Jenis Tanaman Pangan Yang Ada Di Indonesia Serta Manfaatnya

0
77

Serambi Tani, Jenis tanaman pangan – saat ini tanaman pangan yang ada di Indonesia sudah mulai menjadi salah satu kebutuhan pokok yang memang sudah tidak dipungkiri lagi, bagaimana tidak bahwa sumbernya tersebut sudah berasal asli dari tanah Indonesia sendiri.

Namun sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya perihal tanaman pangan yang dimaksud itu seperti apa dan bagaimanan cara membedakannya, untuk itu disini saya akan coba jelaskan.

Apa yang dimaksud dengan tanaman pangan?

Tanaman pangan adalah segala jenis tanaman yang di dalamnya terdapat karbohidrat dan protein yang dapat digunakan sebagai sumber energi bagi manusia. Tanaman pangan merupakan tanaman pokok manusia untuk dikonsumsi dan menjadi sumber energi.

Nah bila anda penasaran apa saja jenis tanaman pangan yang ada ini, tentunya jawaban yang paling tepatnya yaitu ada dipenjelasan artikel bawah ini, silakan simak baik-baik.Jenis Tanaman Pangan di Indonesia

Jenis Tanaman Pangan Dan Nama Latinnya

1. Padi (Oryza sativa)

Pasti anda sudah tidak asing lagi yang namanya dengan padi, tanaman yang satu ini sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari oleh masyarakat besar Indonesia, hal ini dikarenakan padi mentah bisa di olah menjadi nasi sehingga nantinya nasi tersebut akan dikonsumsi oleh banyak orang. Nah apabila padi sudah menjadi salah satu pentingnya dalam pangan masyarakat, maka jangan heran bila pemerintah telah melakukan pengembangan tanaman ini agar bisa memiliki hasil yang sangat melimpah, bahkan juga telah menjadi salah satu prioritas bagi banyak orang untuk menjadikannya sebagai salah satu ketahanan pangan. Tahukah anda bahwa pada awalnya padi sering sering dikembangkan melalui sistem ladang tanpa pengairan sekalipun, setelah permintaan pasar statistik menunjukan bahwa padi memiliki kebutuhan yang sangat penting sekali, maka pemerintah memberikan keunggulan yang sangat intensif sekali yakni dengan menyuguhkan pengairan setiap ladang agar hasil panen bisa lebih melimpah.

Baca juga:  5 Alasan Mengapa Media Tanam Padi Indoor Farming Yang Akan Digunakan Petani Di Masa Datang Termasuk Di Indonesia

2. Ganyong (Canna edulis)

Apakah anda selama ini pernah mendengar yang namanya tanaman ganyong, jika anda pernah dengar pastinya sudah tidak heran lagi sebab ganyong adalah termasuk golongan jenis umbi-umbian yang sering tumbuh pada lahan tandus dalam artian dapat tumbuh pada tanah yang mengandung sedikit unsur air, jadi hal ini bisa dijadikan sebagai tanaman pangan yang lebih cocok untuk alternatif lainnya. Hal ini pastinya akan memberikan  dampak yang sangat baik sekali bagi masyarakat luas yang bertempat tinggal pada daerah yang tandus, sebab ganyong bisa dimanfaatkan sebagai kebutuhan pokok sehari-hari, selain mudah ditanam bahkan tidak perlu membutuhkan keterampilan khusus dalam merawatnya. Tidak hanya itu saja, akan tetapi tanaman seperti ini memiliki daya tahan yang sangat kuat, artinya tahan terhadap serangan hama apapun, berbeda dengan tanaman padi.

Baca juga:  Cara Menanam Padi Yang Baik dan Menguntungkan

3. Jagung (Zea mays)

Jenis tanaman pangan dengan nama lainnya Zea mays ini sudah menjadi komoditas oleh masyarakat luas, sebab dengan adanya jagung anda dapat mengonsumsinya sebagai kebutuhan pokok pengganti karbohidrat dalam tubuh manusia, bahkan manfaat lain yang ada pada jagung yakni memiliki nilai gizi yang sangat bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh, hal ini tentunya berbeda sekali dengan beras. Tahukah anda bahwa tanaman jagung ini sebenarnya sudah ditanam ribuan tahun silam yang berasal dari Amerika, untuk di Indonesia sendiri jagung pertama kali dibawah oleh masyarakat portugis dan setelah ditanam akan sangat subur sekali di masyarakat indonesia.

4. Singkong (Manihot esculenta)

Sekarang tanaman singkong telah termasuk sebagai kategori tumbuhan pangan yang sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat indonesia, untuk kegunaan singkong telah menjadi salah satu komoditas penting dalam suatu industri maupun individu masyarakat tertentu, bahkan kandungan manfaat yang ada pada singkong bisa dibilang sangat banyak sekali terutamanya adalah mengandung tinggi karbohidrat dan mempunyai indeks glikemik gula yang rendah, berbeda sekali dengan jagung. Perlu diketahui juga singkong memiliki rasa yang lezat sekali, sehingga tak heran juga ada banyak masyarakat pedesaan yang memanfaatkan singkong sebagai salah satu olahan masakan dengan rasa yang nikmat sekali, terutamanya adalah olahan singkong khas Banyumas yang terkenal dengan getuk goreng sangat nikmat dan lezat.

Baca juga:  Cara Pengeringan Budidaya Vanili

Demikianlah penjelasan artikel mengenai jenis tanaman pangan di Indonesia yang bermanfaat sebagai kebutuhan pokok, semoga dengan menyimak artikel di atas anda dapat mendapatkan dampak yang positif, bila dirasa informatif silakan bagikan juga ke media sosial lainnya. Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.