Tanaman atau Sayuran yang Paling Mudah Dibudidayakan

1.022

Jika kita seorang petani sayur, pasti tidak sedikit tau tentang sekian banyak sayuran apa yang paling gampang dibudidayakan. Namun untuk sebagian orang yang baru saja hendak bertani, tentu ini bakal menjadi urusan yang asing, dan tentunya unik untuk diketahui.
Yang namanya bercocok tanam tersebut gampang-gampang susah. Susahnya tersebut terkadang terdapat pada tumbuhan yang susah dibudidaya, yang dapat dibilang memerlukan keahlian tambahan untuk mengelolanya.

Nah, maka dari itu, sebagai calon petani Anda pun harus memahami tanaman sayur apa saja yang paling gampang dibudidayakan. Ini supaya memudahkan Anda, guna merawat tumbuhan sayur tersebut.

Keuntungan menempatkan jenis sayuran ini ialah Anda bakal lebih irit tenaga, waktu, dan ongkos perawatan. Sebab, jenis sayuran ini tidak terlalu perlu perawatan yang lebih dari Anda, tetapi dapat hidup dengan baik, dan pastinya menghasilkan.

Dan berikut jenis tumbuhan sayuran yang paling gampang dibudidayakan

1. Sayur paku

sayur paku atau pakisPasti kita mengenal sayur paku. Ya, sebab sayur ini adalahkesukaan tidak sedikit orang. Sebab mempunyai rasa yang nikmat, dan gampang ditemukan di pasaran. Sayur yang pun di sebut pakis ini, tidak jarang ditemukan tumbuh binal di daerah-daerah yang lembab. Biasa di pinggir sungai, di sekitar rawa-rawa, di tebing-tebing, dan masih tidak sedikit lagi lokasi lainnya, tergolong di hutan.

Nah, sebab kemampuan tumbuhnya yang dapat di sekian banyak tempat inilah, yang bagus kita manfaatkan. Bagi menanamnya, kita tinggal mengalihkan pohon-pohon pakis beserta akarnya, ke lahan yang sudah Anda persiapkan.

Mengapa pakis gampang dibudidaya? tersebut karena tidak butuh di rawat pun, pakis dapat tumbuh dengan subur. Tidak butuh di sirami, sebab tumbuh di wilayah lembab. Tidak butuh di pupuk, dan tidak perlu dipancar pestisida, sebab sayur ini tidak digemari hama.

Bahkan keunggulan pakis, dapat hidup bersanding dengan rumput-rumput liar. Kalau telah begini, sekali tanam kita tidak butuh menanamnya kembali, sebab pakis bakal menyebarkan anak dengan sendirinya. Dan tentunya, sekali tanam Anda bermukim membiarkannya dan menantikan hasilnya.

2. Sayur daun ubi kayu

daun singkongSama laksana pakis, sayur yang berasal dari daunnya ubi kayu ini pun mudah tumbuh di mana-mana. Bisa tumbuh di tanah lembab, inginkan pun tanah yang agak kering. Bisa tumbuh di pinggiran sungai, bahkan dapat tumbuh di semak-semak.

Cara menanamnya pun paling mudah. kita tinggal memungut batang ubi kayu yang bakal di tanam, lantas menancapkannya di atas tanah. Sebenarnya dengan menaruhnya di atas tanah pun dapat tumbuh, asalkan tanah itu bukan tanah tandus yang tidak dapat ditumbuhi tumbuhan.

Juga guna perawatan, saya rasa tidak terlampau diperlukan. Karena daun ubi nyaris tidak membutuhkan pupuk, dan tidak pun memerlukan pestisida. Karena laksana pakis, nyaris tidak terdapat penyakit dan ulat yang merusak daunnya.

3. Genjer

genjerEntah apa bahasa Indonesianya, yang jelas orang jawa menyebutnya genjer. Sayur genjer merupakan kesayangan orang jawa, bahkan tidak sedikit di samping orang jawa yang pun menyukai sayur ini.

Berbeda dengan pakis dan daun ubi, genjer melulu tumbuh di wilayah yang lembab, basah dan berair. Biasanya tumbuh di rawa-rawa, bekas sungai, dan di tanah gambut yang paling lembab dan basah.

Untuk budidayanya kita tinggal mengerjakan penanaman di tempat-tempat yang sudah saya sebut di atas, dan lantas membiarkannya. Kabar bagusnya, guna penanamannya kita tidak perlu mengubah lahan kita sebelumnya. Anda melulu perlu menancapkan pohon-pohon genjer beserta akarnya, di lahan yang kita inginkan. Setelah itu, kamu tinggal menunggunya sampai menghasilkan, dan memanennya sesuka hati Anda.

Untuk perawatannya saya rasa tidak diperlukan. kita tidak mesti memupuknya, atau juga menyemprotnya dengan pestisida. kita tidak butuh menyiramnya, sebab tempat ia hidup di wilayah yang berair. Anda pun tidak butuh terus menerus menanamnya, Karena sekali tanam pohon genjer bakal beranak pinak melewati bijinya atau sulur (anakan).

4. Kangkung air

kangkung airKangkung tak kalah terkenalnya dengan sayur-sayur sebelumnya. Rasanya pun tak kalah nikmatnya dengan pakis. Makanya tidak boleh heran bila di setiap penjaja sayur, tentu ada kangkung. Tumbuhnya juga nyaris sama dengan genjer, yakni di tempat-tempat yang berair dan lembab. Seperti di rawa-rawa, di bekas kuala, di pinggir kuala, dan di tanah gambut yang basah.

Demikianlah tulisan simpel ini, saya menginginkan dengan memahami jenis sayur yang gampang dibudidayakan, Anda bisa terbantu untuk menanggulangi sulitnya bercocok tanam. Sehingga waktu, tenaga, dan modal kita tidak berakhir terkuras melulu untuk merawat tumbuhan yang susah dikembangkan. Saya hanya ingin berbagi, terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.