Tips Sukses Menjalankan Bisnis Tanaman Hias Bagi Pemula

268

Bisnis Tanaman Hias – Pada era ini, pekerjaan apa saja bisa dilakukan asalkan sang pelaku bisnis memiliki usaha, niat dan penyusunan strategi yang matang. Contohnya bisnis tanaman hias menjadi salah satu bisnis yang dapat dijalankan. Bisnis tanaman hias bisa sangat menjanjikan apabila dijalankan dengan baik dan banyak peluang usaha di bisnis tanaman hias yang dapat dimanfaatkan. Berikut ini tips menjalankan bisnis tanaman hias bagi pemula yang bisa anda baca untuk memulainya.

Jika selama ini asumsi/pendapat masyarakat mengenai tanaman hias, adalah tentang bunga dan suatu hal yang bersifat feminim, maka hal itu salah besar. Usaha tanaman hias termasuk dalam bidang agribisnis pertanian yang dapat dilakukan oleh siapa saja baik wanita maupun pria, muda maupun tua jika mereka memang menggemari bidang ini. Jadi, jika anda punya rencana bisnis tanaman hias sebaiknya ketahui apa saja syarat sukses menjalankan bisnis tanaman hias? Mari simak penjelasannya cara memulai bisnis tanaman hias yang dapat anda terapkan dibawah ini.

Bisnis Tanaman Hias
Bunga hias

Tips Sukses Bisnis Tanaman Hias

Dalam berbisnis dibutuhkan beberapa hal supaya usaha yang dijalankan dapat berkembang dan maju. Berikut ini tips sukses langkah awal bisnis tanaman hias bagi pemula yang dapat anda terapkan.

Memiliki Pengetahuan Mendalam Tentang Tanaman Hias

Kiat sukses bisnis tanaman hias yang pertama ini menjadi sesuatu yang mutlak perlu dimiliki oleh mereka yang ingin berbisnis tanaman hias. Anda tidak hanya perlu tahu nama, namun juga kemampuan tumbuh, kebutuhan, kendala perawatan, keunggulan satu tanaman dibanding yang lain, dan masih banyak lagi. Anda dapat mempelajarinya melalui buku-buku bacaan dan baca melalui internet. Tentu anda akan dengan mudah menemukan tanaman yang ingin anda pilih.

Menentukan jenis yang mampu tumbuh baik di Indonesia

Tidak selamanya seluruh jenis tanaman yang anda inginkan dapat tumbuh baik di iklim Indonesia. Untuk itu, anda perlu menentukan dengan betul jenis apa saja yang akan anda pasarkan. Bisnis tanaman hias di indonesia harus tahu apa saja jenis tanaman hias yang mampu tumbuh di Indonesia dengan baik akan banyak dicari orang untuk berbagai acara maupun sebagai pelengkap keindahan rumahnya, dan tentu tanaman anda akan dibeli dengan harga yang mahal atau bahkan fantastis. Jadi pastikan tanaman anda selalu sehat dan segar.

Memiliki lokasi yang strategis dan pemasaran yang baik

Kesalahan yang biasanya dilakukan oleh para penjual tanaman hias adalah dengan menggunakan tempat seadanya. Seseorang akan lebih senang datang ke toko yang tidak terlalu ramai dan mudah dijangkau. Kemudian mengenai strategi pemasaran yang baik sebenarnya akan kembali pada cara anda.

Bisa jadi untuk meningkatkan perluasan nama dagang anda, anda dapat melakukan penjualan pada mahasiswa atau muda-mudi yang hendak wisuda, memberikan kado ulang tahun, sebagai tanda cinta terhadap seseorang, semua peluang itu terbuka lebar. Selalu lah untuk menggunakan sosial media yang ada. Meskipun hanya seminggu dalam sekali, itu pun harus anda lakukan, seperti mengupload foto para pembeli, mengupload foto rangkaian tanaman anda, dan mengupload suasana menyenangkan berada di lokasi, dan masih banyak lagi. Pergunakan pula website untuk memperkenalkan toko anda kepada khalayak umum.

Mengikuti event-event lokal dan ikut berkontribusi didalamnya

Jika anda pernah tahu, beberapa kota memiliki event khusus yang dibentuk untuk mengapresiasi karya-karya para pekerja dari bidang pertanaman, Contohnya seperti festival bunga. Festival ini akan membantu anda untuk memperkenalkan jenis tanaman anda dan mengunjuk gigi kan toko milik anda. Selain itu, terdapat beberapa festival lain seperti festival bonsai. Ikutlah berkontribusi didalamnya dengan mendaftarkan diri anda. Event-event lokal daerah anda juga berpotensi untuk memperkenalkan toko anda, event lokal bisa jadi diagendakan secara rutin oleh karang taruna setempat atau rukun tetangga daerah anda. Awalnya anda hanya membawa beberapa macam, namun setelah para pengunjung tahu, anda dapat mulai mempromosikan toko anda.

Nah, itulah beberapa informasi tentang tips sukses menjalankan bisnis tanaman hias. Sudah banyak pelaku bisnis yang sukses menggeluti usaha di bidang ini. Untuk itu, tak perlu ragu untuk mencobanya. Jika anda tekun dan serius, sangat mungkin anda juga bisa meraih kesuksesan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.