Mesin dan Alat Pertanian Canggih Dunia yang Dibutuhkan Petani Indonesia

0
344

Mesin Canggih Pertanian Yang Dibutuhkan  Petani Indonesia – Salah satu penunjang yang sangat dibutuhkan untuk kesuksesan yaitu alat pertanian. Untuk itu kali ini saya akan berbagi artikel alat pertanian modern yang dibutuhkan petani Indonesia.

Pertanian adalah salah satu yang menjadi ciri khas negara Indonesia. Dengan segala keindahan alamnya dan segala potensi yang dimiliki, maka sangat wajar bila sampai ada ungkapan ‘tongkat kayu dan batupun akan menjadi tanaman di Indonesia’. Nah, bicara mengenai pertanian Indonesia, berikut ini kami bagikan beberapa mesin dan alat pertanian modern yang telah diciptakan oleh negara lain, yang sedang ngetren dan tentunya banyak bermanfaat bagi petani.

Contoh Mesin Canggih Untuk Alat Pertanian Modern yang Bermanfaat  Bagi Petani

Berikut dibawah ini 3 contoh mesin dan alat pertanian canggih yang bermanfaat bagi petani yang saat ini tengah trend;

Melnor Oscillating Sprinkler with Nozzles 3000sf
Melnor Oscillating Sprinkler with Nozzles 3000sf

Para petani kebun atau petani dengan skala kecil tentu membutuhkan sebuah alat pertanian yang mampu meningkatkan efisiensi kerja pengairan mereka. Seperti yang anda ketahui bahwa air adalah komponen penting yang dibutuhkan oleh tanaman selama proses pertumbuhannya, sehingga kecukupan air mereka perlulah dipenuhi. Untuk menjawab persoalan tersebut, kini hadir suatu alat penyiraman atau sprinkler dengan model terbaru yaitu Melnor Oscillating Sprinkler with Nozzles 3000sf.

Jika sprinkler pada umumnya memiliki satu atau beberapa nozzle yang mampu berputar, kini inovasi terobosan alat pertanian terbaru dari sprinkler adalah dengan memiliki 18 nozzle sekaligus untuk memancarkan air. Tentu anda pun dapat mengatur jangkauan air yang dapat dipancarkan sehingga anda juga tidak akan kehilangan banyak air. Mungkin alat ini cukup canggih namun masih terdapat pro kontra dibaliknya karena beberapa kekurangannya seperti hanya berbentuk satu arah. Namun hal ini bisa menjadi referensi bagi  Sektor pertanian Indonesia untuk memiliki alat penyemprot air yang lebih baik lagi. Ini merupakan Mesin Canggih Untuk Alat Pertanian Modern yang dibutuhkan indonesia.

  • Alat Pertanian Mesin Pencabut Pohon ArborCo

Mesin Pencabut Pohon ArborCo
Mesin Pencabut Pohon ArborCo

Bagi anda yang bertanya-tanya bagaimana caranya melepaskan sebuah pohon yang sudah tertaman didalam tanah? Maka inilah jawabannya. Mesin Pencabut Pohon ArborCo adalah salah satu terobosan terbaru di bidang alat pertanian. Tentu alat canggih pertanian ini sangat berguna jika digunakan pada area pertanian agroforestry atau lahan-lahan yang memiliki banyak tanaman berkayu yang sudah tumbuh tahunan. Bukan itu saja, bahkan untuk beberapa kebutuhan, alat ini juga digunakan oleh dinas sosial dalam suatu projek yang membutuhkan pencabutan pohon dari suatu lokasi jika dirasa mengganggu. Jadi, apa anda sudah pernah melihat alat ini?

  • Alat Pertanian Drone For Precision Farming

Drone For Precision Farming
Drone For Precision Farming

Salah satu alat yang dibutuhkan untuk pertanian Indonesia adalah Drone. Siapa yang tidak tahu drone? Sepertinya dijaman seperti ini, sangat mustahil jika anda tidak mengetahui alat terkenal satu ini.  Para peneliti di Inggris berhasil memanfaatkan teknologi drone untuk tingkatkan mutu pertanian. Alat yang awalnya digunakan sebagai pendukung dalam proses pengambilan gambar maupun video pada ketinggian tertentu ini, kini telah mulai dikembangkan dalam bidang pertanian. Jika anda belum pernah mendengar tentang precision farming, maka anda bisa mencari banyak informasinya melalui internet.

Precision farming adalah salah satu metode alat pertanian yang berfokus pada informasi mengenai gejala atau kekurangan yang terjadi pada tanaman budidaya di suatu lahan. Drone telah dikembangkan untuk merekam dan menyisir seluruh isi lahan kemudian mengirimkan informasi kepada komputer untuk diproses datanya dan menjadi sebuah foto. Data yang dihasilkan berupa foto atau gambaran berefek negative yang memiliki berbagai warna. Jika umumnya tanaman yang baik berwarna hijau, maka tanaman yang kekurangan air bisa jadi akan berwarna merah, jika kekurangan nitrogen berwarna kuning, jika kekurangan sinar matahari akan berwarna orange, dan atau lain sebagainya tergantung dari jenis program.

Perlu diketahui bahwa kamera yang dibawa oleh drone berkeliling tidak hanya sebuah kamera namun kamera berteknologi khusus yang mampu mendeteksi setiap daun tanaman dan menganalisa gejalanya sehingga petani dapat dengan mudah mengetahui keadaan lahannya.

Nah, itulah beberapa mesin dan alat pertanian luar negeri yang dapat dijadikan referensi bagi petani Indonesia. Sebenarnya terdapat banyak sekali jenis alat dan Mesin Canggih Untuk Alat Pertanian Modern lainnya, namun 3 diatas adalah yang sedang menjadi tren dan banyak dibicarakan orang.

Baca juga:  Tips Cara Menanam Cabe Rawit Yang Baik Supaya Hasilnya Bagus Dan Melimpah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.