Inilah 4 Hal yang Sering Dikeluhkan oleh Para Peternak Ikan

0
23

Serambi Tani – Sebagai peternak ikan, tentu akan banyak sekali masalah yang dikeluhkan. Ya meskipun hasil yang didapat dari beternak ikan sangat memuaskan, ternyata ada juga hal-hal menjadi permasalahan para peternak ikan. Masalah tersebut bermacam-macam da beragam jenisnya. Hanya peternak ikan sejati sajalah yang dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi. Berikut adalah 4 hal yang sering dikeluhkan oleh para peternak ikan.peternak ikan

1. Kesulitan Mencari Bibit Unggul

Hal pertama yang sering dikeluhkan oleh para peternak ikan adalah sulitnya mencari bibit unggul. Padahal bibit unggul merupakan salah satu hal yang paling diutamakan sebelum akhirnya memulai usahanya sebagai peternak. Masalah ini sangat sering sekali terjadi dan dikeluhkan. Para peternak ikan justru sering mendapat bibit-bibit biasa yang tidak berkualitas. Hal tersebut tentunya dapat mengaibatkan ikan-ikan yang dihasilkan tidak memiliki standar kualitas pasar. Alhasil ikan-ikan yang dihasilkan sangat sulit laku di pasaran. Para konsumen nantinya juga tidak mau memakan ikan-ikan yang sudah layu dan tidak segar.

Baca juga:  Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Bagi Pemula

2. Turunnya Harga Ikan di Pasaran

Semua peternak ikan tentunya akan sangat kesal jika melihat harga ikan turun di pasaran. Hal ini bisa disebabkan karena persaingan pasar yang semakin ketat dan juga turunnya minat konsumen terhadap ikan. Oleh karena itu untuk menarik kembali hati para konsumen untuk membelinya, para penjual ikan yang ada di pasaran akhirnya memutuskan untuk menurunkan harga ikan. Jika para penjual ikan di pasaran menurunkan harga jual ikan, sudah secara otomatis para peternak ikan juga akan menjual ikan yang telah dihasilkannya dalam harga murah. Masalah ini sering sekali terjadi dan dikeluhkan oleh para peternak ikan. Mereka tidak senang jika harga ikan turun Mereka justru senang jika harga ikan terus meningkat hari demi hari.

Baca juga:  Membuat Pakan Lele dari Ampas Tahu

3. Serangan Virus Berbahaya yang Menyebabkan Ikan Pada Mati

Terkadang kita sebagai peternak ikan harus senantiasa meneliti dan melindungi ternak ikan yang kita kelola dari serangan hama dan juga virus berbahaya. Karena jika dibiarkan begitu saja, kita tidak akan pernah tau jenis hama dan virus berbahaya apa saja yang hidup di kolam kita. Pemberian racun bakteri saja tidak cukup. Kita juga harus senantiasa memberikan ikan-ikan dengan suplemen vitamin agar terhindar dari serangan hama dan juga virus berbahaya. Karena jika terus menerus dibiarkan begitu saja, ikan-ikan yang anda budidayakan akan mati dengan sendirinya.

4. Hilangnya Ikan Karena Dicuri oleh Orang Tak Dikenal

Banyak peternak ikan khawatir akan hal yang satu ini. Sudah bersusah payah merawat dan memelihara ikan hingga tumbuh besar dan berkembang biak, eh malah dicuri oleh orang tak dikenal. Oleh karena itu perkuatlah keamanan di sekitar kolam ikan anda. Jangan membiarkan orang tak dikenal leluasa mencuri ikan yang telah anda hasilkan begitu saja. Lakukan patrol malam atau lindungi kolam ikan dengan cara menggembeoknya atau mensekat atap kolam ketika akan bepergian. Hal ini dilakukan agar para pencuri tidak bisa mencuri ikan yang telah anda hasilkan dengan bersusah payah. Atau jika anda ingin lebih mudah lagi, anda dapat memasang CCTV di sekitar kolam. Namun jika tidak memungkinkan jangan dipaksa. Karena untuk membeli CCTV anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Saya menyarankan nanti saja membelinya ketika ternak ikan anda sudah mulai berkembang dan menghasilkan banyak keuntungan.

Baca juga:  5 Strategi Jitu Sukses Menjadi Peternak Ikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.