Manfaat dari tanaman TOGA biji beserta gambar

52

Tanaman memiliki beragam fungsi dan manfaaf masing-masing. Mulai dari biji tanaman, akar, batang, daun hingga buah memiliki manfaat yang berbeda.

Menurut Wikipedia, tanaman dibedakan berdasarkan kelompok masing-masing menjadi 8 kelompok yaitu:

  1. Serealia, tanaman pangan utama penghasil biji-bijian
  2. Kacang-kacanganTanaman buah, penghasil buah-buahan
  3. Tanaman sayuran, penghasil sayur-mayur
  4. Tanaman industri, penghasil bahan baku industri (pewarna, karet, dan sebagainya)
  5. Tanaman rempah, penghasil rempah-rempah
  6. Tanaman umbi-umbian, penghasil umbi yang dapat dimakan
  7. Tanaman serat, untuk menghasilkan serat yang digunakan untuk keperluan tertentu, seperti pembuatan tekstil dan kertas
  8. Tanaman obat-obatan
  9. Tanaman penghasil minyak atsiri

Berdasarkan kelompok tanaman obat-obatan, ada beberapa jenis tanaman yang biasa dijadikan sebagai tanaman obat keluarga (TOGA). Tanaman obat-obatan sendiri ada banyak sekali jenisnya. Tanaman obat keluarga atau yang biasa disingkat TOGA. Ketahui beragam manfaat dari tanaman toga biji beserta gambarnya yang akan Serambi Pertanian urai dibawah ini.

Baca juga:  5 Manfaat Bunga Pepaya Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat dari tanaman toga biji beserta gambar yang ada diantaranya:

1. Kecubung (Datura metel)

manfaat-dari-tanaman-toga-biji-kecubung
manfaat-dari-tanaman-toga-biji-kecubung

Pasti anda sudah tidak asing dengan nama tanaman kecubung. Beberapa Khasiat dan Manfaat dari biji buah kecubung dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit asma, bisul, dan anus turun.

2. Kapur barus (Dryobalanops aromatica Gaertn.)

pohon-kapur-barus
pohon-kapur-barus

Kapur barus mungkin lebih dikenal sebagai pewangi ruangan. Namun, selain untuk pengharum ruangan biji dari pohon kapur barus juga memiliki manfaaat lain yaitu sebagai obat. Kapur barus (Dryobalanops aromatica Gaertn.) memiliki manfaat untuk mengobati gangguan pencernaan.

3. Pinang (Areca catecha L.)

manfaat tanaman biji pinang
manfaat tanaman biji pinang

Pinang atau maman adalah salah satu jenis tumbuhan monokotil yang merupakan famili Arecaceae pada ordo Arecales dan termasuk kedalam golongan tanaman palem-paleman ini merupakan salah satu tanaman dengan nilai ekonomi.

Selain memiliki nilai jual tinggi, tanaman pinang juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat tanaman pinang yaitu tepung biji pinang yang dapat dijadikan sebagai tanaman obat keluarga (TOGA) yang berkhasiat sebagai obat antelmentika, terutama terhadap cacing pita.

Baca juga:  5 Manfaat Bunga Pepaya Untuk Kesehatan

4. Kedawung (Parkia biglobosa Bentham)

Manfaat Dari Tanaman Toga Biji
Manfaat Dari Tanaman Toga Biji

Salah satu tanaman yang dianggap tanaman sebagai obat penting dalam industri jamu yaitu kedawung. Tanaman obat ini biasa digunakan sebagai bahan obat dan jamu, terutama bijinya. Beberapa manfaat Dari Tanaman Toga Biji kedawung adalah sebagai bahan obat sakit perut, mulas, diare, dan bersifat astringensia.

5. Pala (Myristica)

Manfaat Dari Tanaman Toga Biji PALA beserta gambarnya
Manfaat Dari Tanaman Toga Biji PALA

Pala merupakan tumbuhan yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Pala adalah salah satu tanaman rempah-rempah yang memiliki nilai jual tinggi, Buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting dari hasil perkebunan. Tanpa saya sertakan gambar diataspun saya yakin anda sudah tahu bahwa umumnya pala digunakan sebagai salah satu bahan bumbu memasak.

Baca juga:  5 Manfaat Bunga Pepaya Untuk Kesehatan

Namun, selain untuk bahan bumbu masakan, pala juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat tanaman dari biji pala yaitu untuk mengatasi perut kembung, sebagai stimulansia setempat terhadap saluran pencernaan, bahan obat pembius, menyebabkan rasa kantuk, dan memperlambat pernapasan.

6. Jamblang (Eugenia cumini Merr).

Manfaat Dari Tanaman Toga Biji jamblang
Manfaat Dari Tanaman Toga Biji jamblang

Manfaat Dari Tanaman obat keluarga (Toga) Biji selanjutnya yaitu biji dari tanaman jamblang. Jamblang atau yang lebih dikenal dengan sebutan duwet merupakan salah satu tanaman obat keluarga yang memiliki manfaat. Salah satu manfaat tanaman biji duwet yaitu sebagai bahan obat untuk menyembuhkan penyakit kencing manis (diabetes).

Itulah beberapa manfaat dari tanaman toga biji beserta gambar yang dapat kami uraikan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.