Tips Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar

    0
    69

    Bagaimana cara menanam bunga mawar agar tumbuh dengan baik? Baca artikel tips, cara menanam dan merawat bunga mawar dan memangkas mawar dibawah ini. Disini juga tersaji rekomendasi jenis mawar terbaik untuk tumbuh, khususnya mawar yang mudah untuk dibudidayakan untuk pemula.pink rose, mawar merah muda

    Mawar dalam berbagai bentuk dan jenis, dari memanjat mawar ke miniatur tanaman mawar, mekar terutama di awal musim panas dan musim gugur. Salah satu cara untuk mengelompokkan mawar ke dalam jenisnya adalah sesuai dengan masa mereka:

    MENANAM BUNGA MAWAR

    Mempersiapkan Tanah

    Mawar lebih memilih rentang pH netral sekitar 5,5-7,0. PH 6.5 tepat untuk kebanyakan kebun rumah (sedikit asam hingga netral). Uji tanah yang akurat akan memberi tahu Anda di mana pH Anda saat ini. Tanah asam (asam) dinetralkan dengan mengaplikasikan batu kapur halus, dan tanah alkalin (manis) diperlakukan dengan belerang tanah. Sebelum menanam, pastikan Anda memilih varietas yang terbukti dalam iklim Anda.

    Tips Menanam Mawar

    Tanam bunga mawar di mana mereka akan mendapatkan sinar matahari penuh minimal 5 hingga 6 jam per hari. Mawar yang tumbuh di tempat dengan sinar matahari yang lemah mungkin tidak akan mati sekaligus, tapi mawar akan melemah secara bertahap. Beri mereka banyak bahan organik saat menanam. Kenakan sarung tangan yang kuat untuk melindungi tangan Anda dari batang mawar yang berduri. Sebaiknya persiapkan selang atau ember berisi air dan semua alat tanam Anda di dekat anda. Jaga agar akar-bawah mawar Anda naik ke dalam air sampai Anda siap untuk menanamnya di tanah. Mawar dapat dipangkas dan dipindahkan di musim semi atau musim gugur, tetapi tidak di tengah musim panas, karena bisa jadi mawar akan layu dan mati dalam panas. Batang mawar besar dapat dipotong sebanyak dua pertiga, dan yang lebih kecil hingga 6 hingga 12 inci dari tanah. Ketika Anda memindahkan bunga mawar Anda, pastikan untuk menggali lubang yang jauh lebih besar dari yang Anda kira Anda butuhkan (untuk kebanyakan jenis, lubang tanam harus sekitar 15 hingga 18 inci lebar) dan tambahkan banyak bahan organik seperti kompos atau pupuk kandang. Beberapa orang tua merekomendasikan menempatkan dinding gipsum 4-inci persegi dan paku 16-penny di lubang untuk menyediakan kalsium dan zat besi, keduanya dibutuhkan oleh mawar.

    Baca juga:  Agribisnis Itu Apa Sih, Benarkah Ada Petani Berdasi?

    Masa Penyiraman Bunga Mawar

    Rajinlah rajinlah menyiram tanaman mawar anda. Rendam seluruh zona akar setidaknya dua kali seminggu pada musim panas yang kering. Hindari penyiraman dangkal yang sering, yang tidak akan mencapai akar yang lebih dalam dan dapat mendorong jamur. Mawar yang terbaik dengan 90 inci hujan per tahun, jadi kecuali Anda tinggal di hutan hujan, air teratur. Roses alias mawar suka air, tapi jangan menenggelamkan mereka. Mawar akan mati jika tanah dimana mawar tumbuh terlalu basah dalam cuaca dingin. Tanah yang ideal kaya dan gembur, dengan drainase yang baik. Salah satu kesalahan terburuk yang sering dilakukan sebagian orang adalah tidak memberikan drainase yang memadai. Gunakan mulsa, untuk membantu menghemat air, mengurangi stres, dan mendorong pertumbuhan yang sehat, aplikasikan potongan daun cincang dan suwir 2 – 4 inci, potongan rumput, atau kulit kayu di sekitar pangkal mawar Anda. Berikan sekitar satu inci ruang antara mulsa dan pangkal batang tanaman.mawar kuning

    Pemupukan Mawar

    Pupuk mawar secara teratur sebelum dan selama siklus mekar (hindari pupuk dan pestisida kimia jika Anda berniat memanen mawar untuk keperluan dapur). Sebulan sekali antara bulan April dan Juli, berikan pupuk granular seimbang (5-10-5 atau 5-10-10). Biarkan ¾ hingga 1 cangkir untuk setiap semak, dan taburkan di sekitar garis tetesan, bukan pada batangnya. Pada bulan Mei dan Juni, goreskan satu sendok makan garam Epsom tambahan bersama pupuk Anda; magnesium sulfat akan mendorong pertumbuhan baru dari bagian bawah tumbuhan.

    Memangkas Mawar

    Pangkas mawar setiap musim semi dan hancurkan semua bahan tanaman yang sudah tua atau layu. Kenakan sarung tangan sepanjang siku yang cukup tebal untuk melindungi tangan Anda dari duri, tetapi cukup lentur untuk memungkinkan Anda memegang alat. Selalu kenakan kacamata keselamatan untuk menghindari mata terkena cabang-cabang atau ranting yang dapat mencambuk kembali ketika dilepaskan. Mulai dengan gunting pemangkasan untuk pertumbuhan yang lebih kecil. Gunakan loppers, yang terlihat seperti gunting raksasa, pegangan panjang, untuk pertumbuhan yang tebalnya lebih dari setengah inci. Gergaji pemangkasan kecil sangat berguna, karena memotong baik dorongan maupun tarikan. Setiap daun memiliki tunas pertumbuhan, sehingga menghilangkan bunga bunganya yang lama mendorong tanaman untuk membuat lebih banyak bunga daripada menggunakan energi untuk membuat biji. Bersihkan dan jauhkan bekas pemangkasan dari sekitar pangkal mawar karena bisa menjadi tempat penyakit dan serangga .

    Baca juga:  Cara Budidaya Menanam Bayam

    Persiapan Mawar untuk cuaca dingin

    Jangan memangkas mawar di musim gugur. Potong saja batang/ranting yang mati atau kering. Hentikan pemupukan 6 minggu sebelum embun beku pertama tetapi lanjutkan penyiraman selama musim gugur kering untuk membantu menjaga tanaman yang diperkaya selama musim dingin yang kering. Gundukan, mulsa, atau tambahkan kompos setelah beberapa kali beku, tetapi sebelum tanah membeku. Di mana suhu tetap di bawah titik beku selama cuaca dingin, lampirkan tanaman dengan silinder mesh yang kokoh, isi dengan pupuk kandang atau kompos, mulsa, serpihan kayu kering, daun pinus, atau daun cincang. Jangan menggunakan daun maple yang berat dan basah untuk mulsa, karena mereka dapat meningkatkan pertumbuhan jamur. Mulsa bukan dengan daun seperti, pinus, kompos, atau jerami. Bersihkan tempat mawar untuk mencegah overwintering penyakit. Satu semprotan terakhir untuk jamur dengan semprotan tidak aktif adalah ide yang bagus.

    Hama / Penyakit

    Praktek berkebun yang baik, seperti membuang daun dan batang yang mati, akan membantu mengurangi hama. Cari tahu hama mana yang paling lazim di daerah Anda.

    • Kutu Jepang/Japanese beetles
    • Kutu daun : Untuk mencegah kutu daun menjauh dari mawar, tanam bawang putih dan mint di sekitar bunga mawar.
    • Bintik Hitam: Daun tanaman mawar dengan bintik-bintik hitam yang pada akhirnya berubah menjadi kuning memiliki bintik hitam, sering kali disebabkan oleh percikan air pada dedaunan, terutama pada cuaca hujan. Daun mungkin memerlukan lapisan fungisida pelindung, yang akan mulai di musim panas sebelum bintik-bintik daun mulai sampai embun beku pertama. Bersihkan puing-puing di musim gugur, dan singkirkan semua batang yang mengering.
    • Bubuk tepung: Jika daun, tunas, dan batang ditutupi dengan lapisan bubuk putih, ini adalah penyakit jamur; jamur berkembang dengan cepat selama cuaca yang hangat dan lembab. Selama pertumbuhan baru, cegah jamur dengan menyemprotkan atau membersihkan batang dan permukaan daun dengan fungisida. Cegah jamur dengan memangkas semua batang yang mati atau berpenyakit di musim semi. Hancurkan semua bagian yang sakit selama musim tanam.
    • Botrytis Blight: Jika kuncup bunga mawar terkulai, tetap tertutup, atau berubah menjadi coklat, ia memiliki jamur abu-abu ini. Pangkas semua bunga yang terinfeksi dan pindahkan semua bahan yang mati. Aplikasi fungisida mungkin diperlukan.
    • Binatang: Cobalah tanam bunga lavender didekat mawar Anda. Anda tidak hanya memiliki bakat pot bunga yang bagus, tetapi aroma lavender akan mencegah browser. Anda juga dapat menyebarkan rambut manusia atau anjing di sekitar area kebun untuk melindungi mawar Anda.
    • Spider Mites
    Baca juga:  Jenis Tanaman Hidroponik yang Memiliki Nilai Jual tinggi

    Secara umum, hindari masalah semakin banyak dengan membeli varietas tahan penyakit dan membersihkan puing-puing, gulma, daun dan setiap bagian tanaman yang jatuh sesegera mungkin.

    Rekomendasi Varietas Jenis Mawar Terbaik

    Secara tradisional, mawar agak sulit untuk tumbuh. Namun, mawar telah berubah. Ada jenis mawar modern yang mudah tumbuh seperti berikut:

    • Rugosas, adalah mawar dengan bunga-bunganya yang mencolok, berwarna merah jambu cerah, lima kelopak, baik untuk pagar tanaman dan dimanapun penghalang dibutuhkan di tempat yang terbuka atau sulit. Mereka tahan terhadap penyakit dan dingin.
    • Mawar merah muda (Pink Roses) seperti ‘Carefree Wonder‘ adalah mawar semak yang bulat. Mereka adalah mawar dengan karakter yang tenang. Mereka hanya membutuhkan sedikit perubahan di awal musim semi.
    • Mawar kuning seperti ‘Harrison’s Yellow’, juga disebut ‘Pioneer Rose‘, mekar lebih awal, cerah, dan manis, dan akan bertahan di Zona musim dingin.
    • Mawar karpet sangat bagus untuk penutup tanah. Setelah didirikan, mereka dapat menyediakan hingga 2.000 bunga dari musim semi hingga musim gugur. Mereka sangat rendah pemeliharaannya, tahan kekeringan, dan memiliki ketahanan terhadap penyakit yang luar biasa.

    bunga mawar karpet atau rose carpets

    Kegunaan dan Manfaat Mawar

    Kelopak mawar dapat diseduh untuk campuran teh dan kadang-kadang digunakan dalam gargles dan tonik untuk mengobati sakit tenggorokan, dan gangguan perut. Air mawar menyegarkan. Cobalah facial bunga mawar! Lembut, uap aromatik membersihkan pori-pori Anda. Untuk kulit berminyak, tambahkan beberapa kelopak mawar ke dalam air mendidih dalam mangkuk tahan panas. Buatlah tenda handuk mandi dan sandarkan wajah Anda sekitar 10 inci di atas air. Seharusnya terasa hangat, tidak panas. Setelah 10 menit, bilas wajah Anda dengan air dingin, lalu keringkan. Mawar memiliki sejarah panjang dan simbolis. Mawar juga merupakan salah satu jenis tanaman hias bunga yang indah.

    Demikianlah ulasan singkat tips atau cara merawat bunga mawar yang saat ini dapat kami sampaikan yang semoga bermanfaat.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.