Tips Sukses Membesarkan Lele

0
37

Serambi Tani, Tips Sukses Membesarkan Lele – Bagi Anda yang memiliki kolam bisa saja memelihara lele baik sebagai konsumsi atau pun diperjual belikan. Dengan demikian akan membantu untuk memenuhi kebutuhan harian baik untuk konsumsi sendiri atau pun untuk orang lain. Sehingga ada baiknya jika Anda masih awal beternak lele perhatikan beberapa tips sukses berikut ini. Maka dijamin lele yang dipelihara memnjadi semakin mudah untuk besar dan memanennya.cara membesarkan ikan lele

Pembesaran Lele

Tips sukses membesarkan lele yaitu:

  • Jika Anda mulai untuk membuat kolam ada baiknya apabila memastikan bahwa kolam tersebut apakah ada hama yang menganggu atau tidak. Dengan cara demikian akan memastikan bahwa pertumbuhan lele menjadi semakin baik dilakukan. Jika ada hama yang menganggu maka pertumbuhan lele menjadi semakin sulit dilakukan.
  • Pastikan bahwa benih yang dipilih dengan jenis yang sehat dan tidak cacat. Jika Anda menemukan mengenai hal ini maka usahakan untuk menghindarinya. Sehingga apabila hal ini terjadi akan menyebabkan kemungkinan pengurangan dari modal yang dimiliki. Dalam pemilihan benih usahakan yang sama sehingga saat dibudidayakan akan menjadi semakin mudah berkembang dalam waktu yang sama.
  • Usahakan dalam mengganti air dilakukan setelah lele mengkonsumsi makanan. Hal ini dilakukan untuk menghindari lele menjadi lebih mudah merasa stress. Sedikit informasi untuk Anda bahwa apabila Anda memelihara lele di kolam terpal memang harus senantiasa diganti. Jangan sampai menimbulkan bau yang tidak sedap karena akan mempengaruhi kondisi lele. Sehingga sebelum bau tidak sedap dirasakan lele harus senantiasa diganti airnya.
  • Pemberian pakan dilakukan dengan rutin dan usahakan tidak pernah lupa. Makanan yang banyak diberikan akan mendorong ikan lele ini akan mudah untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup. Sehingga akan membantu untuk menjadikan ikan ini akan lebih mudah untuk tumbuh besar.
    Setelah informasi mengenai tips sukses membesarkan lele ini diketahui maka usahakan untuk senantiasa menjalani cara ini. Akan tetapi tahukah Anda pada poin di atas sering kali saat Kita lupa mengganti airnya. Maka akan menyebabkan terjadinya masalah seperti air menjadi bau tidak sedap. Untuk itu jika Anda ingin mengatasi bau yang kurang enak pada kolam lele Anda bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini yaitu
  • Anda bisa mulai dengan mengambil ikan lele yang ada di dalam kolam. Ganti air menggunakan air hangat agar hilang bau tidak sedap. Selain itu pakan yang diberikan juga bisa berkembang dan dikonsumsi ikan lele segera. Jika air tersebut sudah dingin maka masukkan ikan lele ke dalamnya agar tidak menyebabkan menjadi mati.
  • Usahakan apabila Anda menemukan bahwa kolam tersebut mengalami bau tidak sedap. Maka usahakan untuk segera mengosongkan air di dalam kolam tersebut. Dengan demikian Anda bisa segera untuk menggosok lumut di dalam kolam. Umumnya apabila Anda menemukan bau tidak sedap maka disebabkan dari lumut yang menempel pada dinding kolam.
  • Ikan yang ditemukan mati dan mengendap pada bagian dasar kolam akan menyebabkan kemungkinan terjadinya masalah seperti menimbulkan bau tidak sedap. Sehingga usahakan apabila Anda merasa bahwa kolam lele tersebut menimbulkan bau tidak sedap bisa dengan mengasatkan kolam tersebut.
Baca juga:  4 Jenis Pakan Ikan Nila yang Sangat Direkomandasikan

Dengan penjelasan yang diberikan akan membantu untuk mendapatkan hasil terbaik berupa kemudahan dalam mendapatkan kesuksesan dalam membesarkan lele. Sehingga Anda akan mulai untuk memaksimalkan kemudahan yang diberikan. Perlu Anda ketahui bahwa hal ini menjadi semakin penting dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.