Hama dan Penyakit Tanaman Selada Menyerang Kebun Anda! Begini Cara Pengendaliannya

0
92

Agribisnis Pertanian, Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Selada  Selada atau yang dalam bahasa latin Lactuca sativa, adalah salah satu tanaman sayur yang banyak digunakan untuk lalapan. Dalam pembudidayaan tanaman selada tentu ada saja kendala yang dihadapi seperti tanaman lainnya. Salah satu kendala bagi para petani dalam budidaya selada yaitu serangan hama dan penyakit. Hama dan penyakit pada tanaman selada perlu penanganan serius dan dilakukan sedini mungkin supaya tanaman selada tidak terserang hama dan penyakit agar mendapatkan hasil maksimal dan tidak mengakibatkan kerugian bagi para petani selada. Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Selada.pengendalian hama dan penyakit tanamam selada

Konten

Hama Tanaman Selada

Hama Jangel

Hama Jangel (Bradybaena similaris ferussac) binatang kecil yang hanya berukuran sekitar 2cm dan memiliki bentuk menyerupai siput ini perlu dikendalikan dan ditangani sedini mungkin untuk mendapatkan hasil panen selada yang maksimal, Jangel biasanya bersembunyi pada bagian pangkal daun bagian dalam dan menyerang daun tanaman segala umur.

Baca juga:  Jenis Tanaman Pangan Yang Ada Di Indonesia Serta Manfaatnya

Hama Tangek

Hama Tangek (Parmalion pupilaris humb) adalah hama yang daun yang harus dikendalikan saat musim panas karena hama ini biasanya menyerang tanaman selada saat musim kemarau. Binatang hama tanaman yang biasa menyerang daun tanaman ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan jangle namun bedanya hama ini tidak memiliki siput. Hama ini adalah hama penyebab terjadinya tangek yang mengakibatkan terciptanya lubang-lubang pada daun tanaman.

Kutu Daun

Hama Kutu Daun adalah penyebab daun tanaman selada menjadi mengerut lalu mengering karena kurang cairan akibat serangan yang dilakukan hama jenis ini. Untuk itu, agar tanaman selada tidak tumbuh kerdil tidak sempurna, ada baiknya  jika mengendalikan hama jenis ini dengan menggunakan insektisida sesuai dosis yang dianjurkan sejak tanaman selada masih berusia muda agar tidak mengganggu pertumbuhannya. tumbuh kerdil atau tidak sempurna.

Hama Thrips

Thrips juga merupakan jenis hama pada daun tanaman yang dapat menyebabkan daun pada tanaman selada menjadi kuning dan mengering dan akhirnya ujung tanaman selada pun akan mati. Menggunakan insektisida adalah cara untuk mengendalikan dan menghindari serangan hama jenis ini pada tanaman selada dengan dosis yang sesuai dengan yang dianjurkan.

Baca juga:  Permasalahan di Bidang Pertanian dan Solusinya

Penyakit Tanaman Selada

Busuk Lunak

Penyakit Busuk Lunak (Soft Rot) ini disebabkan oleh Bakteri Erwinia carotovora. Penyerangan bakteri ini biasanya di mulai dari tepi daun yang kemudian warna daun akan berubah warna menjadi cokelat hingga akhirnya layu. yang perlu diketahui adalah bakteri ini tidak hanya menyerang tanaman yang masih dalam keadaan ditanam saja, melainkan tanaman selada yang sudah dipanen dan siap dikrim ke konsumenpun bisa diserang oleh bakteri ini.

Busuk Batang

Tanaman selada yang terserang penyakit busuk lunak akan memiliki batang tanaman yang lunak serta mengandung lendir. Penyakit busuk lunak pada tanaman selada ini disebabkan oleh Cendawan Rhizoctonia Solani. Kemudian apabila kondisi keadaan lahan lembab, cendawan ini juga bisa menyerang tanaman penyemaian yang akan berujung tanaman selada bukan hanya busuk lunak saja tapi juga bisa terserang busuk akar juga. Untuk mencegah penyakit pada tanaman selada ini dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan lahan serta menjaga kelembapan lahan, jangan sampai lahan terlalu lembab. Jika tanaman terlanjur sudah banyak yang terserang dan sudah parah, lakukan pengendalian dengan menggunakan fungisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Baca juga:  Jenis Tanaman Hias Bunga Yang Digunakan Untuk Mempercantik Rumah

Busuk Pangkal Daun

Penyakit busuk pangkal daun disebabkan oleh Felicularia filamentosa yang menyerang pada bagian pangkal daun yang biasanya terjadi saat musim panen telah tiba. Untuk mengendalikan penyakit ini maka dapat dilakukan dengan cara melakukan penyemprotan pestisida alami ataupun pestisida kimia. Jika menggunakan pestisida kimia maka anda harus memperhatikan secara khusus lingkungan sekitar kebun anda. Selain dengan hal tersebut, lakukan pengendalian agar tanaman selada tidak terserang yaitu dengan menjaga kebersihan lahan, irigasi yang baik, melakukan rotasi tanaman demi memutus perkembangbiakan Felicularia filamentosa tersebut.

Demikian artikel pembahasan tentang Hama dan Penyakit Pada Tanaman Selada yang berjudul, Hama dan Penyakit Tanaman Selada Menyerang Kebun Anda! Begini Cara Pengendaliannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda para petani semuanya dan jangan lupa untuk mengikuti postingan-postingan kami berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.