5 Manfaat Tumbuhan di Bidang Kesehatan

75

Berbagai manfaat tanaman bagi kehidupan manusia sangat banyak sekali. Salah satunya yaitu, manfaat tumbuhan di bidang kesehatan.

Mau tahu, apa saja manfaat tumbuhan di bidang kesehatan? Yuk simak di bawah ini beberapa tanaman tumbuhan yang bermanfaat di bidang kesehatan:

Beberapa manfaat tanaman tumbuhan di bidang kesehatan

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat tumbuhan di bidang Kesehatan yang pertama yaitu sebagai obat herbal untuk menjaga daya tahan tubuh.

Beberapa tumbuhan yang biasa digunakan sebagai obat herbal untuk menjaga daya tahan tubuh antara lain ialah; jahe, kunyit, temu lawak, sereh dan banyak lagi.

2. Meningkatkan Stamina dan Menyegarkan Tubuh

Salah satu contoh tanaman tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan stamina dan menyegarkan tubuh misalnya tanaman Ginseng, jahe merah, dan pasak bumi.

Ketiga tanaman ini biasa dijadikan sebagai minuman kesehatan untuk menambah stamina dan dapat menyegarkan tubuh.

3. Memperlancar Peredaran Darah

Manfaat tumbuhan dalam bidang kesehatan selanjutnya yaitu untuk memperlancar peredaran darah.

Salah satu tanaman yang dipercaya dapat memperlancar peredaran darah yaitu Gandarusa.

Kandungan zat salicilyn yang dimiliki Gandarusa konon merupakan salah satu antikoagulan terbaik dari alam.

Cara pemanfaatan tanaman tumbuhan ini adalah dengan cara merebus serutan kayu Gandarusa.

Air rebusan dari serutan kayu Gandarusa kemudian dijadikan sebagai minuman pengganti teh dan meminumnya secara rutin setiap hari setengah jam sebelum sarapan pagi, dan darah akan mengalir dengan lancar.

4. Mencegah Berbagai Macam Penyakit Kronis

Manfaat tumbuhan dalam bidang kesehatan lainnya yang dapat dimanfaatkan yaitu sebagai obat untuk mencegah berbagai macam penyakit kronis. Beberapa tumbuhan yang berguna untuk mencegah berbagai penyakit diantaranya:

  1. Daun sirsak: Rutin mengkonsumsi rebusan daun sirsak dipercaya dapat menghambat sel kanker dan dianggap hampir sama dengan halnya dengan melakukan kemoterapi yang mana apabila ruton mengkonsumsi rebusan daun sirsak akan membuat sel kanker sulit tumbuh dan berkembang dalam tubuh.
  2. Daun pepaya: Daun tumbuhan yang rasanya pahit ini memiliki sifat anti-kanker yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Menurut Studi penelitian dalam Journal Ethnopharmacology menyatakan, bahwa jus daun buah pepaya dapat melawan kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit kronis. Contoh zat kanker yang konon dapat dicegah dengan mengkonsumsi daun pepaya seperti kanker serviks, kanker payudara, kanker pankreas, kanker hati, dan kanker paru-paru. Bukan hanya daunnya bagian lainnya pada tanaman ini yaitu manfaat bunga pepaya juga baik untuk kesehatan.
  3. Daun kelor: mengandung vitamin A, C, dan E, kalsium, kalium, dan protein, serta bisa melawan radikal bebas dan juga penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker paru, dan kanker kulit.
  4. Teh hijau: memiliki beragam manfaat, antara lain membantu membunuh sel kanker karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Teh hijau juga banyak digunakan untuk membantu menurunkan berat badan saat dikonsumsi secara teratur.

5. Menyembuhkan Luka

Selain menyehatkan dan mencegah penyakit, beberapa manfaat tumbuhan di bidang kesehatan lainnya yaitu sebagai obat penyembuh luka. Beberapa tumbuhan yang bermanfaat untuk dijadikan sebagai obat penyembuh luka di antaranya:

  1. Binahong: Tanaman Binahong merupakan jenis tanaman menjalar yang biasanya banyak tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat menyembuhkan luka. Kandungan antiseptik yang terdapat pada daun binahong dapat mempercepat proses penyembuhan luka.
  2. Daun dan batang Centella asiatica: Menurut hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center memyatakan bahwa daun dan batang Centella asiatica memiliki kandungan triterpenoid yang mampu bantu sembuhkan luka.

Itulah beberapa informasi manfaat tumbuhan di bidang kesehatan. Baca juga: Manfaat dari tanaman TOGA Biji Beserta Gambarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.