Tips Sukses Budidaya Tomat Tanpa Retak dan Busuk

0
62

Tips Sukses Budidaya Tomat Tanpa Retak dan Busuk – Sebagaimana yang kita tahu, tomat merupakan salah satu sayuran mudah sekali,  mengalami kerusakan. Mulai dari kulitnya yang retak, serta rentan mengalami pembusukan. Sudah banyak fakta yang membuktikan banyaknya kegagalan pembudidayaan tomat. Biasanya kegagalan terjadi di bagian ujung buah, dimana hal ini disebabkan oleh fisiologis tomat itu sendiri dan terjadi saat buah masih berukuran kecil seperti bola pimpong.

budidaya tomat
tips sukse budidaya tomat

Tips Budidaya Tomat Tanpa Retak dan Busuk

Apa saja sih penyebab tomat menjadi busuk dan kulit tomat menjadi retak, dan bagaimana tips untuk menghindarinya? Nah, berikut kami bagikan penjelasannya.

Cara menghindari tomat retak

Seperti yang disinggung sebelumnya, tomat memang sering mengalami kerusakan, terutama pada ujungnya. Dan bahkan, hal ini juga sering terjadi sebelum panen dilakukan, dan akhirnya hanya bisa kita konsumsi sendiri. Jika kita membudidayakan tomat hanya untuk mengisi taman pekarangan rumah, tak masalah hal tersebut terjadi, tinggal kita petik dan dikonsumsi sendiri. Namun bila dibudidayakan dalam skala usaha, tentunya akan sangat merugikan.  

Biasanya, yang menyebabkan banyaknya tomat mengalami kulit retak adalah ketidaktahuan para petani dalam memahami kateristik sayuran ini.  Dilansir dari salah satu ahli hidroponik ternama, mengatakan bahwa tomat membutuhkan air yang tidak kurang dan juga tidak boleh berlebihan. Jadi harus pas. Seringkali, pemicu kondisi kulit tomat retak ini dikarenakan, tumbuhan tomat yang sebelumnya kekurangan air, lalu kemudian diberikan air secara berlebihan.

Jadi sudah seharusnya anda menghindari perilaku tersebut, jika tak ingin hasil budidaya tomat anda hancur. Perlu diketahui, kelembapan sangat dibutuhkan untuk menjaga atau menghindari tomat dari keretakan. Misalnya dengan cara menyiram lantai jika pembudidayaan dilakukan di greenhouse. Dengan cara ini, keretakan pada tomat akan mudah dihindari.

Cara menghindari kegagalan tomat yang busuk

Bagi petani tomat pemula, penting untuk mengetahui seluk beluk tomat, sebelum membudidayakannya. Dan dikutip dari pendapat ahli hidroponik, pembusukan yang terjadi pada tomat disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium. Asupan kalsium ini disebabkan oleh solanum lycopersicum dari intensitas matahari yang tidak maksimal dalam melakukan tugasnya menyerap kalsium.  

Maka dari itu, dibutuhkan lebih banyak pengangkutan kalsium ke jaringan tanaman yang membutuhkan asupan air. Untuk menghindari tanaman hidroponik tomat yang busuk, anda harus mencukupi kebutuhan air agar tanaman tidak kekurangan kandungan kalsium dengan takaran ideal sekitar 2-4%. Pengapuran dan pemupukan juga menjadi salah satu dari busuknya tomat yaitu ph tanah yang rendah, hindari juga pemupukan nitrogen dan kalium yang berlebih, karena hal ini dapat menyerap unsur Ca.  Dan ingat ya untuk selalu membuang tomat yang busuk agar tomat lainnya tetap terjaga kesegarannya.

Walaupun sepertinya sulit, namun jika di tekuni dengan serius, dan selalu semangat, maka lama kelamaan anda pasti akan memahaminya. Membudidayakan tomat memang tak mudah, namun sebanding dengan hasil yang di dapat, jika sukses dengan panen melimpah.

Nah, itulah sedikit info terkait tips cara membuat tomat tanpa retak dan tanpa busuk. Alangkah baiknya, sebelum mencoba membudidayakan tomat ini, anda banyak-banyak belajar, baik dari buku atau dari bertanya langsung pada petani tomat yang sudah berpengalaman. Semakin banyak hal yang anda ketahui, maka makin besar pula peluang kesuksesan budidaya tomat yang anda lakukan. Dan bukan hanya berlaku pada budidaya tomat saja, toh dalam budidaya tanaman apapun, memahami seluk beluk dan kateristik tanaman, sangat penting di lakukan.

Baca juga:  11 Jenis Tanaman Hidroponik Berupa Sayur dan Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.