Kesumba Keling, Tanaman Hias Penghasil Warna Alami Nan Cantik yang Memiliki Banyak Manfaat dan Khasiat

248

Kesumba Keling (Bixa orellana) – Kesumba keling adalah salah satu jenis tanaman liar yang keberadaannya kini sudah banyak dijadikan sebagai salah satu jenis tanaman hias dirumah ataupun dipelataran rumah. Kesumba keling selain dijadikan sebagai tanaman hias yang cantik juga memiliki manfaat sebagi tumbuhan penghasil warna alami yang dapat digunakan untuk berbagai produk dipasaran.

Pewarna alami yang dihasilkan dari kesumba keling dapat digunakan untuk mewarnai berbagai produk dipasaran yang saat ini lebih banyak didominasi penggunaan pewarna sintetis.Kesumba Keling, tanaman hias penghasil warna Alami nan canti yang Memiliki Banyak Manfaat dan Khasiat

Asal tanaman Kesumba keling adalah dari negara Brazil namun banyak juga tumbuh di wilayah Indonesia seperti di wilayah Ambon, Madura, Sulawesi Selatan dan Jawa.

Dalam bahasa Latin, tanaman kesumba keling disebut dengan Bixa orellana. Nama Bixa orellana diambil dari Francisco de Orellana yang merupakan seorang penjelajah Sungai Amazon asal Spanyol yang bernama Francisco de Orellana. Menurut wikipedia, sebutan penduduk Amerika untuk kesumba keling adalah Lipstick tree.

Ciri – ciri tanaman kesumba keling adalah bentuknya bentuk buahnya yang berwarna merah cantik dan berbulu menyerupai buah rambutan hanya saja bentuknya yang condong berbentuk segitiga sedangkan buah rambutan berbentuk bulat, berdaun kecil berwarna merah muda atau putih dengan tinggi 2-8 meter.

Selain cantik dan indah dijadikan sebagai tanaman hias, Kesumba keling memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat yang bisa dimanfaatkan mulai dari bijinya yang dapat dimanfaatkan sebagai penghasil warna alami yang dapat diambil dari hasil rendaman kulit dan biji kecil didalam buah yang memiliki warna merah, serta daun dan batangnya yang memiliki khasiat bagi kesehatan karena Kandungan kimia dan efek farmakologis kesumba keling didalamnya bermanfaat bagi kesehatan antara lain untuk penurun panas, diare, perut kembung, masuk angin dan beri-beri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.