Tips Merawat Bunga Kalanchoe

3.345

Tips Merawat Bunga Kalanchoe – Bagi pecinta tanaman yang memiliki kebiasaan merawat bunga, tanaman bunga kalanchoe atau yang umum disebut bunga cocor bebek pun akan terlihat indah jika dirawat secara teratur. Seperti halnya bunga bunga lainnya, cocor bebek juga bisa jadi tanaman hias yang mempesona mata. Mungkin ada diantara kalian pecinta bunga yang mungkin pernah membeli bunga Kalanchoe/Kalandiva/Cocor Bebek. Pada saat membeli, bunga tampak rimbun dan cantik, tapi setelah masa berbunga habis kenapa kalanchoe tidak berbunga lagi…?

bunga cocor bebek
Indah dipandang mata bukan bunga cocor bebek warna merah ini jika berbunga dan terawat

Nah, bagi seorang pecinta tanaman bunga hias, memahami cara perawatan tanaman sangatlah diperlukan apa lagi jika seorang pelaku bisnis budidaya tanaman hias, yang mengharuskan tanaman bunga yang akan dijual terlihat bagus dan subur tentu hal ini wajib dilakukan.

Berikut ini tips agar tanaman cocor bebek rajin berbunga:

1. Letakkan tanaman cocor bebek di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

2. Agar daun terawat dan tidak terlalu rimbun, maka buanglah daun tua dan sebagian daun lainnya.

3. Potonglah batang yang sudah tua dan buanglah tandan bekas bunga yang sudah habis agar bisa tumbuh tunas baru.

4. Ganti media jika tanaman sudah terlihat lambat perkembangannya. gunakan cocopeat + sekam bakar dengan perbandingan 50:50. silahkan menggunakan media tanam lainnya asalkan drainase-nya bagus dan media porous.

5. Pada pagi hari, jemurlah tanaman cocor bebek selama beberapa jam saja, kemudian simpan di tempat gelap selama kurang lebih 12-14 jam, lakukan hal ini setiap hari hingga bunganya tumbuh.

6. Pada saat masa pertumbuhan bunga Kalanchoe kira-kira hingga dua bulan, berilah pupuk lengkap seperti gandasil, hyponex atau complesal dengan kadar nitrogen yang tinggi. Ketika tanaman mulai menampakkan akan tumbuh kuntum bunga, maka gunakan pupuk dengan kadar fosfat tinggi seperti growmore 10:55:10 selang 5-10 hari sesuai keperluan untuk merangsang lebih banyak munculnya kuntum bunga. Lakukan pemupukan rutin di pagi hari sebelum matahari tinggi agar pupuk tidak sia-sia karena menguap.

Catatan: Jangan menyiram tanaman terlalu sering, jika media tanamnya terlalu basah maka akan membuat akar Cocor Bebek menjadi cepat busuk.

Demikianlah tips merawat bunga Kalanchoe. Mudah bukan cara perawatan bunga yang satu ini? Jangan lupa share ke yang lain ya, siapa tahu ada orang lain yang membutuhkan tips ini.
Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.