12 Prospek Kerja Agribisnis Pertanian dari Hulu ke Hilir dan Gajinya

100

Prospek kerja agribisnis yang menjanjikan masih terbuka lebar untuk para lulusan Agribisnis. Setelah selesai menjalani program studi Agribisnis, Sarjana jurusan agribisnis tidak harus kerja jadi petani, karena pelaku agribisnis itu bukan selalu di sawah. Lulusan agribisnis juga bisa bekerja di bidang lain yang mendukungnya karena peluangnya masih terbuka lebar di banyak bidang dari hulu sampai ke hilir, dan gajinya juga cukup menjanjikan.

Agribisnis adalah ilmu yang mempelajari usaha dalam memajukan bidang pertanian dan sosial ekonomi berkelanjutan.

Gelar bagi lulusan mahasiswa jurusan agribisnis yaitu Sarjana Pertanian (S.P.). Prospek kerja lulusan agribisnis memiliki potensi kerja yang bagus.

Jurusan agribisnis kerjanya gimana

Jangan anggap kuliah jurusan agribisis itu hanya menjadi petani dan hanya jadi pekerja. Dua kata “kerja/bekerja” dan “bisnis/berbisnis” yang harus dibedakan. Jika kerja/bekerja kita akan dituntut waktu, sedangkan bisnis/berbisnis kita yang menentukan waktu. Gelar sarjana di bidang pertanian memberi Anda pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis pertanian dan memanfaatkan prospek kerja agribisnis yang siap menantimu.

Prospek kerja agribisnis menjanjikan di masa mendatang bagi lulusan sarjana agribisnis. Mereka memiliki peluang besar untuk bekerja di bidang-bidang seperti penjualan pertanian, produksi makanan, dan jurnalisme pertanian.

Prospek kerja lulusan agribisnis akan meliputi pertanian, perikanan, perkebunan, dan kehutanan yang menerapkan prinsip kerja efektif dan efisien.

Lulusan Agribisnis nantinya akan bekerja sama dengan para petani dan pakar-pakar pertanian untuk memajukan kualitas hasil pertanian.

Baca juga: 9 peluang usaha pertanian yang menjanjikan.

Indonesia yang merupakan negara agraris dengan lebih dari 30% adalah sektor pertanian masih jauh tertinggal dengan negara-negara seperti Amerika dan jepang.

Dengan luasnya lahan pertanian Indonesia masih belum mampu bersaing dalam sektor pertanian.

Kurangnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat Indonesia mengelola sektor pertanian dapat menjadi prospek kerja agribisnis yang baik. Sektor pertanian butuh tenaga seorang sarjana jurusan agribisnis agar pertanian Indonesia bisa maju.

Banyak peluang atau prospek kerja jurusan Agribisnis yang dapat diambil dengan ilmu yang didapat seorang sarjana agribisnis. Mereka dapat menggeluti Agriculture dan menyalurkan pengetahuan dan keterampilan kerja yang lebih efisien kepada masyarakat yang kurang paham mengenai dunia pertanian.

Dengan gelar sarjana pertanian (S.P.) kamu tidak perlu takut lulusan agribisnis jadi apa, atau bekerja sebagai apa? Prospek kerja agribisnis masih terbuka lebar dan cukup banyak karena bidang pertanian tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja agribisnis bagi lulusan sarjana pertanian :

Prospek Kerja Agribisnis

Pebisnis

Prospek kerja agribisnis yang baik untuk sarjana pertanian adalah menjadi pebisnis. Kuliah jurusan agribisnis dan mendapatkan gelar sarjana pertanian (S.P.) bukan berarti harus menjadi petani.

Saat duduk di bangku kuliah dan menimba ilmu managemen agribisnis (sosial ekonomi pertanian) tentu memberikan anda pemahaman dan keterampilan yang memadai untuk memanfaatkan prospek kerja ada dimasa mendatang saat lulus kuliah.

Seorang sarjana pertanian juga bisa menjadi pebisnis. Bisnis yang ditekuni tentunya mengenai sektor pertanian. Penghasilannya pun banyak hingga tidak terbatas melebihi gaji pekerja. Seorang pebisnis akan menjadi bos dan dapat mempekerjakan dan menggaji orang lain.

Pegawai Pemerintahan

Instansi pemerintah tengah gencar melakukan upaya untuk memajukan pertanian. Ini bisa jadi salah satu prospek kerja agribisnis yang baik untuk kamu ambil.

Kamu bisa menjadi pegawai pemerintahan dengan bekerja di Dinas Pertanian dan perkebunan milik pemerintah sebagai PNS, bahkan di Kementerian Pertanian.

Tidak hanya itu, kamu bisa menjadi Badan Koordinasi Survei, LSM, dan banyak lagi. Gaji pegawai pemerintahan cukup menjanjikan antara 5-20 juta.

Manajer Operasi Pertanian

Manajer operasi pertanian dapat menjadi prospek kerja agribisnis yang baik untuk kamu. Tugas manager operasi pertanian biasanya bertugas menjaga proses dalam agribisnis besar seperti pembuatan biji-bijian dan pabrik.

Selain memastikan bahwa operasi sehari-hari berjalan dengan lancar, mereka juga bertugas mengawasi inventaris dan staf terkemuka.

Selain memiliki pengetahuan dasar tentang pertanian, Anda juga harus memiliki keterampilan organisasi dan komunikasi yang sangat baik untuk berhasil sebagai manajer operasi. Gaji profesi manager operasi pertanian berkisar 7jt – 9jt.

Ahli Genetika Hewan

Ahli genetika hewan bertanggung jawab untuk menemukan apa yang membuat hewan lemah dan apa yang membuat mereka kuat.

Dengan mempelajari susunan genetiknya, ahli genetika hewan dapat bekerja untuk membuat spesies jenis baru (atau hibrida) yang berbeda melalui metode kawin silang. Hewan jenis baru hasil kawin silang memiliki prospek lebih bagus karena jenis ini yang jauh lebih tangguh karena mereka merupakan kombinasi dari karakteristik yang paling diinginkan yang ditemukan dalam spesies tempat mereka dibuat.

Jika Anda tertarik mengambil langkah-langkah untuk mencegah gangguan genetik dan meningkatkan peluang hewan langka untuk bertahan hidup, ini bisa menjadi prospek kerja agribisnis yang baik dan juga jalur karier yang sempurna untuk Anda. Gaji rata-rata profesi seorang ahli genetika hewan sebesar 4,4jt – 7,6jt.

Ilmuwan Makanan

Prospek kerja agribisnis tidak terbatas pada proses tanam menanam saja tapi juga makanan olahan hasil pertanian.

Jika Anda pernah bertanya-tanya siapa yang bertanggung jawab untuk membuat informasi nutrisi yang tercetak di bagian belakang paket produk makanan yang anda konsumsi, ya, Anda sudah menebaknya: itu adalah kerja dan tugas ilmuwan makanan.

Dan kerja ilmuwan makanan tidak menaruhnya di sana untuk membuat Anda merasa buruk tentang jumlah kalori yang baru saja Anda makan; ilmuwan makanan bekerja mengumpulkan informasi ini untuk memastikan keamanan dan untuk menentukan berapa lama barang yang diproses dapat dilestarikan.

Mereka biasanya bekerja dengan ilmuwan lain untuk memastikan bahwa makanan yang diproduksi di sektor pertanian aman untuk dikonsumsi.

Jika Anda tipe orang yang ingin tahu apa sebenarnya yang mereka masukkan ke dalam tubuh mereka, maka ini mungkin prospek kerja agribisnis yang baik bagi kamu. Bisa jadi ini salah satu prospek kerja impian Anda. Gaji profesi ini rata-rata 4jt – 6jt.

Insinyur Pertanian

Sistem kerja robotik pada sektor pertanian modern kini sudah banyak diterapkan di Negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika. Di Indonesia, alat-alat pertanian modern masih jarang dan kalaupun ada, rata-rata masih menggunakan produk import dari luar negeri. Jika Anda menikmati gagasan mesin yang membantu manusia, maka ini bisa jadi prospek kerja agribisnis yang bagus jika Anda ingin menjadi insinyur pertanian.

Selain merancang peralatan dan mesin pertanian, para insinyur juga mengujinya untuk memastikan bahwa mereka bekerja dengan baik dan dibuat sesuai peraturan pemerintah.

Tapi itu tidak semua kesenangan dan permainan: insinyur pertanian biasanya bekerja lembur karena sebagian besar produsen membutuhkan bantuan mereka bahkan di akhir pekan. Profesi ini masih jarang di Indonesia, namun ini adalah prospek kerja agribisnis yang sangat menjanjikan dalam 5 tahun kedepan. Gaji rata-rata untuk profesi ini tidak diketahui.

Manajer Penjualan Agronomi

Salah satu pendorong utama industri pertanian adalah manajer penjualan agronomi. Dengan kurangnya pemahanan dan ketrampilan para petani di Indonesia, profesi ini dapat menjadi prospek kerja agribisnis yang baik bagi kamu.

Para profesional ini bertanggung jawab untuk melatih tim yang akan melakukan perjalanan ke berbagai tempat untuk mendidik petani tentang cara merawat tanah dan tanaman mereka dengan benar.

Pada saat yang sama, mereka juga mempromosikan dan menjual produk mereka yang biasanya berupa biji, tanah, dan pupuk.

Jika Anda menyukai pertanian dan Anda diberkati dengan bakat menjual keterampilan, maka ini adalah prospek kerja agribisnis pilihan yang baik untuk Anda. Gaji profesi ini mencapai puluhan juta.

Ilmuwan Bioinformatika

Kehidupan tumbuhan dan hewan sangat beragam, itulah sebabnya mengumpulkan dan memperbarui informasi tentang semuanya sangat sulit – dan di situlah para ilmuwan bioinformatika masuk. Ilmuwan Bioinformatika dapat menjadi prospek kerja agribisnis yang sangat baik bagi kamu.

Dengan bantuan teknologi dan ilmu komputer, para ilmuwan bioinformatika dapat bekwrja untuk mengembangkan cara yang lebih efektif untuk memahami keanekaragaman hayati untuk memajukan sektor pertanian.

Melalui penggalian dan integrasi data otomatis, ilmuwan lain dapat memproses data lebih cepat dan mudah; ini sangat berguna dalam bidang genetika tanaman atau tanaman yang sangat penting bagi industri pertanian. Gaji untuk profesi ini dikisaran rata-rata 4,9jt – 7,3jt.

Insinyur Lingkungan

Menjadi insinyur lingkuangn bisa jadi prospek kerja agribisnis yang baik bagi kamu. Tidak akan ada panen jika kondisi untuk penanaman dan pertumbuhan buruk; itulah sebabnya pekerjaan insinyur lingkungan sangat penting bagi pertanian.

Dengan menggabungkan prinsip-prinsip dari bidang ilmu yang berbeda, insinyur lingkungan menciptakan sistem yang bertujuan untuk mencegah kerusakan di masa depan seperti erosi tanah, deforestasi dan polusi.

Jika Anda ingin membantu pemilik pertanian dan lingkungan secara bersamaan, pekerjaan ini bisa menjadi pekerjaan Anda. gaji profesi ini berkisar antara 3,7jt – 10jt.

Ahli Biokimia

Ahli biokimia mempelajari dan menganalisis berbagai organisme hidup untuk mencari cara baru untuk meningkatkan kehidupan manusia.

Di bidang pertanian, pekerjaan mereka terutama melibatkan pengembangan tanaman baru yang lebih tahan terhadap unsur-unsur alami seperti kekeringan, badai atau bahkan serangan serangga.

Pekerjaan mereka penting sekarang lebih dari sebelumnya, terutama dengan efek tak terduga dari perubahan iklim dan pemanasan global. Mengingat pertanian Indonesia masih mengandalkan sistem kerja tradisional, maka ini dapat menjadi prospek kerja agribisnis yang baik bagi anda.

Jika Anda ingin memastikan bahwa generasi masa depan menikmati kesenangan sederhana dari nasi hangat, pastikan untuk memeriksa pekerjaan ini. Gaji rata-rata 4,2jt – 7,1jt.

Ekonom Pertanian

Ekonom pertanian merupakan prospek kerja yang menjanjikan dengan gaji terbaik untuk lulusan Agribisnis. Untuk bekerja sebagai ekonom pertanian, lulusan agrisbisnis harus siap mengenakan topi yang berbeda.

Prospek kerja agribisnis ekonom pertanian tidak hanya bekerja sebagai peneliti dan analis pasar, tetapi mereka juga merangkap kerja sebagai penasihat bisnis, konsultan, dan penilai tanah.

Menjadi ekonom pertanian prospek kerjanya sangat bagus karena mereka berurusan dengan segala hal yang berhubungan dengan pasar pertanian.

Mulai dari mengembangkan prakiraan dan memberi saran kepada klien mereka.
Menentukan harga tanah dan memprediksi tanaman apa yang akan tumbuh.

Karena besarnya pekerjaan mereka, tidak heran mengapa mereka membayar mahal untuk pekerjaan ini. Di Amerika, profesi ini dibayar hingga $97.811/yr.

Jika Anda memiliki keterampilan multitasking yang sangat baik dan menyukai variasi dalam pekerjaan Anda, maka tidak ada yang lebih beragam dari ini.

Pengacara Pertanian

Seorang sarjana pertanian juga bisa bekerja sebagai pengacara dalam sektor pertanian. Pengacara pertanian bertanggung jawab untuk mengurangi perselisihan di tanah sambil memastikan bahwa semua peraturan pemerintah dipatuhi.

Karena ada banyak peraturan seputar properti, pengacara pertanian dapat menjadi prospek kerja agribisnis yang sangat baik bagi kamu. Meskipun kadang-kadang juga harus berurusan dengan masalah mengenai infrastruktur pertanian, asuransi dan kekayaan intelektual.

Mereka juga menangani kasus-kasus yang melibatkan hukum perburuhan, perlindungan lingkungan dan penggunaan lahan yang layak.

Meskipun pekerjaan mereka bisa membuat stres, mereka mendapat kompensasi yang cukup baik.

Jadi, jika Anda suka melindungi lingkungan dan memperjuangkan hak-hak orang, maka ini bisa menjadi pekerjaan yang hebat untuk Anda.

Dengan begitu banyak orang berebut tanah setiap hari, tentu menyediakan prospek kerja agribisnis yang baik untuk anda membangun karier.

Untuk jangka waktu 5 tahun kedepan atau bahkan puluhan tahun mendatang prospek kerjanya Anda pasti tidak akan pernah kehabisan klien!

Untuk waktu yang terlalu lama, pertanian telah digunduli secara tidak adil sebagai industri terbelakang yang tidak menawarkan pilihan karir yang bagus.

Namun, statistik terbaru mengatakan sebaliknya. Prospek kerja agribisnis dan karier di bidang pertanian tidak hanya menawarkan peluang luar biasa untuk pertumbuhan karier, beberapa di antaranya juga memberikan penghargaan finansial.

Jadi, jika Anda menginginkan karier yang stabil yang akan membuat perbedaan untuk generasi yang akan datang, manfaatkan prospek kerja agribisnis yang ada untuk mendapatkan pekerjaan di bidang pertanian.

Apakah Anda berpikir untuk mengejar karir atau peluang usaha di bidang pertanian? Itulah daftar 12 prospek kerja agribisnis yang menjanjikan dengan gaji terbaik yang mungkin cocok untuk anda? Tentukan pilihan dari sekarang!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.