Tips Cara Menanam Cabe Rawit Yang Baik Supaya Hasilnya Bagus Dan Melimpah

0
70

Cara Menanam Cabe Rawit – Bila dibandingkan jenis cabai lain seperti : cabai besar, cabe merah, cabe merah besar, cabai hijau, cabai merah keriting, cabai rawit lebih digemari orang. Mungkin ini disebabkan bentuknya yang lebih kecil dan rasanya lebih pedas dari yang lain, meskipun ada cabai yang lebih menggila lagi pedasnya yakni cabai gunung yang terkenal mungil. Walaupun sama-sama pedas, akan tetapi cabai rawit yang paling disukai oleh para petani untuk dibudiyakan.
tips budidaya menanam cabe rawit yang baik
Tidak seperti cabai gunung di mana tempat tumbuhnya memerlukan tempat tinggi pegunungan, cabai rawit hanya membutuhkan ketinggian antara 300-2000 meter di atas permukaan laut. Cukup mendapatkan sinar matahari, serta temperatur suhu ideal 24 hingga 27 derajad celcius adalah syarat tumbuh berikutnya. Merupakan jenis tanaman hortikultura yang banyak dikonsumsi orang sebagai penambah nafsu makan, dan berikut tips cara membudidayakannya.

Tips Cara Menanam Cabe Rawit yang Baik Supaya Hasilnya Bagus Dan Melimpah

1. Persiapan Lahan

Sebenarnya lahan untuk menanam cabai rawit tidak begitu susah. Bisa apa saja termasuk ladang bekas tanam padi atau tegalan, di parit-parit di sela-sela tanaman hortikultura lain. Dengan catatan kelembapannya tidak terlalu tinggi, gembur tanahnya serta tercukupi unsur haranya. PH netral harus 5 hingga 7.

Baca juga:  Cara Menanam Buah Naga Yang Baik Dan Benar

2. Penyiraman

Tanaman cabai sangat membutuhkan air untuk tumbuh, meskipun itu ada aturan tersendiri tidak boleh terlihat becek, sebab bila tanah terlalu basah akibatnya pohon bisa membusuk dan mati. Penyiraman saat musim kemarau dan penghujan pastinya berbeda. Di saat musim panas intens dikerjakan pada waktu pagi dan sore hari, sedang untuk musim dingin sesuai kebutuhan saja.

3. Penyiangan

Penyiangan dilakukan secara berkala rutin serta teratur, dari gulma yang bagi petani terkenal sebagai pengganggu untuk semua jenis tanaman apapun. Bersihkan dengan sabit atau cangkul semak-semak, tidak perlu menyemprot dengan memakai obat pembasmi rumput, sebab itu berbahaya dapat mengenai pohon cabai itu sendiri menguning kering dan mati. Jika tanah bersih dari semua itu, tentu hama juga dapat dikendalikan dengan baik, cabai dapat tumbuh maksimal.

Baca juga:  Cara Budidaya Padi Organik Di Lahan Dan Dengan Media Tanam Polybag

4. Pemupukan

Pemupukan merupakan rangkaian perawatan yang tidak boleh dilupakan, supaya tanaman terus mendapatkan nutrisi yang cukup. Penggunaanya tentu terserah Anda dengan cara apa menanam, apakah secara kimia atau organik. Selain itu pupuk juga berguna sebagai kesuburan. Sebenarnya pupuk organik lebih baik, namun sayangnya harganya sangat mahal pasaran. Akan tetapi semua bisa disiasati yakni menggunakan kotoran ternak yang dibuat pupuk kandang, dan pastinya ini lebih murah. Pupuk tersebut dapat ditaburkan secara langsung. Untuk pupuk kimia yang digunakan biasanya NPK, KNO, TSP dan MKP, dengan dosis tertentu sesuai umur tanaman cabe tersebut.

5. Berikan Penopang

Sebab pohon cabai itu lemah dan mudah patah, maka jangan heran bila musim angin kencang banyak yang tumbang. Untuk melindunginya dapat Anda buatkan tiang-tiang kecil dari pohon bambu yang telah dipotong sesuai perkiraan tinggi cabai dan dibelah kecil-kecil. Ikatkan di sana dan jangan sampai terlalu kencang supaya tanaman bisa tetap bebas tumbuh.

Baca juga:  Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Selama Pertumbuhan

6. Pembasmian Hama

Membasi hama dapat dikerjakan bila tanaman padi terdeteksi ada gangguan hama atau penyakit lainnya misalnya : tungau, ulat, kutu daun dan lalat buah. Pada setiap jenis hama atau penyakit sesuaikan isectisidanya. Jadi selama melakukan kegiatan tersebut pastikan Anda mengenali dengan baik semua hama penyerangnya, supaya lebih efektif saat dilakukan pembasmian.

Demikian artikel ulasan Serambi Tani tentang cara menanam cabe rawit yang baik agar hasilnya bagus dan melimpah. Semoga artikel pertanian ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.