Tanaman Umbi Dan Manfaatnya Yang Ada Di Indonesia

0
63

Karena suka nyemil, saya sangat senang membeli ubi. Selain harganya yang bersahabat, ubi bisa diolah menjadi berbagai jenis kudapan. Mulai dari ubi goreng, kolak ubi, hingga bola ubi. Dulu, saya berpikir ubi sama dengan umbi. Padahal, ubi hanyalah salah satu jenis dari umbi lho. Selain ubi, ada banyak jenis umbi lainnya yang sering kita temui. Mau tau apa saja? Lihat penjelasan di bawah ini ya!

Tanaman umbi – saat ini kebutuhan pokok yang sering kita jadikan dalam kehidupan sehari-hari adalah nasi, kandungan yang ada pada nasi bisa dikatakan sangat banyak sekali, terutamanya adalah mengandung karbohidrat yang dapat mengenyangkan perut, namun tidak hanya itu saja akan tetapi tanaman umbi-umbian juga mengandung banyak sekali karbohidrat dan juga tercatat berisi indeks glikemik yang sangat sedikit sekali, jadi sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes dalam mengonsumsinya. Memang pada dasarnya tanaman umbi sangat banyak sekali ditemukan pada tanah subur Indonesia seperti di hutan tropis dan subtropis, untuk manfaat umbi tersebut sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh.jenis tanaman umbi dan manfaatnya

Baca juga:  Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga Serta Fakta Menarik Tentang Bunga Anggrek

Dengan adanya tanaman umbi di Indonesia bisa memberikan dampak yang sangat baik sekali, salah satunya adalah sering dikonsumsi oleh kalangan masyarakat luas, terkadang juga bisa di olah menjadi berbagai macan jenis olahan makanan, dan tentunya sangat lezat sekali, contohnya adalah bolu ubi, ubi goreng, ubi rebus, dan lain sebagainya. Nah bila anda penasaran apa saja tanaman umbi dan manfaatnya yang ada di Indonesia ini,pastinya jawaban yang paling tepat ada dibawah ini, silakan anda simak baik-baik.

1. Bawang

Memang kita sering mengenal bahwa bawang merupakan salah satu bahan bumbu dapur, jika tidak ada bawang pastinya masakan yang di olah terasa kurang nikmat, namun tahukah anda bahwa ternyata bawang tergolong dalam salah satu kategori umbi, hal ini dikarenakan bawang yang terdapat di bawah tanah. Padahal banyak orang menyangka bahwa bawang bukan termasuk umbi, namun hal tersebut salah besar, untuk jenis bawang bisa dikatakan sangat banyak sekali, mulai dari bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay.

2. Wortel

Tidak hanya bawang saja yang termasuk golongan umbi, akan tetapi wortel juga merupakan salah satu umbi panjang yang berwarna Orange dan sering tumbuh pada bawah tanah, sedangkan untuk manfaat umbi wortel ini ialah sering dijadikan  sebagai bahan masak sup, rasanya sangat nikmat sekali bahkan lebih banyak mengandung serat, jadi sangat cocok bila anda jadikan sebagai tanaman umbi jus yang sangat menyehatkan.

Baca juga:  Tanaman Hias Gantung Untuk Membuat Rumah Lebih Cantik

3. Bengkuang

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bengkuang, semua orang pasti mengenal yang namanya tanaman umbi satu ini dengan memiliki warna lapisan luar putih kekuningan sedangkan bagian dalam berwarna putih cerah, biasanya bengkuang sering tumbuh subur di tanah Indonesia, untuk manfaat lain yang ada pada bengkuang yakni bisa dijadikan sebagai salah satu cara pemulih kulit alami.

4. Kentang

Untuk poin keempat ini adalah kentang, memang pada dasarnya kentang mempunyai bentuk agak kebulatan namun tidak teratur, untuk warna lapisan luar kentang yakni agak kekuningan dan bagian dalamnya juga berwarna kuning, perlu diketahui juga bahwa kentang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan pastinya mengandung banyak sekali manfaat termasuk tinggi dengan karbohidrat. Untuk kehidupan sehari-hari kentang sering digunakan dalam pembuatan makanan yaitu bisa dijadikan sebagai pelengkap bahan sup, donat kentang, kripik kentang, dan lain sebagainya, pastinya akan sangat nikmat sekali bila tanaman umbi yag satu ini dimanfaatkan dalam pembuatan bahan makanan.

Baca juga:  Tips Sukses Budidaya Pohon Matoa Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

5. Ubi Jalar

Biasanya umbi yang satu ini tergolong dalam salah satu ketela rambat, memang kita sering mengenal yang namanya ubi jalar, pada dasarnya ada banyak sekali kategori yang termasuk golongan ubi jalar, salah satunya adalah ubi ungu, cilembu, orange, dan ubi putih, biasanya seluruh jenis umbi sudah mempunyai rasa yang sangat nikmat sekali seperti rasa manis. Jadi sudah tidak dipungkiri lagi apabila ubi sudah menjadi komoditas kebutuhan banyak masyarakat Indonesia, seperti dalam pembuatan bahan kue dan es krim, bahkan yang lebih nikmatnya lagi bahwa ubi bisa langsung di santap setelah dilakukan pengukusan dibawah api.

Demikian penjelasan artikel mengenai tanaman umbi, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan bagi pembaca internet. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.