Tanaman Hias, Selain Menarik dan Indah Juga Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

    0
    84

    Tanaman Hias – Tanaman hias merupakan salah satu peluang bisnis komoditas potensial yang cukup menghasilkan serta dapat dikembangkan baik skala kecil ataupun skala besar. Hal ini terbukti dengan semakin tingginya minat masyarakat untuk menggeluti bisnis agribisnis aneka macam tanaman untuk hiasan mengingat tanaman jenis ini sendiri ada beberapa yang memiliki nilai jual tinggi misalnya Aglaonema adalah tanaman hias dengan harga mahal yang tentunya membuat kolektor dan penjual tanaman hias tertarik untuk mencarinya meskipun barang sedang susah dicari. Tentu saja hal ini menjadi salah satu peluang usaha pertanian yang menjajikan untuk dijalankan.Tanaman Hias, Selain menarik dan indah di pandang mata juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan

    Tanaman hias mencakup semua jenis  tumbuhan yang pada bagian tertentu menimbulkan kesan indah, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang sengaja ditanam untuk dijadikan sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga.

    Macam-macam tanaman hias di Indonesia sendiri sangat banyak sekali macamnya. Tanaman Hias Tidak hanya berupa tanaman bunga saja melainkan banyak ragamnya yang dapat dikelompokan berdasarkan jenisnya. Tanaman hias terbagi menjadi 5 bagian, yaitu tanaman bungatanaman dauntanaman buah, tanaman batang dan tanaman akar.

    Baca juga:  Jenis Tanaman Sayuran Dan Manfaatnya

    Tanaman Hias Bunga misalnya:
    Bunga Anggrek, mawar, dahlia, tulip, Hydrangea atau bunga hertensia, gloriosa, bunga kantong semar (nephentes), bunga gelombang cinta, dan masih banyak lagi jenis bunga lainnya yang termasuk dalam golongan ini.

    Tanaman Hias Daun misalnya:
    Tamanan keladi, Aglaonema, Dieffenbachia dan Anthurium.

    Tanaman Hias Buah misalnya:
    Buah Mangga, Jeruk nipis, Jeruk, Buah Naga, Belimbing, Durian, Jambu, Rambutan, Alpukat, Apel Kelengkeng dan Anggur.

    Tanaman Hias Batang misalnya:
    Palem Merah
    Kaktus Hias
    Bambu Kuning Mini

    Tanaman Hias akar misalnya:
    Kamboja Atau Adenium
    Beringin

    Saat ini banyak orang yang menggunakan tanaman hias untuk dekorasi rumah agar ruangan dalam rumah menjadi lebih menarik. Namun diluar keindahan tanaman hias sebagai tanaman untuk memanjakan mata, beberapa tanaman hias ternyata tak hanya mempercantik interior maupun eksterior rumah serta cantik dipandang mata saja, tapi bisa juga menggunakan tanaman hias sebagai penghilang stres dan racun.

    Baca juga:  Budidaya Vanili: Peluang Usaha dan Analisa Usahanya

    Manfaat tanaman Hias Bagi Kesehatan

    Selain untuk mempercantik ruangan, meletakkan tanaman hias di dalam rumah juga ternyata memiliki manfaat yang sangat besar sekali bagi kesehatan. Fakta mengejutkan ini sempat dikemukakan para ilmuwan NASA pada tahun 1980-an. Melalui program NASA Clean Air Study.

    Dalam sebuah penelitian pada tahun 2008, seorang peneliti Belanda menemukan pasien rumah sakit yang dirawat di dalam kamar yang terdapat tanaman dilaporkan memiliki tingkat stres yang lebih rendah daripada pasien tanpa tumbuhan di dalam ruangannya.

    Ada beberapa tanaman hias indah yang terbukti efektif dapat meningkatkan oksigen dan membersihkan racun, bahkan beberapa tamaman di antaranya memiliki stempel persetujuan dari NASA.

    Ada 7 tanaman hias yang dapat dijadikan sebagai tanaman penghilang stres dan racun yang telah disetujui oleh NASA.  7 Tanaman Hias Penghilang Stres dan Penawar Racun tersebut adalah tanaman lidah buaya, tanaman English Ivy, Rubber tree, bunga Lily, Snake Plant, Spider Plant, dan Golden Photos.

    Baca juga:  9 Peluang Usaha Pertanian yang Menjanjikan dan Menguntungkan

    Ternyata maca-macam tanaman hias yang beraneka ragam mulai dari bunga, buah, daun, batang hingga akarnya bukan hanya menarik dan indah dipandang mata saja, tapi juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Jadi tidak ada salahnya jika memanfaatkan aneka tanaman untuk mempercantik dan memperindah ruangan ataupun taman dan juga memanfaatkan peluang usaha yang ada didalamnya apalagi beberapa tanaman hias dengan harganya yang mahal tentu saja menjadi peluang bagus yang sayang untuk dilewatkan.

    Bagaimana, anda tertarik untuk menjadi pembudidaya atau sekedar mengoleksi tanaman sebagai hiasan untuk ruangan dirumah anda? Tidak ada salahnya mencoba menerapkannya dirumah untuk memberikan udara yang lebih sehat bagi kesehatan.

    Sekian ulasan kali ini dan terima kasih anda telah membaca artikel tentang Tanaman Hias, Selain Menarik dan Indah Dipandang Mata Juga Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan dengan link https://hulu-hilir.com/tanaman-hias-selain-menarik-dan-indah-juga-memiliki-manfaat-bagi-kesehatan/. Semoga artikel dari agribisnis pertanian ini dapat bermanfaat untuk anda yang membacanya dan sampai jumpa di artikel lainnya. Salam Tani..!!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.