Jenis Tanaman Hidroponik yang Memiliki Nilai Jual tinggi

0
280
Jenis Tanaman Hidroponik
Jenis Tanaman Hidroponik

Jenis tanaman hidroponik – Ada berbagai jenis tanaman hidroponik yang dapat dibudidayakan namun dari berbagai jenis tanaman hidroponik ada jenis tanaman hidroponik yang memiliki harga jual tinggi dan ada pula yang harga jualnya tidak terlalu tinggi. Hidroponik merupakan teknik budidaya tanaman (buah, sayur dan bunga) dengan memanfaatkan air dan tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Hal ini bertujuan untuk menekan pemenuhan kebutuhan mineral dan nutrisi pada tanaman sehingga tanaman bisa tumbuh dengan lebih maksimal.

Saat ini, bercocok tanam dengan metode hidroponik merupakan pilihan yang tepat untuk memperoleh sayuran dan buah-buahan di lahan yang terbatas atau sempit. Ditambah lagi dengan kondisi Indonesia yang beriklim tropis adalah tempat yang cocok untuk menerapkan metode ini.

Sebenarnya, banyak sekali jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan metode hidroponik. Tapi, karena potensi bisnisnya yang cukup menjanjikan. Banyak orang hanya memilih jenis tanaman hidroponik yang memiliki harga jual tinggi untuk dibudidayakan.

Baca juga:  Jenis Tanaman Sayuran Dan Manfaatnya

Bicara tentang pertanian hidroponik, berikut adalah beberapa jenis tanaman hidroponik yang mempunyai nilai jual tinggi dan cepat dalam proses pertumbuhan dan pemanenannya.

Jenis Tanaman Hidroponik yang Memiliki Nilai Jual tinggi, Sehingga Menguntungkan Jika Dibudidayakan.

1. Selada Hijau

Selada Hidroponik
Selada Hidroponik

Sayuran hijau muda dan sedikit manis ini merupakan jenis sayuran yang sangat cocok ditanam dengan metode hidroponik. Sebab, selada tidak membutuhkan perawatan yang ekstra dan waktu yang lama.

Selama ini tanaman ini sering kali dimanfaatkan sebagai rajanya salad karena dari segi teksturnya yang sangat halus. Sehingga banyak dipasok ke pedagang burger dan restoran yang menggunakan selada sebagai lalapan. Permintaan pasar yang sangat tinggi menjadikan selada sebagai bisnis yang menjanjikan. Sebagai tambahan untuk merangsang pertumbuhan selada agar tumbuh lebih cepat yakni dengan memotong daun bagian luar. Dengan begitu daun bagian dalam akan segera tumbuh dan menggantikan daun sebelumnya.

Baca juga:  Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga Serta Fakta Menarik Tentang Bunga Anggrek

2. Terong

Tanaman terong merupakan salah satu jenis tanaman yang biasa sering dimanfaatkan sebagai bahan kuliner masakan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, anda bisa menanam terong dengan metode hidroponik. Dan juga jangan lupa untuk memberikan perawatan yang rutin setiap harinya.

Jenis tanaman hidroponik ini mengandung banyak senyawa antioksidan dan kandungan vitamin B yang tinggi, sehingga dapat mencegah terjadinya kanker usus. Permintaan akan jenis tanaman hidroponik ini semakin hari semakin meningkat sehingga sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai sumber penghasilan.

3. Strawberry

Strawberry Hidroponik
Strawberry Hidroponik

Strawberry merupakan salah satu tanaman hidroponik buah-buahan dan merupakan buah yang banyak mengandung vitamin c. Biasanya tanaman ini tumbuh di daerah dataran tinggi. Saat ini buah strawberry banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jenis makanan seperti produk minuman, produk selai dan aneka produk pemanis. Oleh karena itu, jenis tanaman hidroponik yang satu ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Baca juga:  Jenis Sayuran Hidroponik Yang Sangat Cocok Untuk Dicoba

Tahukan anda kalau penanaman strawberry dengan metode hidroponik ini dapat menghasilkan buah yang lebih banyak? Hal ini dikarenakan dengan menerapkan metode hidroponik ini tanaman bisa menyerap nutrisi lebih banyak, sehingga pertumbuhan dan perkembangannya akan lebih optimal.

4. Semangka

Selain sayuran, beberapa jenis buah-buahan juga bisa ditanam dengan metode hidroponik. Salah jenis tanaman buah hidroponik adalah semangka. Buah tersebut sangat cepat menghasilkan buah saat ditanam menggunakan metode hidroponik. Karena manfaatnya yang begitu banyak untuk tubuh dan kesehatan, semangka menjadi jenis tanaman hidroponik yang mempunyai potensi bisnis cukup tinggi.

Itulah diatas beberapa jenis tanaman hidroponik yang memiliki nilai jual tinggi, dan menguntungkan bila dibudidayakan. Sebagai permulaan, anda bisa mencoba menanam di kebun atau di pekarangan sekitar rumah anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.