Mengenal Jamur Kuping

71

Serambi Pertanian, Jamur Kuping – Jamur adalah salah satu tumbuhan yang tidak memiliki klorofil dan bersifat heterotrof.

Cara hidup jamur sebagian besar hidup sebagai parasit dan menyerap zat oraganik dari lingkungan melalui hifa dan miseliumnya untuk memperoleh makanannya agar dapat tumbuh.

Ciri-ciri, bentuk dan warna jamur berbeda-beda sesuai dengan jenisnya.

Sebagian jamur tidak dapat dimakan karena mengandung racun dan berbahaya bagi tubuh, dan sebagian lainnya dapat dikonsumsi dengan aman.

Jamur konsumsi dikenal sebagai salah satu makanan sehat jika di masak. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat pada jamur sangat beragam mulai dari kalium, karhohidrat, vitamin dan kalsium.

Salah satu jamur yang dapat dikonsumsi dengan aman dan bahkan menyehatkan yaitu jamur kuping.

Jamur kuping cukup dikenal sebagai salah satu bahan resep masakan sehat dan memiliki banyak manfaat bila dikonsumsi dengan baik.

Untuk mengenal lebih jauh, kali ini admin hulu-hilir.com akan coba membahas jamur yang satu ini untuk lebih mengenal tentang Jamur Kuping.

Ciri ciri jamur kuping

  • Ciri-ciri jamur kuping yaitu berwarna merah atau coklat kehitaman, hitam gelap, dan ada juga yang berwarna putih.
  • Memiliki bentuk seperti mangkuk atau seperti kuping manusia.
  • Jamur kuping akan menjadi kering seperti tulang tapi tipis jika dalam keadaan kering.
  • Memiliki tekstur tubuh yang kenyal dalam kondisi basah.


Ketahanan jamur kuping yang baik dapat bertahan hingga beberapa hari. Namun, jika disimpan dan diolah dengan baik, jamur dapat bertahan hingga satu minggu dalam penyimpanan. Sedangkan jika disimpan dalam kondisi kering, jamur kuping dapat disimpan hingga hitungan bulan lamanya. Ciri ciri jamur kuping busuk dan tidak layak konsumsi hampir sama dengan kebanyakan jamur lainnya antara lain yaitu warna yang mencolok, bau menyengat, berubah warna dari aslinya.

Seperti ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas, jenis jamur kuping terdapat tiga macam yaitu jamur kuping hitam, putih dan merah seperti yang diuraikan dibawah ini.

Jenis-jenis Jamur Kuping

Berikut ini adalah tiga jenis jamur kuping menurut Wikipedia.

Jamur kuping putih

gambar jamur kuping putih
gambar jamur kuping putih

Jamur kuping putih adalah salah satu spesies dari kelas Heterobasidiomycetes dengan tubuh buah seperti berbentuk rumbai-rumbai tidak beraturan, berwarna putih dan sangat bening seperti agar-agar. Dalam bahasa Tionghoa, jamur kuping putih dikenal sebagai 银耳 atau 白木耳. Banyak petani jamur yang menjalankan bisnis budidaya jamur kuping putih.

Jamur kuping hitam

Jamur kuping hitam adalah salah satu spesies jamur dari kelas Heterobasidiomycetes dengan bentuk menyupai daun telinga manusia. Berbeda dengan jamur kuping putih, jenis jamur kuping hitam memiliki warna gelap yaitu HITAM. Dalam bahasa Tionghoa, jamur kuping hitam dikenal sebagai 云耳, 毛木耳 atau 木耳. Jamur kuping hitam banyak digunakan sebagai bahan dalam masakan Asia.

gambar jamur kuping hitam
gambar jamur kuping hitam

Manfaat jamur kuping hitam dalam dunia memasak biasa digunakan sebagai salah satu bahan resep cara membuat capcay. Di sebagian besar restauran menggunakan jamur kuping hitam kering. Hal ini dikarenakan jamur kuping hitam tahan hingga berbulan-bulan lamanya jika disimpan dalam kondisi kering.

gambar jamur kuping hitam kering
gambar jamur kuping hitam kering

Jamur kuping merah

gambar jamur kuping merah
gambar jamur kuping merah

Jamur kuping merah adalah salah satu spesies dari kelas Heterobasidiomycetes dengan tubuh buah berwarna coklat tua kemerahan dan berbentuk mirip sekali dengan daun telinga manusia. Tubuh buah bertekstur kenyal dan di alam bebas tumbuh di batang pohon mati yang basah dan lembap.

Kandungan Gizi

Table kandungan gizi yang terdapat pada jamur

Jumlah Per100 g
Kalori (kcal)22
Jumlah Lemak 0.3 g
Natrium5 mg
Natrium5 mg
Kalium318 mg
Kolesterol0 mg
Natrium5 mg
Kalium318 mg
Jumlah Karbohidrat 3.3 g
Serat pangan1 g
Gula2 g
Protein per 31 g
Vitamin A0 IUVitamin D7 IU
Vitamin B60.1 mgZat besi0.5 mg
Vitamin B120 µgKalsium3 mg
Vitamin C2.1 mgMagnesium9 mg

Apa saja manfaat jamur kuping?

Manfaat Jamur Kuping keseluruhan antara lain adalah:

  • Dapat melancarkan pencernaan.
  • Meringankan gejala wasir.
  • Baik untuk menurunkan berat badan. Mencegah anemia.
  • Melancarkan sirkulasi darah.
  • Aman dikonsumsi penderita diabetes.
  • Menurunkan kadar kolesterol.
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Jamur kuping kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang merupakan penyebab berbagai macam penyakit. Jamur kuping juga memiliki manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan kadar kolesterol. Itu sebabnya jamur kuping dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Manfaat jamur untuk kesehatan dan kecantikan masih dipercaya banyak orang hingga saat ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.