18 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan dan Kecantikan

808
manfaat jamur tiram
manfaat jamur tiram

Saya yakin, sebagian besar sudah tahu jenis jamur tiram yang memiliki ciri-ciri berwarna putih dan berukuran lebar ini tapi belum tentu tahu manfaat jamur tiram.

Tapi tahukah kalo ternyata selain enak untuk dikonsumsi, manfaat jamurtirammenurut para ahli untuk kesehatan dan kecantikan juga banyak loch…

Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram bukan hanya nikmat dikonsumsi tapi juga mengandung nutrisi penting bagi tubuh seperti protein, karbohidrat, zat besi dan vitamin.

Berikut ini komposisi kandungan gizi jamur tiram;

Kandungan Gizi Jamur Tiram

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kalori
  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Zat Besi
  • Kalsium

Manfaat jamur tiram menurut para ahli

Menurut sebuah penelitian para ahli gizi yang diterbitkan dalam Food Chemistry, jamur tiram mengandung kadar seng, besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin C, asam folat, niasin, dan vitamin B-1 dan B-2. Dalam studi tersebut para ahli menyimpulkan bahwa mengonsumsi jamur tiram sebagai bagian dari diet sehat bisa mendukung sistem kekebalan tubuh.

Apa saja manfaat jamur tiram?

Berikut ini akan saya jelaskan manfaat jamur tiram utk kesehatan dan kecantikan menurut para ahli di bidang kesehatan;

Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan

Khasiat jamur tiram putih untuk kesehatan sangat banyak sekali. Apa saja manfaat jamur tiram utk kesehatan jika mengkonsumsi jamur yang satu ini?

Berikut ini beberapa diantaranya;

1. Pengendali Kolestrol Jahat Salah satu manfaat jamur tiram adalah mengobtrol kolestrol jahat. Nilai gizi jamur tiram setara dengan daging. Hanya saja, yang membedakannya adalah kandungan kolestrol di dalamnya yang hanya 0%. Kelebihan jamur tiram jika dibandingkan dengan daging adalah jamur tiram dapat memberi asupan gizi yang cukup tanpa menambah kolestrol jahat pada tubuh. Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh United Statates Drugs and Andmiration juga membuktikan bahwa mengonsumsi jamur tiram secara rutin dapat menurunkan kadar koletrol jahat pada tubuh.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh Manfaat jamur tiram sudah dapat dibuktikan oleh para ahli kesehatan. Kandungan vitamin C yang terkandung dalam jamur tiram berperan penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tidak hanya itu, jamur tiram juga mengandung magnesium yang juga baik untuk tubuh. Kandungan-kandungan gizi tersebut membuat beberapa ahli merekomendasikan mengonsumsi tumbuhan ini secara teratur agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

3. Membantu Melawan Radikal Bebas Jamur tiram disinyalir mengandung senyawa yang cukup penting dan dibutuhkan oleh tubuh yakni riboflamin, niacin dan selenium. Antioksidan yang terkandung di dalam jamur tiram dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak.

4. Penghancur Virus Tumor Zat besi yang terdapat pada jamur tiram memiliki peranan penting yang membantu pertumbuhan limfosit. Kandungan senyawa ini di dalam jamur tiram berfungsi untuk menghancurkan sel-sel tumor atau virus penyakit. Bagi kaum laki-laki, setidaknya harus mengkonsumsi 8 miligram zat besi setiap harinya sedangkan untuk kaum wanita membutuhkan 18 miligram. Satu cangkir jamur tiram memiliki presentasi 12 persen dari asupan sehari-hari untuk pria dan 6 persen bagi wanita.

5. Mengurangi Resiko Kanker Prostat Jamur juga mengandung selenium yang bermanfaat untuk mencegah kanker prostat.

Dalam suatu penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 2 kali porsi jamur dalam sehari dapat menurunkan resiko kanker prostat.

Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Lainnya

6. Asupan Nutrisi untuk Ibu Hamil
7. Sumber Protein Alternatif
8. Membantu Melindungi Jantung
9. Menurunkan Tekanan Darah
10. Pencegah Penyakit Kanker Payudara 11. Anti Bakteri
12. Dapat Mengatasi Liver
13. Dapat Menurunkan Berat Badan

Cara Memanfaatkan Jamur Tiram untuk Kesehatan

Cara memanfaatkan Jamur tiram untuk kesehatan sangat mudah. Jamur tiram dapat dijadikan keripik yang nikmat sebagai camilan. Rasanya yang nikmat tidak mengalahkan kandungan manfaat untuk kesehatannya yang cukup banyak. Jika mengonsumsi jamur ini secara rutin, maka akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

Manfaat Jamur Tiram untuk Kecantikan

Manfaat jamur tiram putih untuk kecantikan antara lain:

1. Mengatasi jerawat – Masker jamur bisa mengatasi jerawat karena jamur mengandung vitamin D yang dipercaya ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan kulit. Itulah sebabnya banyak produk perawatan wajah yang menggunakan ekstra jamur.

2. Membuat kulit menjadi halus – Jamur  mengandung zat polisakarida yang dapat sangat berguna untuk menghaluskan kulit secara alami sehingga. Dengan menggunakan masker jamur secara rutin dapat membuat kulit menjadi halus terawat.

3. Sebagai pelembab – Jamur mengandung senyawa asam hyaluronic dimana senyawa ini berguna karena dapat menjadi pelembab alami. Dengan sering melakukan tretmen masker jamur, kulit akan selalu terjaga kelembabannya.

4. Mencegah Kulit Keriput – Zat senyawa asam hyaluronic yang ada pada Jamur juga bermanfaat dapat mencegah kulit keriput. Dengan menggunakan masker jamur pada malam hari seminggu dua kali, wajah akan lebih kencang dan terhindar dari kulit keriput.

5. Mencegah Penuaan Dini – Masker jamur tidak hanya bermanfaat menghaluskan kulit tapi juga bermanfaat dapat mencegah penuaan dini. Hal ini karena kandungan asam hyaluronic pada jamur yang berfungsi melembabkan kulit sehingga kulit akan senantiasa halus dan lembut.

Manfaat Jamur Tiram untuk Kecantikan Lainnya

6. Melembutkan kulit
7. Sebagai masker wajah
8. Pelembab Alami
9. Mempercepat proses penyembuhan kulit 10. Melindungi Kulit dari bahaya Sinar UV
11. Mencegah Kanker Kulit
12. Menjaga dan mengembalikan Elastisitas Kulit.
13. Membuat kulit Tetap Terlindungi dari penyakit kulit
14. Mencegah Jerawat
15. Mencegah Panuan
16. Mengencangkan Kulit
17. Baik untuk Ibu Hamil
18. Cocok bagi orang yang sedang diet.

Cara Memanfaatkan Jamur Tiram untuk Kecantikan

Cara memanfaatkan jamur tiram untuk kecantikan dapat dilakukan dengan cara dijadikan masker. Untuk membuat masker jamur juga tidaklah sulit. Langkah pertama yaitu bersihkan jamur, kemudian blender jamur dengan sedikit air hingga halus. Kemudian oleskan pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Masker jamur dapat mengatasi jerawat karena jamur mengandung vitamin D yang dipercaya ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan. Hal ini pula yang membuat banyak produk perawatan wajah yang menggunakan ekstra jamur.

Efek Samping Mengkonsumsi Jamur Tiram

Selain memiliki manfaat dan kegunaan yang baik bagi tubuh manusia, jamur tiram juga tentunya memiliki efek samping yang harus diperhatikan. Untuk masalah efek samping jamur tiram lebih baik konsultasikan langsung dengan ahlinya. Demikianlah ulasan tentang manfaat jamur tiram dalam kehidupan sehari hari yang dapat admin serambi tani sampaikan. Semoga bermanfaat!!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.