Mesin Pemotong Rumput Modern yang Jarang Digunakan di INDONESIA

64

Desain mesin pemotong rumput modern telah datang jauh sejak penemuan yang asli. Namun, desain atau jenis mesin pemotong rumput telah telah cukup berkembang. Di Indonesia sendiri, jenis mesin pemotong rumput modern masih jarang digunakan. Mesin pemotong rumput adalah mesin yang menggunakan bilah berputar atau bilah untuk memotong rumput pada ketinggian atau pola yang rata.

Berbagai Jenis mesin pemotong rumput modern

1. Red push reel mower atau Mesin Pemotong rumput Reel Dorong

mesin potong rumput Original Push Reel Mower

Sebetulnya mesin pemotong dorong (red push reel mower) Ini adalah mesin pemotong rumput push tradisional yang sudah ditemukan sejak tahun 1830. Namun, meskipun mesin potong rumput modern ini sudah cukup lama diciptakan,tapi di indonesia sendiri masih jarang orang yang menggunakannya. Mesin pemotong reel push adalah mesin potong rumput sederhana, roda persnelingnya berputar antara lima dan delapan bilah berbentuk spiral yang melewati bilah stasioner di bagian belakang mesin pemotong rumput. Keduanya, bekerja bersama, mengiris bilah rumput untuk menghasilkan permukaan rumput yang halus dan halus.

Kelebihan Mesin pemotong dorong reel adalah kemudahan dan aman digunakan. Anda dapat melihat bilahnya dan berhenti memotong saat Anda berhenti mendorong. Selain itu, cukup untuk digunakan karena tidak menggunakan mesin untuk beroperasi. Meskipun mudah digunakan dan aman saat dioperasikan, namun selain memiliki kelebihan tentunya alat pertanian modern ini juga memilik kekurangan dimana mesin potong rumput dorong reel ini memiliki kemampuan memotong terbatas dan tidak cocok untuk halaman besar dan tidak rata.

Baca juga:  3 Alat Pertanian Pemanen Padi Tradisional dan Modern

2. Mesin Pemotong Rumput Listrik Walk Behind Power Lawn mower

mesin p Walk Behind Power Lawn moweremotong rumput
mesin p Walk Behind Power Lawn moweremotong rumput

Walk Behind Power Lawn mower lawn mower adalah Jenis mesin pemotong rumput yang bisa berputar. Jenis mesin pemotong rumput ini adalah mesin pemotong rumput paling populer yang ditemukan di seluruh dunia.Namun di indonesia sendiri masih jarang digunakan. Mesin potong rumput ini bekerja dengan menggunakan bahan bakar gas atau listrik. Mesin pemotong rumput listrik yang paling umum adalah mesin pemotong rumput putar.

Mesin pemotong rumput rotary menjadi lebih populer daripada mesin pemotong gulungan karena beberapa alasan. Pertama, mesin pemotong rotari lebih murah dan membutuhkan perawatan yang lebih sedikit daripada rekan gulungannya. Alasan kedua adalah fakta bahwa mesin pemotong rotari memiliki kemampuan untuk memotong sward yang tinggi. Mereka memotong rumput tinggi dan gulma dengan mudah.

Mesin pemotong rotari beroperasi baik pada gas atau listrik. Mesin pemotong bertenaga listrik kecil dijalin dengan tali atau tanpa kabel yang menggunakan baterai isi ulang.

3. Kendaraan Mesin Pemotong Rumput atau Ride-on Lawn Mowers

mesin potong rumput Ride-on Lawn Mowers
mesin potong rumput Ride-on Lawn Mowers

Mesin pemotong rumput berkuda kuning Jenis mesin pemotong rumput ini CUKUP diminati dinegara-negara eropa karena halamannya menjadi lebih besar. Namun di Indonesia mesin potong rumput ini masih jarang sekali digunakan. Munkin memang karena lahan pertanian di Indonesia memang berbeda dengan diluar negeri jadi salah satu penyebabnya. Mesin pemotong rumput ini dilengkapi dengan kursi dan kontrol di mana operator dapat menyelesaikan dan mengendalikan mesin pemotong rumput. Mereka pada dasarnya berada di antara mesin pemotong rumput dan traktor yang normal. Sebagian besar mesin pemotong rumput ini memiliki transmisi manual meskipun ada beberapa jenis yang memiliki transmisi hidrostatik. Transmisi hidrostatik lebih mahal daripada transmisi mekanis tetapi mereka lebih mudah digunakan dan dapat mengirimkan torsi yang lebih besar ke roda dibandingkan dengan transmisi mekanis tipikal. Jenis drive yang paling tidak umum, dan paling mahal, adalah listrik.

Baca juga:  Mesin dan Alat Pertanian Canggih Dunia yang Dibutuhkan Petani Indonesia

4. Hover Movers Rotary

mesin-potong-rumput-hover-mowers
mesin-potong-rumput-hover-mowers

hover mower Ini adalah jenis mesin pemotong rumput rotary bertenaga yang memanfaatkan pendorong di atas bilah pemintal untuk mendorong udara ke bawah, sehingga menciptakan bantalan udara yang mengangkat mesin pemotong di atas tanah. Mesin pemotong rumput kemudian dapat dengan mudah dipindahkan karena mengapung di atas rumput. Mesin pemotong rumput melayang ringan untuk mencapai angkat yang cukup sehingga biasanya mereka memiliki badan plastik dengan motor listrik. Kelemahan paling signifikan, bagaimanapun, adalah kegunaan rumit di medan kasar atau di tepi halaman, karena bantalan udara pengangkat dihancurkan oleh celah lebar antara sasis dan tanah. Mesin pemotong rumput melayang dibangun untuk beroperasi di lereng yang curam, tepi laut, dan area rumput liar yang tinggi, sehingga mereka sering digunakan oleh lapangan golf dan landscapers komersial.Itulah sebabnya di Indonesia mesin potong rumput jenis ini juga masih jarang digunakan oleh masyarakat. Selain itu, kualitas potongan juga bisa lebih rendah jika rumput didorong menjauh dari pisau oleh bantalan udara.

Baca juga:  9 Peluang Usaha Pertanian yang Menjanjikan dan Menguntungkan

5. Lawn Mower Robotic (Mesin pemotong rumput robotic)

Robotic-Lawn-Mower
Robotic-Lawn-Mower

Mesin pemotong rumput robot atau Mesin pemotong rumput robotik bisa digunakan untuk memotong rumput tanpa pengawasan. Cara menggunakannya cukup mudah, yaiu anda cuukup nyalakannya dan biarkan mesin potong rumput robotic ini berkeliaran di sekitar halaman rumah Anda dan mesin hovers movers robotic akan memotong rumput yang ada dihalaman rumah sampai bersih. Lawn Mower bekerja memotong semua rumput yang telah dientukan area kerjanya oleh kawat perbatasan di sekitar halaman yang menentukan area yang akan dipangkas. Robot menggunakan kabel ini untuk menemukan batas area yang akan dipangkas dan dalam beberapa kasus untuk menemukan dock pengisian ulang. Jenis mesin pemotong rumput lawn mover ini menjadi populer dinegara-negara eropa khususnya bagi mereka yang tidak dapat meluangkan waktu untuk memotong rumput dihalaman rumah mereka. Namun di Indonesia mesin potong rumput modern ini masih sangat jarang digunakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.