk, sehat dan memiliki daya jual yang tinggi. Dalam pemberian pakan bisa dilakukan dalam beberapa cara misalnya saja dengan membebaskan sapi menikmati rumput yang ada di alam bebas, diberikan singkong atau makanan lainnya yang dicampur dengan garam dan kapus serta masih banyak lainnya.
  • Proses pengawinan
    Untuk memperbanyak populasi sapi maka ada baiknya untuk memiliki jenis sapi jantan dan betina. Jika sudah berumur sekitar delapan hingga dua belas bulan atau pun sudah memberikan tanda munculnya birahi. Dengan demikian proses pengawninan untuk mendapatkan kemudahan bahwa memperbanyak perkembangbiakan sapi tersebut.
  • Pemasaran
    Anda juga bisa memanfaatkan musim haji untuk memasarkan sapi yang dipelihara selama ini untuk dijual sebagai hewan kurban. Dengan demikian Anda akanmendapatkan keuntungan dalam proses membeli saat masih kecil. Selain itu cara pemasaran yang umumnya dilakukan dengan memanfaatkan kelompok tani yang dimiliki.
Baca juga:  5 Langkah Awal Budidaya Ayam Potong Agar Cepat Menghasilkan

Dengan mengetahui mengenai cara ternak sapi potong yang benar. Maka diharapkan bisa menjadi referensi untuk mendapatkan ilmu guna mengembangkan usaha yang dimiliki. Perlu Anda ketahui bahwa dalam menjalani usaha tentu saja harus dilakukan berdasarkan ilmu yang dimiliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.